10 Cara Melupakan Seseorang Biar Anda Cepat Move On

0
10 Cara Melupakan Seseorang Biar Anda Cepat Move On
cara melupakan seseorang :Image Grid.id

Sebagai makhluk sosial, tentu kita harus berinteraksi dengan orang lain. Tidak mungkin kita selalu mengurung diri di kamar dan mempunyai dunia kita sendiri. Dari interaksi inilah pada akhirnya kita mengenal orang-orang seperti, keluarga, teman, sahabat, hingga pasangan dan mantan pacar. Seiring dengan berjalannya waktu, kita mulai mengenal orang-orang itu lebih dalam lagi. Perasaan kasih sayang yang kita rasakan membuat kita seolah tidak mau kehilangannya sampai kapanpun. Namun perlu diketahui bahwa “Setiap pertemuan pasti ada Perpisahan”. Dan ketika perpisahan datang menghampiri, kita harus rela melupakan seseorang itu untuk pergi meninggalkan kita, dan kita harus segera menemukan cara melupakan seseorang tersebut.

Sesuatu yang tersulit dari perpisahan bukanlah tentang bagaimana cara untuk merelakan, tapi tentang bagaimana cara untuk melupakan. Merelakan itu sesungguhnya mudah dilakukan loh!, tapi pertanyaannya apakah kita mampu untuk melupakannya? Terkadang kita justru mengeluhkan bahwa kita tidak bisa melupakan orang tersebut. Kenangan yang telah terukir terus-menerus menghantui kita. Nama dan bayangan orang itu seakan-akan telah terpahat dalam hati dan pikiran kita sehingga sulit untuk menghilangkan bekas jejak-jejaknya.

Bicara tentang melupakan seseorang, tentu ada penyebab kenapa kamu mesti melupakan orang tersebut. Entah karena dikhianati teman, korban php, cinta yang bertepuk sebelah tangan, atau diputusi seorang pacar.

Namun tak peduli kenapa kamu harus melupakan seseorang, yang terpenting dari itu semua adalah kamu harus segera move on dari bayang-bayang orang tersebut. Kamu tidak bisa mengorbankan perasaan kamu sendiri terus-menerus hanya untuk menunggu kepastian dari sesuatu yang tak pasti. Walaupun kamu sudah terlanjur sayang sehingga merasa berat dan terasa sakit untuk melepaskannya. Tapi kalau itu adalah sesuatu yang harus kamu lakukan, maka paksakanlah.

Untuk bisa melupakan seseorang dengan cepat, ada baiknya kamu segera mencari cara melupakan seseorang yang telah pergi meninggalkan kita. Supaya kamu tidak terus tenggelam karena merasakan kehilangan. Sama halnya seperti tips dan cara melupakan seseorang dibawah ini. Berikut ini adalah Cara Melupakan Seseorang Biar Kita Cepat Move On.

 

CARA MELUPAKAN SESEORANG

 

1. Terima Kenyataan Dengan Lapang Dada

Hal pertama yang harus kita lakukan untuk melupakan seseorang adalah dengan cara menerima kenyataan dengan lapang dada. Terimalah segala sesuatu dengan ikhlas. Terkadang kamu sulit melupakan dia, itu artinya kamu belum ikhlas merelakannya. Belajarlah untuk mengikhlaskan, kalo dia memang pergi, relakanlah. Tak ada gunanya kamu untuk menyalahkan siapapun, toh itu tidak akan merubah apapun.

Lebih baik kita bersikap dewasa, kita bisa belajar dari rasa kehilangan, setidaknya kamu akhirnya sedikit bisa menghargai kebersamaan. supaya suatu saat nanti. jika ada orang lain yang menggantikan posisi dia yang pergi, kamu lebih bisa menghargai kehadirannya, dan tidak lagi menyia-nyiakan kebersamaan dengannya.

Dengan hati yang mengikhlaskan, maka akan lebih mudah untuk melupakan seseorang meski terasa berat sekalipun.

2. Dekatkan Diri Pada Tuhan

Cara melupakan seseorang yang paling ampuh selanjutnya adalah dengan cara mendekatkan diri kepada Tuhan. Mungkin ini adalah cara-Nya untuk menegur dirimu yang semakin jauh dengan-Nya, atau mungkin ini adalah cara-Nya untuk menjauhkan Kamu dari orang-orang yang tidak baik untuk dirimu.

Berbaik sangkalah kepada-Nya, karena rencana Tuhan itu selalu indah, pasti ada hikmah dibalik semua kejadian. Bisa jadi Tuhan telah menyiapkan seseorang pengganti yang lebih baik, yang lebih indah, dan yang lebih sempurna. Tugas kita hanyalah berserah diri dan meminta diberikan kekuatan untuk menerima semua yang ditakdirkan oleh-Nya.

3. Batasi Interaksi dan Pertemuan dengan Si Dia

Bagaimana bisa kamu melupakan seseorang sedangkan kamu masih saja rutin berinteraksi dan bertemu dengannya. Kalo memang demikian, maka saatnya kamu menghilang sejenak dari hadapannya. Bukan berarti kamu mendiamkan dan mengabaikannya 100%, tetapi kamu hanya membatasi interaksi sampai kamu benar-benar move on.

Kalo dia bertanya kenapa sifat kamu berubah, atau dia mencari saat kamu menghilang, maka katakanlah bahwa kamu sedang tidak ingin diganggu untuk sementara waktu. Dan jika perasaan kamu sudah siap, maka kamu akan bersikap sedia kala dan menganggap hanyalah sebatas teman.

4. Sibukan Diri dengan Hal yang Menyenangkan

Cara melupakan seseorang selanjutnya adalah dengan cara menyibukkan diri dengan aktivitas yang menyenangkan. Aktivitas tersebut bisa bermain game, berolahraga, atau aktivitas lain yang bisa membuat Anda melupakan masalah-masalah yang terjadi. Tapi ada baiknya kita mengalihkan pikiran dengan cara berolahraga. Tidak hanya menyehatkan badan, pikiran pun akan semakin fresh dan otomatis Anda akan merasakan bahagia.

Baca Juga: 10 Cara Sederhana Supaya Hidup Terasa Lebih Bahagia

5. Paksa diri untuk Menemukan Orang Baru

Jika kamu menutup diri karena belum bisa move on dengan si dia, berarti kamu menyiksa diri sendiri. Apa salahnya membuka diri Anda untuk orang lain, karena terkadang salah satu cara terampuh bisa melupakan seseorang adalah menemukan penggantinya.

Coba buka mata Anda bahwa masih banyak orang di luar sana yang jauh lebih baik dari dia, masih banyak yang mau menerima Anda apa adanya, siap menyayangi dan mencintai Anda tanpa syarat apapun.

Buka diri, jangan malah menutup diri dengan cara membangun tembok yang kokoh. Dengan begitu, kamu akan mudah menemukan orang baru yang mungkin saja bisa mengobati rasa sakit hati yang sedang kamu rasakan.

6. Kurangi Aktivitas Media Sosial yang Bersangkutan Dengan Si Dia

Bagaimana bisa kamu cepat melupakannya kalo dia tidak benar-benar hilang dari penglihatanmu. Media sosial adalah tempat yang paling rawan untuk kamu kembali baper dengannya. Kamu tidak perlu memblokir dia di media sosial, tetapi prioritaskan dirimu sendiri. Cukup unfollow aktivitas dia agar tidak lagi muncul di timeline kamu.

Langkah ini memang belum tentu mencegah kamu kembali kepoin dia lagi, namun setidaknya kamu tidak perlu melihat postingan nya setiap kali kamu membuka akun media sosial. Kemudian, ada baiknya sibukkan dirimu sendiri di dunia nyata daripada sibuk di dunia virtual.

7. Perbanyak Waktu untuk Berada di Pusat Keramaian

Cara melupakan seseorang selanjutnya adalah dengan memperbanyak waktu di tempat keramaian. Aktivitas ini akan menghindari kamu untuk berada sendirian. Jujur, ketika kita sendirian, kita cenderung akan memikirkan hal-hal yang tidak penting, dan ini sejujurnya tidak baik buat kamu yang ingin melupakan seseorang, karena bisa saja orang tersebut kembali muncul dipikiran ketika kita lagi sendirian.

Lalu tempat keramaian seperti apa? Tak perlu mencari tempat yang ramai, seperti pasar, mall, ataupun taman kota, cukup luangkan waktu untuk kumpul sama keluarga atau teman dan sahabat. Itu nyatanya sudah cukup membuat kita lupa dengan masalah yang sedang terjadi.

Baca Juga: 50 Kata Kata Tersenyum agar Selalu Bersyukur dalam Situasi Apapun

8. Pertimbangkan Untuk Berlibur Sejenak

Kata orang, kalo terus-menerus galau itu artinya kita kurang “piknik”. Kalo memang begitu, mungkin kita lupa bahwa bumi ini cukup luas untuk kita jelajahi. Kamu bisa pertimbangkan untuk berlibur sejenak demi membuat pikiran kamu lebih tenang dari sebelumnya. Dan ketika kamu kembali dari liburan nanti, kamu menjadi sosok yang bukan dirimu sebelumnya, kamu menjadi orang baru dan siap membuka lembaran baru dalam kehidupanmu.

9. Ingatlah Bahwa Kamu Punya Tujuan Hidup

Daripada terus-terusan galau, ada baiknya kamu memikirkan kembali tentang tujuan hidup ini. Apa sih yang belum kamu capai dan dapatkan? Entah itu ingin membahagiakan orang tua, ingin finansial lebih kuat lagi, dan tujuan-tujuan lainnya.

Ada kata kata bijak yang mengatakan “Hidup ini terlalu singkat untuk memperdulikan orang-orang yang sama sekali tidak peduli denganmu”. Jadi, menata masa depan jauh lebih penting daripada galau karena si dia. Maka dari itu, fokuslah pada tujuan-tujuan hidupmu.

10. Tidak Usah Memaksakan untuk Melupakannya, biarkanlah Mengalir Apa Adanya

Cara melupakan seseorang yang terakhir adalah tidak memaksa diri untuk melupakannya. Alangkah lebih baik jika kamu tidak terlalu memaksakan diri untuk melupakan dalam waktu yang singkat. Karena jika kamu memaksakan melupakannya sesingkat mungkin, justru cara melupakan seseorang seperti ini malah akan membuat kamu terus teringat dengan si dia. Jadi biarkan saja seperti air yang mengalir, biarkan waktu yang akan menghapus semuanya.

Kesimpulan

Harus diakui bahwa untuk melupakan seseorang itu memang sangat sulit. Tapi bukan berarti juga kita tidak bisa melupakannya. Namun biasanya, kita akan cepat melupakan seseorang ketika kita telah menemukan seorang pangganti yang lebih baik. Maka dari itu, cobalah untuk membuka diri Anda untuk orang lain, jangan malah menutup diri sendiri.

Kemudian ketika Anda telah mendapatkan pengganti, hargailah kehadirannya, hargailah kebersamaan yang terjadi. Jangan sampai Anda kembali merasakan kehilangan karena kesalahan yang sama. Semoga Bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here