7 Cara Menambah Semangat Mengerjakan Skripsi Agar Selesai Tepat Waktu

0
7 Cara Menambah Semangat Mengerjakan Skripsi Agar Selesai Tepat Waktu

Cara Menambah Semangat Mengerjakan Skripsi Agar Selesai Tepat Waktu – Setelah mengambil seluruh mata kuliah teori maupun praktek dengan nilai yang memuaskan, kini waktunya kamu menguji kemampuan dan pengetahuan lewat karya skripsi penelitian. Skripsi adalah karya tulisan ilmiah hasil dari sebuah penelitian. Menulis skripsi adalah kewajiban yang harus di penuhi mahasiswa untuk mendapatkan gelar akademik sarjana.

Kadang yang ada di benak mahasiswa semester akhir hanyalah menganggap skripsi sebagai momok penghambat mahasiswa untuk menyelesaikan studinya. Banyak banget mahasiswa yang kuliahnya stagnan karena skripsi. Malahan ada julukan khusus yang disebut mahasiswa abadi, mahasiswa lama yang belum lulus karena nggak kelar-kelar mengerjakan skripsi.

Terkadang mahasiswa abadi bukan berarti mereka mahasiswa yang malas mengerjakan skripsi, melainkan terkadang karena alasan-alasan yang bersifat teknis seperti dosen pembimbing yang killer, judul skripsi yang sulit, rivisi yang gak ada ujung-ujungnya, atau dosen yang sulit ditemuin. Pokoknya banyak alasan-alasan yang menurunkan semangat para pejuang “acc skripsi”.

Namun kalo misalnya kita punya kemauan dan tekat untuk menyelesaikan skripsi kita, maka rintangan-rintangan itu bukanlah sebuah masalah yang besar.

Nah untuk meningkatkan motivasi kita yang sedang menyusun skripsi agar cepat selesai, berikut ini adalah tips dan cara menambah semangat mengerjakan skripsi agar selesai tepat waktu.

1. Jangan bekerja tanpa adanya terget

Image: Google

Setelah judul proposal skripsi kamu di acc oleh program studi, maka kamu harus membuat strategi target harian dan bulanan.

Maksud dari strategi disini adalah kamu harus punya target capaian sampai bulan dimana kamu harus diuji nanti.

Misalkan, minggu ini kamu harus selesai mengumpulkan data untuk memulai bab 1.

Minggu berikutnya targetkan kamu harus selesai bab 2.

Dan minggu selanjutnya kamu harus selesai bab 3 sembari berkonsultasi dengan dosen pembimbing tentang bab 1 dan bab 2 yang telah kamu susun sebelumnya, dan seterusnya.

Penentuan target tentunya harus sesuai dengan kemampuanmu. Jangan memaksakan diri, lebih baik berjalan pelan namun pasti.

Dengan kegiatan terjadwal seperti ini sebenarnya kita sedang di latih untuk mendisiplinkan diri. Dengan adanya target juga kamu secara tak langsung akan di didik untuk bertanggung jawab atas kewajiban.

Hampir 90 persen mahasiswa yang lulus tepat waktu mengakui bahwa strategi ini sangat membantu mereka dalam mengatur kegiatan selama penelitian.

2. Datanglah ke acara wisuda teman

Image: Pixabay

Seperti kata kata bijak yang mengatakan bahwa motivasi terbesar dalam hidup datangnya dari diri sendiri.

Disaat motivasi menyusun skripsi menurun, maka kita di tuntut untuk mencari motivasi untuk menambah semangat mengerjakan skripsi agar selesai tepat waktu.

Nah salah satu caranya adalah dengan datang ke acara wisuda teman seangkatan.

Disana kamu akan merasakan hingar bingar tentang euforia wisuda, misalnya melihat meriahnya acara wisuda, pernak-pernik wisuda, bunga dan hadiah dimana-mana, melihat temanmu yang tampak gagah mengenakan toga dan jubah wisuda, dan lain sebagainya.

Alhasil sebagai manusia biasa, akan ada secuil perasaan iri yang akan kamu rasakan, hal ini secara tak langsung akan memicu meningkatnya semangat kita untuk lebih giat menyelesaikan skripsi.

3. Ingatlah orangtua yang ingin sekali melihat kamu memakai toga

Image: unsplash.com/@tamtit24

Tips mengerjakan skripsi agar selesai tepat waktu selanjutnya adalah dengan selalu mengingat kedua orangtua kita.

Lihatlah pengorbanan mereka untuk membiayai kamu kuliah, mereka kerja keras siang malam dan mengenyampingkan keinginan pribadi-nya hanya untuk mencukupi kebutuhan kuliah dirimu.

Dan adalah hak mereka untuk menagih gelar sarjana kamu. Yakinlah bahwa orangtua tidak mengharapkan apa-apa kecuali ingin melihat kamu memakai toga. Dan itu akan menjadi kebanggaan mereka.

Jadi kapan bisa membanggakan kedua orangtua dengan memakai toga? Hanya kita sendiri lah yang bisa menjawabnya. Oleh karena itu selesaikan skripsi mu, jangan di tunda-tunda lagi.

4. Perbanyak berkumpul sama pejuang skripsi

Image: Dreamstime

Berkumpul dengan orang yang senasib sepenangungan akan membuat kamu merasa lebih nyaman dan merasa tidak sendirian.

Ada kata kata bijak mengatakan “Jika kita berteman dengan seorang penjual minyak wangi, mungkin dia akan memberimu minyak wangi atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak keduanya, engkau tetap mendapat bau harum darinya.”

Kaitannya dari kata kata itu di pembahasan ini adalah jika kita lebih banyak berkumpul sama orang-orang pejuang skripsi, mungkin pengaruh lingkungan itu akan membuat kita lebih bersemangat untuk mengerjakan skripsi.

Terlebih lagi, berkumpul sama sekelompok orang yang juga sedang menyusun skripsi ternyata ada keutungannya lho!, salah satunya kita bisa menambah pengetahuan tentang tips dan trik mengerjakan skripsi, bagaimana memecahkan masalah dan mencari solusi, dan lain sebagainya.

5. Lihatlah teman-teman yang sudah dapat kerjaan, kamu?

Image: Sepositif

Mau sampai kapan kamu masih menyusahkan orangtua, ingatlah tidak selamanya kita hidup selalu bergantung pada mereka.

Lihatlah teman-teman kamu yang sudah lulus dan sudah mendapatkan pekerjaan yang tetap. Sedangkan kamu masih saja berkutat dengan skripsi yang tak tahu sampai kapan akan selesainya.

Belum lagi kalo sudah lulus nanti, belum tentu juga kan kita langsung mendapatkan pekerjaan yang tetap.

Nah seharusnya kita merasa iri dengannya, dan berusaha secepat mungkin untuk mengejar ketertinggalan tersebut.

6. Ingat umur, kehidupan kamu tidak semuanya tentang kampus

Image: Pixabay

Coba ingat-ingat lagi sudah berapa umur kamu saat ini. Dengan umur segitu apakah masih pantas berstatus mahasiswa strata 1?

Kehidupan kamu tidak semuanya tentang kampus, masih banyak yang harus kamu raih, masih banyak yang harus kamu lakukan, demi mencapai cita-cita yang selama ini kamu impikan.

Ingat loh, saat ini kebanyakan lowongan pekerjaan di perusahaan besar punya syarat batas umur, artinya ada minimal usianya.

Oleh karena itu, kalo tidak mau tersisih saat melamar kerja hanya karena usia yang sudah lewat, maka selesaikan lah skripsi kamu dengan cepat.

7. Berikan penghargaan untuk diri sendiri kalo skripsi nanti selesai

Image: Google

Terakhir cara menambah semangat mengerjakan skripsi agar selesai tepat waktu adalah memberikan penghargaan untuk diri sendiri ketika skripsi selesai.

Berikanlah penghargaan untuk dirimu sendiri. Misalnya “Kalo skripsi kelar, kamu akan jalan-jalan ke tempat wisata untuk refreshing.” Atau hadiah-hadiah lainnya.

Sudah sepantasnya kamu memberikan penghargaan untuk dirimu sendiri atas hasil kerja keras selama ini untuk mengerjakan skripsi. Jadi kalo skripsi nanti selesai, bersenang-senanglah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here