10 Cara Mengambil Keputusan Yang Tepat dan Bertanggung Jawab

0
Cara Mengambil Keputusan Yang Tepat dan Bertanggung Jawab
Cara Mengambil Keputusan Yang Tepat dan Bertanggung Jawab

Ada kata kata bijak mengatakan “Hidup adalah sebuah pilihan”. Memang benar hidup ini adalah pilihan. Hidup ini kita yang menentukan, bukan ditentukan orang lain. Terkadang kita harus membuat sebuah keputusan. Bukan hanya keputusan untuk diri sendiri, tapi mungkin juga keputusan untuk orang lain. Bagi Anda yang sedang dipusingkan karena dihadapi dengan sebuah pilihan yang berat. Simaklah 10 tips dan cara mengambil keputusan yang tepat dan bertanggung jawab pada artikel ini.

Harus kita akui bahwa untuk sebagian orang merasa sulit sekali mengambil keputusan. Alasan yang paling banyak mengapa membuat keputusan itu tidak mudah adalah karena kita takut menyesal di kemudian hari. Ya,, penyesalan pada akhirnya membuat kita takut memutuskan sesuatu.

Tapi bagaimana pun juga Kita mau tidak mau harus mengambil keputusan. Tak peduli apakah keputusan berat atau keputusan yang mudah, kita harus kuat mengambil langkah yang tegas.

Namun sebelum memutuskan sesuatu, ada hal yang harus kita perhatikan terlebih dahulu. Kita harus hati-hati mengambil keputusan, karena jika kita salah langkah dalam memutuskan sesuatu, maka akan ada risiko yang harus kita tanggung. Risiko yang bisa saja menimbulkan rasa penyesalan.

Oleh sebab itu, selain membutuhkan sikap yang dewasa, kita juga harus memahami 10 cara mengambil keputusan yang tepat dan bertanggung jawab seperti tips di bawah ini.

 

Cara Mengambil Keputusan Yang Tepat dan Bertanggung Jawab

 

1. Berdoa-lah terlebih dahulu

Untuk membuat sebuah keputusan tidak selalu mengandalkan pemikiran dan logika saja. Agar kita semakin memantapkan keputusan, jangan lupa berdoa.

Biasakanlah sebelum memulai aktivitas, panjatkan doa terlebih dahulu. Mintalah petunjuk dari-Nya dan mohonlah perlindungan kepada-Nya.

Ingat ya, jangan pernah sekali-kali meremehkan kekuatan doa. Karena apapun yang tak mungkin bagi manusia, itu sangat mungkin bagi sang Maha Pencipta.

2. Pahami masalah secara luas

Ketika Anda harus mengambil sebuah keputusan, itu artinya ada permasalahan yang harus diselesaikan. Nah sebelum Anda membuat keputusan, pastikan Anda sudah paham permasalahan apa yang sedang Anda hadapi.

Masalah itu bukan berarti masalah yang buruk saja, bisa juga karena masalah yang baik. Yang perlu Anda ketahui dan pahami adalah mengapa masalah itu muncul? Dimana letak kesalahannya? Dan apa solusinya?

Dalam poin ini ada dua hal yang akan kita dapatkan. Pertama kita bisa belajar dari masalah, kedua kita bisa tahu solusi dari masalah yang sedang kita hadapi. Hal ini berguna sebagai pengalaman pribadi kita di masa yang akan datang.

3. Kumpulkan data dan Lakukan analisis

Cara mengambil keputusan yang tepat dan bertanggung jawab yang kedua adalah mengumpulkan data dan melakukan analisis. Tentunya     Anda tidak mau asal-asalan membuat keputusan, bukan!. Apalagi kalo keputusan itu penting bagi diri kita sendiri ataupun untuk orang lain.

Untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan, misalnya membuat keputusan yang salah dll. Ada baiknya kita lebih dulu mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan pokok permasalahan.

Contohnya simple saja. Misalnya Anda bingung mau makan siang apa siang ini, nah biasanya untuk memutuskan mau makan apa, diantara kita mungkin akan mencari referensi atau review tentang sebuah makanan.

Berapa harganya? Enak atau nggak? dan lain sebagainya. Jika cocok, mungkin kita akan mempertimbangkan untuk membeli makana tersebut.

Nah begitu juga dengan keputusan lainnya. Kumpulkanlah semua data yang diperlukan untuk mendukung keputusan yang akan Anda buat. Setelah itu lakukan analisis tentang data tersebut. Tentunya hanya Anda yang tahu apa yang terbaik untuk Anda sendiri.

Kemudian pikirkanlah segala kemungkinan yang bisa saja terjadi. Dengan begitu, Anda akan lebih berhati-hati saat memutuskan.

4. Meminta saran dari orang-orang yang berpengalaman

Saat Anda merasa bingung atau malah tidak berani memutuskan sesuatu, tak ada salahnya Anda meminta saran kepada orang-orang yang berpengalaman.

Cara ini terbilang cukup efektif. Pasalnya setiap orang memiliki cara pandang yang berbeda-beda ketika menghadapi sebuah permasalahan.

Walaupun demikian, tugas Anda adalah mengumpulkan cara pandang setiap orang, kemudian Anda bisa menerka-nerka mana cara pandang yang efektif untuk mengatasi permasalahan saat ini.

Selain membantu Kita untuk memutuskan sesuatu, menerima pandangan dari orang lain juga membuat wawasan kita semakin bertambah.

Baca Juga: 10 Cara Meminta Tolong dan Bantuan Kepada Seseorang yang Baik dan Benar

5. Gak harus terburu-buru dan gegabah. Pikir dahulu sebelum bertindak

Cara mengambil keputusan yang tepat dan bertanggung jawab selanjutnya adalah dengan berpikir panjang. Mengambil keputusan secara gegabah tidak akan menghasilkan apa-apa, malahan mungkin saja akan menyebabkan munculnya masalah yang baru.

Biasakanlah berpikir dahulu sebelum bertindak. Pikirkanlah kalau Anda memutuskan seperti ini, apa dampaknya? Dan kalau Anda memutuskan seperti itu, apa juga dampaknya?

Tidak mesti terburu-buru, namun jangan pula terlalu lama. karena terkadang ketika kita berpikir terlalu lama untuk memutuskan sesuatu, maka hasilnya semakin takut juga Anda untuk melangkah, semakin bingung dan semakin galau.

Oleh karena itu ketika keteguhan hati untuk memutuskan sesuatu semakin kuat, maka jangan menunda-nunda untuk melakukannya.

6. Tenangkan pikiran, ambil keputusan dengan kepala dingin bukan secara emosional

Bagaimana bisa Anda memutuskan sesuatu jika Anda sendiri sedang dalam keadaan stres dan tidak tenang. Jika Anda masih saja memaksakan kehendak, bisa-bisa Anda akan membuat keputusan yang salah.

Oleh karena itu, cara mengambil keputusan yang tepat dan bertanggung jawab yang paling efektif adalah adanya ketenangan. Karena ketika seseorang tenang, maka orang tersebut akan bisa berpikir secara logis.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari mengambil keputusan ketika Anda lagi marah, sedih dan stres karena terlalu banyak beban pikiran. Tenangkan pikiran sejenak, jika merasa membaik, barulah ambil sebuah keputusan dengan kepala dingin.

7. Pikirkan apa resiko dan keuntungannya

Keputusan sangat erat kaitannya dengan hasil. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, dampak dari keputusan harus benar-benar kita perhatikan. Terkadang seseorang yang menyesal dengan keputusannya biasanya karena ia tak tahu apa risiko setelah memutuskan sesuatu.

Jangan pernah menganggap enteng tentang risiko, karena hal ini mungkin saja melibatkan orang lain juga.

Maka sebelum memutuskan sesuatu pikirkan dulu apa resiko dan keuntungannya. Jika sekiranya risiko lebih besar daripada keutungan, maka lupakan dan cari cara yang lain.

Sebaliknya, jika keuntungan lebih besar dari risiko, maka Anda bisa mempertimbangkan keputusan tersebut.

Namun satu hal yang perlu anda tahu, tidak ada keputusan yang tidak ada risikonya. Jadi bersiaplah menerima segala konsekuensi dari apapun keputusan kita.

8. Jangan pedulikan apa kata orang

Jujur saja, tidak semua orang akan menyukai keputusan yang Anda buat. Namun jangan takut, masih akan ada orang yang akan mendukungmu apapun keputusanmu.

Selagi keputusan itu baik, kenapa mesti takut. Terkadang ketakutan itu muncul hanya karena kita tidak kuat mendengarkan kritik dan cemo’oh dari orang lain.

Jangan dengarkan apa kata orang lain. Anggap saja aj*ng menggonggong khafilah berlalu.

9. Jaga integritas dari keputusan Anda

Cara mengambil keputusan yang tepat dan bertanggung jawab selanjutnya adalah konsistensi. Kenapa harus konsisten? Konsisten dengan keputusan itu menandakan bahwa kita percaya dengan keputusan kita sendiri, atau bahasa lainnya tidak setengah-setengah.

Caba bayangkan kalo Anda tak konsisten dengan keputusan, gimana orang lain percaya dengan Anda sedangkan Anda sendiri tidak bisa memengang prinsip dan tak tegas dengan keputusan sendiri.

Oleh karena itu, jika Anda sudah memutuskan sesuatu, maka pertahankan keputusan itu hingga akhir apapun yang terjadi. Jangan berhenti di tengah jalan hanya karena hal-hal yang tak penting, apalagi karena pengaruh orang lain.

10. Bertanggung jawab atas keputusan tersebut

Ketika Anda sudah memutuskan sesuatu, bertanggung jawablah dengan keputusan tersebut. Keputusan memang berat, risiko memang besar. Namun jika Anda siap bertanggung jawab, itu menunjukan besarnya kualitas diri Anda.

Jadilah besar dengan keputusan sendiri. Karena sudah jarang sekali kita bertemu dengan orang-orang yang siap bertanggung jawab. Jika seandainya kita mengambil keputusan yang salah, masih ada pelajaran yang sangat berharga yang didapat oleh orang-orang yang bisa bertanggung jawab. SEMOGA BERMANFAAT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here