6 Cara Menghasilkan Uang dari Instagram Bahkan Tanpa Modal Sekalipun

0
Cara Menghasilkan Uang dari Instagram

Sekarang sudah banyak sekali cara menghasilkan uang di media sosial berbasis gambar (foto), dan video singkat. Khususnya pada media sosial yang lagi eksis yaitu Instagram. Menurut data terakhir pada 2018 , pengguna media sosial yang juga populer dengan singkatan IG ini sudah mencapai lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia. Hal ini membuat Instagram menjadi tools untuk memasarkan produk yang sangat efektif.

Dengan pengguna aktif yang begitu banyak, sebagian orang memanfaatkannya sebagai peluang bisnis untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Nah bicara tentang gimana mendapatkan uang dari Instagram. Sebenarnya ada beberapa metode. Namun sebelum itu, hal ini juga harus didukung dengan jumlah follower yang banyak. Karena jumlah follower itulah yang akan kita gunakan untuk menghasilkan uang.

Lalu bagaimana sih cara menghasilkan uang dari Instagram? Dari pada penasaran, berikut adalah tips dan cara menghasilkan uang dari Instagram menurut hasil riset dan pengamatan.

1. Menjual produk

Cara yang satu ini adalah cara yang paling umum kita temukan. Sudah banyak sekali seseorang ataupun perusahaan yang memanfaatkan media sosial Instagram sebagai tempat berjualan produknya. Baik produk fisik maupun produk digital.

Produk fisik yang paling laris dijual di Instagram biasanya produk yang berhubungan dengan wanita seperti kosmetik, assesories, dan sebagainya. Namun produk lainnya juga tak kalah laris seperti pakaian, makanan kemasan dan lain-lain. Sedangkan produk digital yang laris dijual di Instagram biasanya berupa ebook, dan juga membership.

Mereka yang tidak punya produk sendiri, biasanya berjualan dengan sistem dropship. Mereka tidak punya produk sama sekali, namun menjual produk orang lain. Jika produk tersebut laku, maka drophipper akan melanjutkannya ke penjual yang sebenarnya. Keuntungan seorang drophipper tergantung dari selisih harga produk antara penjual yang asli dan dropshipper.

2. Menjual Jasa

Selain bisa menjual produk fisik di Instagram, kita juga bisa menawarkan keahlian kita dalam bentuk jasa lho. Sudah banyak sekali orang yang memanfaatkan akun Instagram-nya sebagai media promosi jasa. Lalu jasa seperti apa yang bisa kita tawarkan dan bisa menghasilkan uang dari Instagram? Berikut beberapa jasa yang sering kita temukan di Instagram.

  • Jasa kursus online.
  • Jasa membuat desain (Desain banner, desain logo, dan sebagainya).
  • Jasa membuat website atau blog.
  • dan keahlian lainnya.

3. Menghasilkan uang dari Instagram dengan menjadi Buzzer

Bisnis online yang satu ini cukup banyak dilakukan oleh pemilik akun Instagram dengan jumlah follower yang banyak. Kegiatan Buzzer sendiri adalah serangkaian kegiatan penyampaian informasi secara berulang-ulang. Jika di Instagram, seorang Buzzer bertujuan untuk mempengaruhi followernya agar menggunakan suatu produk. Kemudian pemilik akun Instagram akan mendapat bayaran sesuai kesepakatan bersama.

Biasanya yang membutuhkan jasa Buzzer adalah para pedagang online yang punya sedikit follower. Dengan menggunakan jasa Buzzer, diharapkan akun Instagram pedagang online tersebut bisa mendapatkan follower baru dan akan meningkatkan penjualan mereka.

Menurut informasi dari berbagai sumber, pendapatan seorang Buzzer juga cukup besar. Bahkan perharinya, mereka bisa mendapatkan uang hingga jutaan rupiah hanya bermodal posting di Instagram. Gimana, tertarik?

4. Menjual foto di Instagram

Cara menghasilkan uang dari Instagram yang satu ini mungkin cocok bagi kamu yang hobi fotografi dan sering menghasilkan foto-foto yang bagus. Nah kamu bisa membagikan karya foto di akun Instagram, sekaligus mempromosikan bakat fotografi yang kamu miliki.

Tentunya sebelum membagikan karya foto, kamu harus memberikan watermark terlebih dahulu. Jika ada yang tertarik membeli karya fotomu, maka kamu bisa memberikan foto tanpa watermark. Begitu juga dengan bakat fotografi yang kamu miliki. Siapa yang tahu, kalo saja ada orang yang tertarik menggunakan jasa fotografi kamu untuk keperluan pribadi atau untuk acara formal.

5. Mendapatkan Endorser

Ets, siapa bilang Endorser itu sama seperti Buzzer. Menjadi endorser, itu berarti kamu ada ikatan atau perjanjian sebelumnya. Ya, mirip-mirip kontrak pekerjaan. Sedangkan Buzzer biasanya tidak ada ikatan, hanya ada kesepatakan saja.

Biasanya cara kerja endorsement adalah pemilik akun Instagram akan mendapatkan produk dari sebuah brand. Kemudian tugas endorser akan mereview produk tersebut atau selalu memakai produk itu di tempat-tempat keramaian (Tergantung dari perjanjian yang sudah disepakati sebelumnya.)

Namun untuk mendapatkan endorse itu tidaklah mudah, kamu harus punya akun Intagram yang follower-nya banyak. Selain itu, akun Instagram yang kamu kelola juga harus punya reputasi yang bagus dari segi interaksi follower supaya mudah mengundang para pengiklan.

Bicara tentang pendapatan, seorang endorser bisa meraup uang puluhan hingga ratusan juta rupiah hanya bermodal postingan saja.

6. Menjual akun Instagram

Akhir-akhir ini bisnis akun Instagram cukup marak terjadi, dimana akun yang sudah banyak follower diperjual-belikan. Terlebih permintaan akun Instagram yang punya banyak pengikut semakin banyak saja. Maka tak heran, cara yang satu ini cukup digemari oleh ‘para pencari uang di Internet.’

Harga akun Instagram sendiri tergantung dari jumlah follower akun tersebut. Semakin banyak follower, maka semakin mahal juga akun Instagram-nya. Nah biasanya sebutan bagi para penjual akun Instagram ini adalah ‘peternak akun Instagram.’

Ada beberapa metode yang digunakan peternak akun Instagram mengumpulkan follower, antara lain:

  • Menggunakan aplikasi khusus untuk meningkatkan jumlah pengikut.
  • Membuat akun palsu orang-orang terkenal.
  • Atau akun tersebut memang merupakan akun yang sudah lama dikelola dengan baik.

Akan tetapi, menjual akun Instagram juga cukup banyak resikonya. Baik resiko penjual maupun resiko pembelinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here