13 Cara Mengatasi Flek Hitam Di Wajah Secara Alami Dan Efektif

0
Cara Mengatasi Flek Hitam Di Wajah

Bagi beberapa orang penampilan menjadi hal yang sangat penting untuk menunjang rasa percaya diri yang tinggi. Namun terkadang beberapa masalah wajah muncul dan justru membuat rasa percaya diri menjadi semakin turun. Banyak juga masalah yang timbul pada wajah, misalnya saja flek hitam yang membuat wajah tampak lebih kusam.

Flek wajah ini timbul bisa jadi dikarenakan kelebihan produksi melanin pada kulit. Bukan hanya itu, tetapi seringnya beraktivitas di bawah sinar matahari juga bisa memicu flek hitam muncul di wajah. Sebenarnya tidak sulit untuk menghilangkan flek hitam pada wajah, berikut ini beberapa cara alami yang aman dan ampuh mengatasinya.

1. Lidah buaya

Pertama ada lidah buaya yang cukup terkenal sebagai bahan alami dengan banyak manfaat. Selain dapat digunakan untuk menyehatkan rambut dan menghilangkan jerawat ternyata lidah buaya juga cukup efektif mengurangi flek hitam. Di dalam lidah buaya ada kandungan polysaccharides yang akan bekerja untuk menstimulasi sel-sel kulit yang baru dan akan mengangkat sel kulit mati.

Cara menggunakannya cukup mudah, anda bisa mengambil satu batang lidah buaya kemudian kupas kulitnya. Ambil bagian gelnya saja tetapi cuci terlebih dahulu. Setelah itu, bersihkan wajah anda dan oleskan langsung secara merata. Dimakan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.  Rasanya akan sangat segar dan anda dapat melakukan cara alami ini 3 kali dalam satu minggu secara rutin sampai flek hitam hilang.

2. Lemon

Selanjutnya anda bisa menggunakan lemon yang kaya akan vitamin C dan memiliki banyak khasiat. Lemon akan bekerja mengangkat sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit yang baru. Bukan hanya itu, lemon juga akan bekerja untuk mencerahkan kulit anda.

Caranya, sediakan satu buah lemon yang segar kemudian belah jadi dua bagian. Peras lemon untuk diambil sarinya atau airnya. Jika sudah, anda bisa mencuci wajah terlebih dahulu kemudian oleskan air lemon tersebut pada wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih. Jangan gunakan cara ini saat wajah sedang terluka sebab akan memberikan rasa perih. Lemon dapat anda gunakan 1-2 kali dalam seminggu untuk menghilangkan flek hitam di wajah.

3. Kentang

Terkadang beberapa bahan alami yang memiliki banyak khasiat untuk perawatan wajah kerap kali ditemukan di dapur. Misalnya saja kentang yang sering digunakan sebagai bahan masakan. Kentang bisa membantu mengurangi flek hitam karena ada kandungan zat tepung. Zat tepung tersebut bekerja untuk mengatasi pigmentasi dan kandungan lainnya akan menyehatkan kulit wajah anda.

Anda bisa menyediakan satu buah kentang dengan ukuran yang sedang. Kupas kentang dan cuci sampai bersih. Parut kentang dan gunakan sebagai masker pada wajah anda yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih. Agar lebih efektif anda bisa menambahkan madu sebelum digunakan sebagai masker. Cara alami menghilangkan flek hitam dengan kentang bisa dilakukan 3 kali dalam seminggu.

4. Pepaya

Selain bahan di dapur ternyata beberapa buah-buahan juga dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam di wajah anda. Pepaya adalah buah yang bagus dan memiliki banyak khasiat untuk kesehatan kulit. Pepaya memiliki kandungan papain yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan memperbaruinya. Bukan hanya itu tetapi enzim tersebut juga akan membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dan sehat.

Caranya, anda dapat menyediakan beberapa potong pepaya yang sudah matang. Kupas dan cuci bersih pepaya tersebut. Lembutkan sampai jadi pasta, anda boleh mencampurkan dengan madu jika ingin bekerja lebih cepat. Aplikasikan pada wajah anda yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Gunakan seperti masker dan  diamkan selama 15 menit atau sampai kering. Bilas dengan menggunakan air bersih dan lakukan cara ini 2 kali dalam satu minggu saja.

5. Madu

Selanjutnya juga dapat menggunakan madu alami yang sering dipadukan dengan beberapa bahan alami lainnya. Madu memiliki banyak sekali manfaat, bahkan kandungan baiknya bisa dikatakan hampir lengkap. Madu akan membantu menyamarkan flek hitam dan membuat kulit wajah anda menjadi semakin bersih. Madu dikenal sebagai anti-oksidan, antibakteri, anti-inflamasi, dan masih banyak yang lainnya.

Cara menggunakannya sangat sederhana, cukup sediakan madu asli satu sendok makan. Kemudian bersihkan wajah anda terlebih dahulu. Oleskan madu tersebut secara merata sebagai masker. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini setiap hari karena sangat aman dan bekerja ampuh.

6. Kunyit

Kunyit sering kali ditemukan di dapur sebagai bumbu penyedap masakan, namun siapa yang menyangka bahwa kunyit juga dapat dijadikan bahan alami untuk menghilangkan flek hitam. Dapat dikatakan bahwa kunyit merupakan zat pencerah yang sering digunakan. Kunyit juga bekerja untuk memperbaiki radikal bebas dan pigmentasi kulit. Sangat cocok untuk menghilangkan flek hitam akibat pancaran sinar matahari.

Caranya sediakan kunyit bubuk 2 sendok makan, kemudian campurkan dengan sedikit susu dan perasan air lemon. Aduk sampai rata dan bersihkan wajah anda terlebih dahulu. Oleskan pasta kunyit, susu, dan madu tersebut pada wajah secara merata. Diamkan selama beberapa menit atau sampai kering. Bilas dengan air hangat agar terasa lebih nyaman. Lakukan cara ini 2-3 kali dalam satu minggu untuk hasil maksimal.

7. Buttermilk

Cara alami selanjutnya yang dapat menghilangkan flek hitam di wajah anda adalah buttermilk. Cara kerja buttermilk hampir sama dengan lemon dimana dapat memudarkan noda dan flek hitam tanpa meninggalkan efek samping. Asam laktat yang dimiliki oleh buttermilk dapat digunakan untuk mengurangi pigmentasi dan membantu mencerahkan wajah.

Caranya, sediakan buttermilk 4 sendok teh. Tambahkan jus tomat 2 sendok teh dan campur sampai rata. Bersihkan wajah dan aplikasikan merata di wajah anda. Diamkan selama 15 menit kemudian anda dapat membalasnya dengan air bersih. Cara ini cukup lakukan 3 kali dalam satu minggu agar flek hitam cepat hilang.

8. Kayu cendana

Sudah pernah lihat kayu cendana? Kayu cendana merupakan bahan alami untuk menghilangkan flek hitam. Ada kandungan minyak alami pada kayu cendana yang akan bekerja mengangkut flek hitam dan menggantinya dengan sel kulit yang baru. Menggunakan kayu cendana bisa membuat kulit anda lebih sehat.

Caranya, sediakan 1 sendok makan bubuk cendana, 3 sendok makan air mawar, dan 1 sendok makan gliserin. Campur sampai jadi satu dan oleskan pada wajah anda yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini setiap hari sampai flek hitam hilang.

9. Almond

Almond selain enak untuk dimakan ternyata juga memiliki khasiat menyamarkan flek hitam di kulit wajah. Almond punya kandungan vitamin E yang akan melembabkan wajah. Kemudian ada juga kandungan antioksidan dan lemak sehat yang dapat bekerja untuk mengangkat flek hitam.

Caranya, sediakan 8-10 almond dan rendam di dalam susu selama satu malam. Kupas almond dan giling sampai lembut keesokan harinya. Tambahkan satu sendok teh madu agar lebih efektif bekerja. Kemudian aduk rata dan aplikasikan pada kulit wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit atau sampai kering setelah itu bilas dengan air bersih. Gunakan cara ini 1-2 kali dalam satu minggu agar hasil maksimal.

10. Bawang merah

Beberapa orang pasti merasa kurang yakin untuk menggunakan bawang merah sebagai cara alami menghilangkan flek hitam di wajah. Hal ini dikarenakan rasa perih yang diberikan oleh bawang merah tetapi kandungan di dalamnya dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan menyehatkan kulit. Bahkan bawang merah dapat membunuh bakteri yang ada di wajah.

Caranya, sediakan bawang merah secukupnya. Kemudian lembutkan dengan menggunakan blender. Saring untuk diambil airnya saja. Bersihkan wajah terlebih dahulu dan oleskan air bawang merah dengan menggunakan kapas pada bagian wajah yang memiliki flek hitam. Pastikan untuk tidak dekat dengan area mata sebab akan memberikan rasa pedih. Lakukan cara ini satu dari kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat dan Alami

11. Rosehipoil

Rosehipoil merupakan bahan alami selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengatasi flek hitam membandel di wajah. Minyak ini memiliki kandungan Lycopene yang cukup tinggi sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam juga tanda-tanda penuaan pada wajah. Bukan hanya itu tetapi ada juga kandungan beta-carotene yang akan bekerja untuk melawan radikal bebas juga pigmentasi.

Caranya, sediakan 2 sendok makan rosehipoil. Bersihkan wajah terlebih dahulu kemudian oleskan pada bagian yang terdapat flek hitam atau di seluruh wajah. Berikan pijatan sedikit secara pelan-pelan. Lakukan cara ini setiap malam ketika anda akan tidur. Biarkan besok pagi anda membilasnya dan gunakan setiap malam secara rutin agar hasilnya maksimal.

12. Oatmeal

Oatmeal yang sudah dibuat menjadi bubuk dipercaya memiliki manfaat besar untuk mengatasi masalah kulit flek hitam. Oatmeal memiliki kandungan saponin yang bekerja untuk membersihkan segala kotoran pada wajah. Hal tersebut akan membantu pengangkatan sel kulit mati yang menjadi masalah flek hitam.

Caranya, sediakan satu cangkir oatmeal kemudian tumbuk sampai halus. Tambahkan 4 sendok makan perasan air lemon. Aduk sampai benar-benar jadi satu dan aplikasikan pada wajah anda yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Diamkan selama beberapa menit atau sampai kering. Bilas dengan air hangat, jika masih sulit membersihkannya, maka rendam sapu tangan pada air hangat kemudian usapkan pada wajah.

13. Alpukat

Bahan alami berikutnya adalah alpukat. Buah ini mudah sekali ditemukan di sekitar kita namun tidak banyak yang tahu bahwa alpukat juga bisa menghilangkan flek hitam di wajah. Kandungan vitamin E yang tinggi dapat membantu melembabkan kulit. Tidak hanya itu, tetapi di dalam alpukat juga ada kandungan yang bisa digunakan untuk mengatasi pigmentasi.

Caranya, sediakan satu buah alpukat yang masih bagus. Kemudian ambil bagian dagingnya dan lembutkan pakai tangan. Campur dengan satu sendok makan madu asli, aduk rata kembali. Oleskan pada wajah seperti menggunakan masker secara merata. Diamkan selama 30 menit dan bilas menggunakan air hangat. Cara ini bisa dilakukan 2 kali dalam satu minggu.

Beberapa cara menghilangkan flek hitam di atas dapat digunakan salah satunya. Pastikan untuk menggunakannya secara rutin terlebih dahulu.  Semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here