10 Cara Mengatasi Rasa Malas Secara Total dan Positif

0
cara rasa mengatasi malas
cara rasa mengatasi malas

Apakah Anda sering merasa males? Malas seringkali kita sepelekan, padahal jika malas itu dibiarkan menjadi kebiasaan, hal ini mungkin akan menganggu produktivitas kita sehari-hari. Ada yang bilang malas itu adalah sifat alami manusia dan sulit untuk dihilangkan. Banyak diantara kita sulit untuk mengetahui cara mengatasi rasa malas tersebut. Namun kali ini, kita akan membahas bagaimana cara dan tips mengatasi atau menghilangkan rasa malas secara total. Simak Penjelasannya.

Malas adalah suatu perasaan di mana seseorang enggan melakukan sesuatu atau tidak adanya keinginan untuk melakukan hal tersebut. Apakah kalian pernah mengalami hal-hal semacam ini.

  • Tenaga masih ada tapi entah mengapa menjadi mager (males gerak), bahkan untuk bangkit dari tempat tidur pun sangat susah.
  • Disaat ada pekerjaan, kita malah menunda-nunda pekerjaan tersebut karena menganggap pekerjaan itu mudah untuk diselesaikan, sampai akhirnya menjadi deadline dan kita menjadi mewek.
  • Kita tidak semangat, kita seolah men-judged diri sendiri, merasa apapun yang akan di lakukan seolah tidak akan berhasil alias akan gatot (gagal total).

Jangan pada bohong, hampir semua diantara kita pasti pernah merasakan seperti hal diatas. Walaupun memang, perasaan malas itu adalah perasaan yang manusiawi, tapi kalo keseringan malas, itu bukan lagi perasaan malas, tapi memang kamu adalah seorang yang pemalas.

Bicara tentang gimana cara mengatasi rasa malas pada diri ini, jawabannya cukuplah simple. Itu tergantung pada diri kita sendiri, dan tergantung pada gaya hidup kita sehari-hari.

Kalau misal hidup kamu bisa dibilang hidup enak, kamu orang yang berada dan kaya, apalagi kamu suka manja, apa yang kamu inginkan selalu nongol dihadapan. Ya jangan heran lagi kenapa kamu akhirnya sering merasa malas.

Bandingkan dengan orang-orang pekerja keras. Bahkan untuk mewujudkan apa yang diinginkannya, ia mesti banting tulang siang dan malam dahulu. Jadi jangan merasa iri dan bertanya-tanya lagi, “kenapa saya sering merasa malas ya?”

Pada intinya sih. Malas harus segera kita hilangkan. Walaupun tidak secara total hilang, mengingat hal itu adalah perasaan manusiawi, tapi setidaknya kita bisa mengurangi agar tidak berubah menjadi kebiasaan. Nah berikut ini adalah 10 cara mengatasi rasa malas.

 

Cara Mengatasi Rasa Malas

 

1. Tanamkan Niat

Segala sesuatu pasti dimulai dari niat. Niat adalah keinginan dalam hati untuk melakukan suatu tindakan. Jadi sebelum Anda melakukan sesuatu tindakan pasti diawali dengan niat.

Misalnya ketika Anda berniat untuk jalan-jalan esok hari. Maka kemungkinan besar besok Anda akan meluangkan waktu untuk jalan-jalan. Kenapa hari ini Anda jalan-jalan? karena kemarin Anda telah berniat untuk jalan-jalan kan.

Beda kalo sebelumnya Anda tidak berniat untuk jalan-jalan, mungkin hari ini Anda tidak akan jalan-jalan. Pusing? Sama !

Jadi intinya Anda harus niat. Niat untuk membuang rasa malas pada diri Anda sendiri. Niat untuk mengerjakan pekerjaan Anda secepat mungkin.

Tapi niat juga harus disertai dengan tindakan yang nyata. Sama saja bohong jika Anda berniat untuk tidak malas lagi, namun tindakan Anda justru masih saja malas.

2. Olahraga Teratur

Malas sering dikaitkan dengan tubuh kita yang tidak bugar. Pernah gak Kamu merasa mager (males gerak) karena tubuh ini terasa berat dan pegal-pegal. Hal ini terjadi salah satunya karena kita jarang melakukan olahraga.

Hal ini diperparah karena kesibukan kita sehari-hari yang semakin menggerus jadwal olahraga kita. Yang tadinya rutin berolahraga seminggu sekali, kini ga ada waktu lagi untuk berolahraga. Jangankan pergi main futsal sama teman-teman, ini malah memanfaatkan waktu luang untuk mengganti jam tidur yang terganggu 😀

Oleh karena itu, ada baiknya kita menyisihkan waktu untuk berolahraga. Gak mesti berjam-jam kok, cukup luangkan waktu setidaknya 30 menit untuk lari-lari kecil disekitar komplek rumah.

Dengan rutin berolahraga, akan berdampak pada tubuh kita yang semakin bugar. Alhasil, rasa malas yang tadinya sering kita rasakan kian memudar.

3. Kurangi Bermain Gadget Seperlunya Saja

Ini adalah salah satu alasan terbesar kenapa kita sering merasa malas. Keasyikan main gadget entah itu bermain game atau sekedar membuka media sosial nyatanya berdampak pada rasa malas yang akan kita rasakan.

Coba perhatikan saat Kamu asyik bermain gadget. Kamu mungkin akan lupa waktu dan lupa segalanya. Apalagi main gadget itu bisa dimana pun, bahkan ditempat tidur sekalipun.

Setelah kita bermain gadget, entah kenapa tubuh kita sering merasa lemas. Hal ini mungkin dikarenakan kita sudah menghabiskan banyak energi untuk bermain gadget, bisa karena memikirkan status yang ingin diposting, atau memikirkan strategi saat bermain game.

Keseringan bermain gadget juga tampaknya tidak bagus untuk kamu yang ingin menghilangkan rasa malas. Oleh karena itu, kurangilah waktu Anda untuk bermain gadget.

4. Membuat Target yang Ingin Diraih

Cara mengatasi rasa malas selanjutnya adalah dengan cara membuat target yang ingin kita raih. Kita harus membuat target yang harus kita capai. Target yang jelas akan membuat Anda memiliki kepastian dalam hidup ini.

Misalkan resolusi Anda tahun ini adalah bisa membeli rumah sendiri. Maka dampaknya adalah mungkin Anda akan bekerja dan berusaha mati-matian supaya target Anda untuk bisa punya rumah sendiri bisa tercapai.

Contoh lainnya adalah Anda membuat target “Saya harus menyelesaikan semua pekerjaan sebelum sore hari”. Secara tidak langsung, pikiran bawah sadar Anda akan merekam bahwa Anda harus mengerjakan itu sebelum sore hari. Dengan target yang jelas, akhirnya Anda bisa menyelesaikan pekerjaan itu sebelum sore hari, atau bahkan telah selesai siang harinya.

Baca Juga: 40 Kata Kata Ingin Berkembang Menjadi Lebih Baik Lagi

5. Berikan Reward Kepada Diri Sendiri

Cara selanjutnya bagaimana cara mengatasi rasa malas adalah dengan cara memberikan reward kepada diri sendiri. Reward adalah hadiah. Maksud dari memberikan hadiah kepada diri sendiri adalah memberi penghargaan kepada diri sendiri setiap kali kita telah mencapai sesuatu.

Hadiah disini bukan berarti hadiah dalam bentuk benda atau apapun itu. Hadiah dalam hal ini adalah bentuk pujian kepada diri sendiri bahwa kita bisa melakukan sesuatu dengan baik.

Pujilah kerjaan Anda sendiri. Jangan pernah bilang bahwa Anda mengerjakan itu dengan tidak maksimal, karena hal ini akan menurunkan tingkat kepercayaan diri Anda untuk melakukan sesuatu selanjutnya.

Dengan memberikan reward kepada diri sendiri. Biasanya akan memotivasi Anda untuk mengerjakan sesuatu lebih baik dan lebih baik lagi.

6. Tengoklah Teman Anda yang telah Sukses

Cara mengatasi rasa malas selanjutnya adalah dengan melihat orang-orang yang telah sukses mendahului Anda. Mereka sukses karena giat dan ulet mengerjakan sesuatu, sedangkan Anda hanya bermalas-malasan gak jelas.

Biasanya hal ini mungkin akan menimbulkan rasa iri dan cemburu. Namun kebanyakan rasa iri itu bersifat baik, yaitu iri yang dapat meningkatkan motivasi kita. “Orang lain aja bisa sukses, aku juga harus bisa sukses?”

Hasilnya, Anda akan lebih giat dan bekerja keras supaya bisa sukses juga sama seperti teman Anda.

Baca Juga: 100+ Kata Kata Mutiara untuk Sahabat Sejati (Terbaik)

7. Jalan-Jalan Sejenak

Kalau memang Anda merasa malas karena lagi bosan dan jenuh, jangan diambil ribet. Apa salahnya Anda berjalan-jalan sejenak demi menghilangkan kejenuhan tersebut. Bisa jalan-jalan di sekitar rumah, sesekali jalan-jalan ke mall, atau nongkrong sama temen di cafe. Ya itung-itung refreshing lah, biar kita lupa dengan beban hidup dan pikiran kita kembali fresh.

8. Terkadang Bermain Game Sesekali juga Boleh

Poin ini adalah lanjutan dari poin ke 7. Kalo misalkan Anda tidak punya waktu untuk jalan-jalan. Anda bisa mengalihkan kejenuhan itu dengan cara bermain game.

Tapi inget. Jangan lupa waktu, dan jangan kelamaan, nanti Anda ketagihan :D. Cukup bermain game hanya untuk menghilangkan kebosanan kita aja. Setelah dirasa baik-kan, segera tinggalkan game yang sedang mainnya dan lanjutkan rutinitas Anda.

9. Regangkan Tubuh Anda

Dalam kasus mager (males gerak), sudah dibilang sebelumnya bahwa tubuh akan terasa sakit semua. Nah untuk mengatasinya, biasakan untuk meregangkan semua tubuh ketika bangun tidur.

Meregangkan tubuh berfungsi untuk mengencangkan otot-otot tubuh kita yang sebelumnya lemah karena bermalas-malasan. Disisi lain, meregangkan tubuh juga dapat membuat tubuh kita merasa lebih segar.

Hal inilah menjadi alasan kenapa senam itu dilakukan pagi hari bukan sore hari.

10. Jangan Lupa Tidur 8 jam ya

Cara mengatasi rasa malas terakhir adalah dengan cara mencukupi tidur sekurang-kurangnya 8 jam sehari.

Posisikan dirimu jika kamu kurang tidur atau sering begadang tiap malam. Pastinya pada siang harinya, kamu akan merasa lemes dan malas. Ditambah ngantuk terus-menerus pengennya mau tidur terus.

Tidak hanya memberikan energi lebih. Menurut sebuah penelitian, tidur yang cukup juga dapat meningkatkan daya ingat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kesimpulan

Selain sifat manusiawi, malas erat kaitannya dengan gaya hidup. Seseorang dengan gaya hidup yang disiplin, ulet, dan pekerja keras sangat jarang untuk dihinggapi rasa malas. Walaupun demikian bukan berarti loh rasa malas itu tidak bisa dihilangkan, tergantung kemauan kita untuk berubah dengan cara meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk. Semoga Bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here