10 Cara Menghasilkan Uang dari Internet untuk Anak Muda

5
cara menghasilkan uang lewat internet
cara menghasilkan uang lewat internet

Semakin hari teknologi semakin canggih saja. Di zaman serba teknologi seperti saat ini, mustahil bagi seseorang untuk tidak bersentuhan dengan teknologi secara langsung maupun tidak langsung. Nah salah satu perkembangan teknologi adalah munculnya Internet. Seseungguhnya Internet di ciptakan untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia.

Dengan adanya Internet, kita nyaris bisa melakukan apa saja, seperti tak ada batasan antara ruang dan waktu. Contohnya ketika Anda mencari informasi melalui Internet, Anda cukup bermodal smartphone saja kemudian duduk santai di atas sofa nyatanya sudah bisa memberikan dan mendapatkan informasi dengan cepat, mudah, dan tentunya murah kepada orang lain.

Selain bisa bertukar informasi dengan cepat, Internet juga bisa di manfaatkan untuk keperluan mencari uang, kegiatan mencari uang lewat Internet sering disebut dengan usaha online atau online shop. Banyak yang mengira merintis bisnis online itu keuntungannya tak menentu, apalagi usaha online juga dirasa memerlukan modal yang cukup besar. Namun pada kenyataannya itu salah besar.

Bisnis online ternyata bisa memungkinkan Anda menghasilkan pendapatan yang lumayan besar. Anda bisa perhatikan perusahaan-perusahaan yang menjual dagangannya sekarang tak lagi mengandalkan promosi secara manual, namun telah bergeser ke media sosial karena memang mereka telah mengetahui potensi Internet sangat besar dalam kesuksesan mereka di masa depan.

Kemudian. Bisnis online bisa Anda manfaatkan untuk menambah pendapatan pribadi, istilahnya kerjaan sampingan. Namun jika Anda menekuni bisnis online yang sedang Anda bangun, tak menutup kemungkinan bisnis online tersebut menjadi kerja utama Anda untuk menghasilkan uang.

Sudah banyak bukti mereka yang berhasil mendapatkan jutaan hingga puluhan juta per bulan dari bisnis online, dan tentunya hal ini mengalahkan gaji karyawan di kantor. Mungkin mendengar hal tersebut, banyak yang menjadi tergiur dengan bisnis online ini.

Lalu pertanyaannya. Bagaimana membangun bisnis online dari nol dan menghasilkan uang dari Internet ? Sebenarnya hal ini cukup mudah bagi Anda yang paham dengan internet marketing, namun cukup sulit bagi seorang pemula. Berikut ini adalah beberapa metode tentang cara menghasilkan uang dari Internet.

1. Toko Online

Cara pertama adalah Kamu bisa membuka sebuah toko online. Jika Kamu sebelum telah memiliki usaha secara ofline. Tidak ada salahnya Kamu membuka toko online untuk meningkatkan keberadaan produk kamu. Karena ruang lingkup antara toko online lebih luas ketimbang ruang lingkup toko ofline. ya setidaknya bisa promosi produk Anda ke dunia secara gratis.

Anda bisa memanfaatkan platform ecommerce berbasis C2C atau (Customer to Custemer) seperti Tokopedia dan Bukalapak. Dua situs ini memungkinkan seller atau reseller untuk membuka toko online mereka secara gratis.

Baca Juga: Kisah Sukses dari Pendiri Tokopedia – William Tanuwijaya

2. Menjadi Reseller dan Dropshiper

Cara kedua adalah menjadi seorang reseller dan dropshiper. Sebenarnya poin ini adalah lanjutan pada poin pertama. Menjadi reseller atau dropshiper adalah metode bisnis online yang cukup populer bagi para remaja khususnya mahasiswa, karena biasanya hal ini tidak membutuhkan modal yang besar dan bahkan tidak ada modal sama sekali, hanya bermodalkan promosi-promosi semata.

Reseller adalah mereka yang mengambil barang milik orang lain kemudian menjualnya kembali. Jadi sistemnya, reseller akan membeli barang dari pemasok utama kemudian menjualnya dengan harga yang lebih mahal.

Sedangkan Dropship adalah mereka yang tidak punya stok barang sama sekali. Dropship akan mempromosikan barang-barang supplier kepada orang banyak. Ketika ada pembeli yang memesan, maka Dropship akan meneruskannya ke penjual yang sebenarnya. Keuntungan seorang Dropship tergantung selisih harga antara supplier dan dropship.

3. Jasa Online

Ide bisnis online selanjutnya adalah menawarkan jasa secara online. Saat ini sudah banyak aplikasi gratis yang memungkinkan penggunanya bisa menawarkan jasa-jasa mereka secara online. Misalnya aplikasi ojek online, dan sebagainya.

Jadi, jika Anda memiliki skill atau keahlian – apapun itu – Anda bisa menjualnya secara online. Anda bisa memanfaatkan blog, forum, aplikasi, bahkan media sosial kepada orang yang benar-benar membutuhkan jasa dari Anda. Manfaatkanlah potensi dari skill Anda untuk menambah penghasilan pribadi.

4. Melalui Blog/Website

Seperti yang Anda lihat di beberapa blog atau website yang pernah Anda kunjungi, mungkin Anda pernah menemukan kotak-kotak iklan. Salah satu income yang di dapat para pengembang blog adalah dari adanya space iklan yang diberikan.

Sebenarnya para pengembang blog tidak menyebut ini sebuah penghasilan, namun lebih suka menyebutnya “upah keringat”, karena seperti yang kita ketahui untuk membangun website dari nol sampai mempunyai trafik yang tinggi itu tidaklah mudah.

Selain itu modal yang harus dikeluarkan juga tidak sedikit, developer harus memikirkan biaya server, maintenance, dan sebagainya. Tidak jarang penghasilan yang mereka dapatkan dari space iklan tidak sebanding dengan pengeluaran mereka untuk menghidupi website.

Namun kalo kamu ingin menjadi seorang blogger, kamu bisa memanfaatkan cms gratis seperti blogger.com. Kamu tidak usah pusing-pusing memikirkan biaya server dan sebagainya, karena semuanya dikendalikan oleh Google sebagai pemilik blogger.com, dan tentunya gratis hanya bermodal akun gmail saja.

Untuk penghasilannya, Kamu bisa memanfaatkan jaringan periklan seperti Google Adsense, dan jaringan iklan lainnya.

5. Mitra Situs

Jika kamu hobi menulis dan tidak bisa membangun sebuah blog, kamu masih bisa memanfaatkan hobi menulis tersebut untuk mendapatkan penghasilan dengan cara bergabung sebagai mitra dari pemilik situs. Kamu bisa membuat sebuah konten seperti, tulisan, video, gambar, foto, kepada pemilik situs untuk di publish di situs mereka. Banyak sekali situs-situs yang menawarkan hal ini.

Ada beberapa metode penghasilan yang biasanya didapat kontributor situs, antara lain.

  • Dari jumlah visitor yang melihat konten: Anda akan dibayar sebanding dengan seberapa banyak pengunjung situs melihat konten Anda.
  • Dari jumlah artikel: Anda akan dibayar tergantung seberapa banyak artikel dan jumlah kata yang di publish di situs mereka.

6. Membuat Aplikasi

Jika Kamu kebetulan paham pada bidang IT khususnya mengerti tentang programming, maka kamu bisa memanfaatkan hobi atau skil ini sebagai celah untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Kamu bisa menciptakan sebuah aplikasi sederhana namun bisa bermanfaat bagi banyak orang. Aplikasi apa ? Contohnya sederhana saja, aplikasi game mungkin terlihat simple namun disukai semua orang. Tak selamanya kan kamu bermain game punya orang, sesekali mulailah ciptakan game sendiri.

Untuk penghasilannya, kamu bisa bermitra sama Google dengan cara mendaftar di admob, sebuah jaringan periklanan aplikasi mobile milik Google, ini mungkin hanya bersifat sementara. Karena jika aplikasi Anda banyak yang download, maka pengiklan akan datang kepada Anda dengan sendirinya.

7. Melalui Youtube

Media sosial ini mungkin menjadi tempat hiburan. Tapi, dibalik itu semua, Anda juga bisa menggunakannya untuk mencari uang dan mendapatkan penghasilan tambahan.

Untuk langkah pertamanya. Anda harus mendaftar akun youtube, setelah itu upload video-video yang sekiranya menarik perhatian penonton. Jika channel youtube Anda sudah besar dan mempunyai subscribe yang banyak, Anda bisa mempertimbangkan untuk mendaftar Google Adsense untuk mendapatkan penghasilan dari video Anda.

Baca Juga: 17 Cara Positif Menjadi Seorang Youtuber dari Nol sampai Berpenghasilan

Pendapatan yang dihasilkan youtuber sebanding dengan jumlah vidoe yang ditonton. Dan ketika penghasilan Anda sudah mencapai ambang batas pembayaran, Youtube akan mentransfer penghasilan itu ke rekening bank milik Anda.

8. Melalui Media Sosial

Cara selanjutnya adalah memanfaatkan media sosial untuk menambah penghasilan. Media sosial tidak selalu identik dengan tempat berbagi atau tempat curhat saja, namun lebih dari itu. Media sosial bisa menjadi ladang uang yang suatu saat bisa kita panen.

Jika kebetulan Anda punya akun media sosial yang memiliki teman atau pengikut yang banyak, kamu bisa memanfaatkan media sosial itu sebagai peluang untuk menjaring iklan, atau istilah kerennya “endorse”. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk promosi produk buatan kamu sendiri.

9. Mengikuti Survey Online

Cara lain untuk menghasilkan uang dari Internet adalah dengan mengikuti survei online. Bayangkan hanya mengisi pertanyaan-pertanyaan saja, anda bisa mendapatkan uang. Dan saat ini sudah banyak penyedia survei online yang ada di dunia maya.

Dari setiap survei yang kamu jawab, maka kamu akan mendapatkan “upah” sekian rupiah atau dolar tergantung dari penyedia layanan survei. Apalagi jikalau Anda memang  memiliki latar belakang yang pas dari “apa yang di surveikan”, tentu data-data dari Anda menjadi nilai tambah bagi si penyedia survei.

Kesimpulan

Sebenarnya banyak sekali peluang untuk mendapatkan uang dari Internet. Bahkan cara yang negatif atau tidak baik pun ada !, seperti betting atau sejenisnya. Namun bijaklah menentukan bisnis online apa yang Anda pilih, jangan sampai suatu saat nanti kita justru menyesal dengan apa yang telah kita lakukan.

5 KOMENTAR

  1. Selamat Siang. Dari Google saya terdampar ke blog ini, setelah
    saya baca-baca ternyata kontennya cukup bagus dann banyak artikel-artikel yang
    sangat bermanfaat. Mohon Izin membookmark dan sharing beberapa artikel ke sosial media
    saa ya supaya biar blog anda tambah banyak pembacanya.
    Harapan saya agar di update terus ya blognya.Terima Kasih, Salam

    • Terima Kasih atas dukungannya. :’)

  2. Bagus sekali srtikelnya bos, dapat menambah lagi wawasan kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here