10 Cara Memulai Bisnis Katering Makanan Dengan Mudah Dan Sukses

bisnis-katering-makanan

Memiliki keahlian memasak bagi sebagian orang menjadi hal yang menyenangkan, apalagi bagi ibu rumah tangga. Jika tidak bekerja tetapi ingin menghasilkan uang, maka anda bisa mengandalkan keahlian memasak anda dengan cara membuka usaha katering. Belakangan ini jasa katering juga semakin menyebar luas dan semakin berkibar dengan suksesnya. Jika ingin melakukan usaha katering tentu anda harus pintar mengatur makanan dengan baik agar tidak mudah basi dan memilki rasa yang enak.

Dapat dikatakan bahwa usaha katering juga merupakan sebuah bisnis yang banyak dibutuhkan sebab makanan menjadi kebutuhan pokok dan tidak semua orang mau memasak untuk mendapatkan makanan tersebut. Jika anda ingin membuka usaha katering, berikut ini beberapa tips dan cara memulai bisnis katering untuk anda.

1. Tentukan jenis katering

Menentukan jenis katering memang sangat penting, ada sektiar 4 jenis katering yang berbeda dan harus anda pikirkan terlebih dahulu.

Pertama ada katering kantoran dimana anda menyiapkan makanan yang diperlukan untuk para pegawai kantor, biasanya dikemas dalam bentuk box dan harganya relative lebih murah tetapi rasa tetap di nomor satukan. Kedua ada katering untuk acara besar bagi anda yang memiliki modal besar dan memiliki jaringan luas.

Ketiga ada katering untuk anak sekolah dimana makanan yang diminta biasanya merupakan menu sehat tetapi dibandrol dengan harga terjangkau untuk anak-anak sekolah. Terakhir ada katering rumahan yang menangani bisnis berdasarkan jumlah dan penyajiannya berapa maksimal atau tergantung orderan.

Nah anda bisa menentukan jenis katering apa yang sesuai dengan tujuan bisnis katering makanan anda, menentukan jenis katering juga menjadi salah satu faktor kesuksesan bisnis katering makanan.

2. Cari pengalaman dibidang katering

Untuk membuka usaha katering makanan memang tidak bisa langsung begitu saja, anda juga harus belajar dengan baik bagaimana merintis dan mengembangkan usaha katering makanan tersebut. Salah satu modal awal yang bisa anda lakukan adalah dengan menjadi karyawan usaha katering milik orang lain terlebih dahulu.

Anda harus memahami dengan baik bagimana rantai konsumen dapat berjalan, kemudian bagaimana mengelola keuangan dan juga bagaimana memberikan pelayanan yang baik pada konsumen. Jika anda sudah mendapatkan banyak pelajaran sebagai karyawan maka anda bisa mencoba untuk memulai bisnis kareting makanan anda sendiri.

3. Tentukan brand katering sendiri

Setelah sudah mempelajari banyak hal ketika menjadi karyawan sebuah bisnis katering, tentu anda juga sudah tahu bagaimana langkah awal untuk membuat usaha katering tersebut. Pastikan anda memiliki brand atau nama dari usaha anda. Nama katering sangat penting sebab dari nama ini konsumen dapat mengingat dan merekomendasikan pada orang lain jika memang masakan anda enak dan pelayanannya sangat bagus.

Carilah nama yang mudah diingat, tidak susah untuk disebutkan, cukup unik, memiliki arti, atau bahkan ada juga nilai sejarah yang dapat membuat para konsumen terkesan. Jika namanya unik dan masakan anda memiliki cita rasa yang lezat, maka mudah bagi konsumen anda untuk merekomendasikannya kepada orang lain.

Baca Juga: 6 Kiat Sukses Membuka Bisnis Rumah Makan

4. Cari Supplier murah tetapi berkualitas

Yang dibutuhkan oleh pengusaha katering makanan adalah bahan masakan dengan berbagai macam jenisnya. Nah, tantangannya anda harus menemukan supplier bahan makanan yang berani memberikan anda bandrolan harga murah dibandingkan harga yang di jual di pasaran. Jika anda tidak menggunakan supplier yang memiliki harga terjangkau, maka akan sulit untuk mengelola keuangan usaha katering anda.

Bayangkan saja jika setiap hari anda harus mendapatkan kebutuhan bahan makanan untuk pesanan dengan harga yang sama di pasar namun bandrolan katering yang anda bandrol tidak terlalu mahal sehingga akan memberikan keuntungan yang sedikit. Hal tersebut tentunya tidak akan memajukan bisnis katering makanan anda.

5. Persiapkan modal

Modal untuk usaha memang dapat berupa apa saja, namun yang paling penting dan dibutuhkan adalah modal uang. Dapat dikatakan bahwa jika modal anda semakin besar, maka keuntungan yang anda dapatkan juga akan semakin besar. Hal tersebut sudah menjadi prinsip yang dipegang oleh seluruh pelaku bisnis usaha katering.

Untuk itu, jika anda dapat memberikan modal yang lebih besar, maka jumlah pesanan yang bisa anda terima juga akan lebih besar. Tetapi jika modal anda tidak pernah bertambah, mana mungkin konsumen anda juga akan semakin bertambah. Itu artinya usaha anda tidak akan mampu berjalan maju. Oleh karena itu, utamakanlah modal usaha.

6. Persiapkan modal mental dan tenaga

Selain uang, mental dan juga tenaga menjadi modal yang sangat penting untuk membuka sebuah usaha apapun itu. Untuk usaha katering makanan juga harus memiliki mental yang kuat dan tenaga yang jauh lebih besar. Mental anda akan dibutuhkan ketika bisnis katering makanan anda berada di bawah atau ketika konsumen memberikan tanggapan negatif tentang masakan dan pelayanan usaha anda.

Tidak mungkin karena satu kali kritikan dan saran dari konsumen, anda langsung patah semangat dan tidak melanjutkan bisnis katering makanan anda, rasanya akan sangat disayangkan. Sedangkan tenaga sangat dibutuhkan untuk membuat bisnis katering tetap berjalan sesuai dengan keinginan anda.

7. Pintar memasak

Jika semua tentang usaha katering di atas mampu anda lakukan, hal yang penting lainnya adalah anda harus pintar dalam memasak. Sebenarnya memang tidak ada salahnya ketika anda menginginkan usaha katering tetapi tidak pintar memasak, anda bisa mempekerjakan orang yang ahli dalam masakan. Tetapi jika anda menginginkan usaha anda sukses, maka ada baiknya mencoba belajar memasak dengan menu yang unik dan tetap enak.

Banyak sekali masyarakat Indonesia yang saat ini lebih menyukai makanan yang unik, terlihat mewah, harga murah, dan lagi rasanya enak. Nah, pastikan anda sudah bisa menghadirkan menu untuk menarik minat para pelanggan.

Baca Juga: 12 Tips Bisnis Kuliner Supaya Mendapatkan Banyak Pelanggan Setia

8. Temukan karyawan

Usaha katering anda sudah mulai berjalan? Tugas anda juga harus mencari karyawan untuk membantu usaha anda bisa berjalan lebih maju. Anda membutuhkan beberapa karyawan untuk membantu menunjang bisnis anda berjalan lancar. Carilah orang yang ahli dibidang seperti pintar memasak, mampu mengirim pesanan ke para konsumen, jujur dan mampu mengelola keuangan dengan baik, kemudian memiliki hubungan baik dengan supplier, dan juga dapat mempromosikan makannya.

Sekalipun anda harus mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk membayar karyawan tersebut, rasanya tidak akan masalah sebab keuntungkan juga akan kembali pada anda. Namun pastikan karyawan tersebut memang dapat dipercaya dan jujur ketika bekerja dengan anda.

9. Melakukan promosi

Selanjutnya anda juga harus melakukan promosi untuk membantu usaha katering anda dikenal orang dan semakin banyak pemesanan. Namun promosi yang harus dilakukan harus efektif dan sampai saat ini promosi yang efektif banyak caraya, entah dari mulut ke mulut, atau melalui media sosial, website, toko online, dan juga banner.

Dengan cara ini mungkin konsumen akan jauh lebih mudah untuk tahu usaha katering anda yang akan membantu bisnis tersebut lebih berkembang dengan baik. Tidak menutup kemungkinan bahwa cara-cara tersebut juga dapat membuat konsumen jauh lebih tertarik pada bisnis katering anda.

10. Pertahankan kesegaran makanan

Jika masakan anda memiliki cita rasa yang enak sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan, apalagi jika anda dan beberapa karyawan memang memiliki hobi memasak. Namun hal yang cukup sulit dilakukan adalah membuat makanan anda tidak mudah basi dan dapat diatur dengan baik. Ketika usaha katering anda sudah menjadi lebih besar, maka anda juga harus memikirkan bagaimana cara terbaik untuk mengirim makanan anda pada konsumen dengan kondisi segar, tidak bau, dan layak makan.

Salah satu alternative yang dapat dilakukan adalah menggunakan jasa penyeawaan mobil box biasa ataupun reefer. Hal tersebut akan cukup membantu menjaga makanan tetap dalam kondisi baik dan konsumen merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

Beberapa cara di atas memang dapat anda lakukan jika ingin merintis usaha katering makanan dengan sukses. Mengutamakan kenikmatan dan kondisi makanan menjadi hal yang penting untuk para konsumen. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here