Sering Sakit-Sakitan? Intip 10 Cara Hidup Sehat Ala Rasulullah

6. Tidur lebih cepat dan bangun lebih awal

Rasulullah tidak menyarankan umatnya untuk begadang. Beliau bahkan tidak suka tidur sebelum Isya dan berbincang-bincang setelahnya.

Jika sudah waktunya tidur, maka Rasulullah akan segera tidur. Hal ini supaya beliau bisa bangun lebih awal. Waktu tidur yang baik adalah setelah Isya, dan sebaiknya bangun pada 1/3 malam, sekitar jam 3 malam untuk mendirikan shalat malam.

5. Sering berolahraga

Ternyata ajaran Islam pun sangat menyarankan umatnya untuk berolahraga. Bukti ilmiah membuktikan bahwa aktivitas fisik dapat membuat Anda memiliki tubuh yang lebih sehat dan bahagia.

Sebenarnya olahraga apapun bagus untuk kesehatan kita. Namun olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah ada tiga yaitu berkuda, memanah, dan berenang. Hal ini dikuatkan dengan hadist sebagai berikut.

Dikeluarkan oleh Imam An Nasa’i dalam Sunan-nya, Muhammad bin Wahb Al Harrani mengabarkan kepadaku, dari Muhammad bin Salamah, dari Abu Abdirrahim, ia berkata: Abdurrahim Az Zuhri menuturkan kepadaku, dari ‘Atha bin Abi Rabbah, ia berkata: aku melihat Jabir bin Abdillah Al Anshari dan Jabir bin Umairah Al Anshari sedang latihan melempar. Salah seorang dari mereka berkata kepada yang lainnya: aku mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Setiap hal yang tidak ada dzikir kepada Allah adalah lahwun (kesia-siaan) dan permainan belaka, kecuali empat: candaan suami kepada istrinya, seorang lelaki yang melatih kudanya, latihan memanah, dan mengajarkan renang”.

4. Tidak pemarah dan pendendam

Cara hidup sehat ala Rasulullah selanjutnya adalah menjadi orang yang tidak pemarah dan tidak pendendam. Kedua sifat ini biasanya saling berkaitan satu sama lain, jika Anda marah mungkin ada secuil rasa dendam, dan jika Anda dendam mungkin ada sedikit rasa marah.

Rasulullah tak pernah mencontohkan kita untuk jadi orang yang gampang marah apalagi suka mendendam. Beliau mengajarkan kita untuk menahan amarah sebisa mungkin.

Dalam ilmu kedokteran, marah tidak baik bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa efek negatif yang ditimbulkan amarah.

  • Stress
  • Sakit kepala
  • Tekanan darah tinggi
  • Gangguan jantung

3. Tidak iri dan dengki

Dalam Islam, Iri dan dengki termasuk penyakit hati. Dan penyakit ini tergolong lebih berbahaya daripada penyakit fisik. Kenapa? Karena hati menjadi penentu sifat baik dan buruknya seseorang.

Rasulullah bersabda, “Bahwa dalam diri setiap manusia terdapat segumpal daging, apabila ia baik maka baik pula seluruh amalnya, dan apabila ia itu rusak maka rusak pula seluruh perbuatannya. Gumpalan daging itu adalah hati.” (HR Imam Al-Bukhari)

Yang termasuk penyakit hati adalah sebagai berikut:

  • Sombong
  • Dusta (Kebohongan)
  • Ujub (Kagum akan diri sendiri)
  • Iri dan Dengki
  • Riya’
  • Bakhil atau Kikir

Selain itu, penyakit hati juga dirasa tak ada obatnya selain rasa bersyukur. Percayalah, hidup ini akan tentram jika kita menghidari penyakit hati.

2. Rajin berwudhu

Wudhu ternyata bukan hanya sebagai syarat sah Shalat , namun juga baik bagi kesehatan kita. Bagaimana tidak sehat, air itu suci dan membersihkan. Dalam sehari saja, kita wudhu sebanyak lima kali, itu artinya kita membersihkan bagian tubuh sebanyak lima kali pula.

Beberapa manfaat wudhu bagi kesehatan kita yaitu:

  • Baik bagi kesehatan kulit
  • Mengurangi sakit kepala
  • Mencegah sakit gigi dan gusi
  • Menjaga kesehatan hidung
  • Menjaga kesehatan telinga
  • Menormalkan detak jantung

1. Rajin sholat

Shalat adalah kewajiban kita sebagai umat beragama islam. Selain itu Shalat juga bisa menyehatkan tubuh kita. Menurut sebuah penelitian, gerakan Shalat mempunyai manfaat positif.

Contohnya ketika kita sujud, dimana kepala kita lebih rendah daripada jantung. Hal ini akan meringankan kerja jantung untuk mengalirkan darah ke otak. Gerakan sujud dapat meningkatkan saturasi oksigen, nutrisi, dan elektrolit ke dalam fungsi otak manusia.

Nah itulah 10 tips dan cara hidup sehat ala Rasulullah SAW. Terakhir, mari kita semua ucapkan Maha Besar Allah SWT yang telah mengatur semua kehidupan ini, termasuk urusan kesehatan manusia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here