6 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat, Alami, Dan Ampuh Tanpa Efek Samping

cara menghilangkan jerawat
Image: safeguard.ph

Jerawat jadi masalah yang seringkali muncul pada wajah. munculnya jerawat tentu akan menjadi hal yang kurang menyenangkan entah itu bagi para pria atau wanita. Sebenarnya jerawat merupakan sebuah penyakit dimana kulit memproduksi minyak secara berlebih.

Sekalipun bukan penyakit kulit yang membahayakan, namun tetap saja akan mengganggu dan memberikan rasa tidak nyaman pada penderitanya. Apalagi jika jerawat cukup bandel yang banyak tumbuh ditempat yang tidak diinginkan seperti wajah dan tidak mudah untuk dihilangkan. Sebenarnya beberapa bahan alami dapat mengatasi jerawat, namun anda harus rutin melakukan perawatannya dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Berikut ini cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami tanpa efek samping.

1. Menggunakan soda kue

Kaum wanita pasti sudah tidak asing dengan soda kue yang sering sekali jadi bahan masakan. Ternyata soda kue juga dapat membantu mengatasi jerawat yang membandel sebab soda kue memiliki manfaat untuk menyeimbangkan pH dan mencegah jerawat datang kembali.

Caranya cukup dengan menggunakannya sebagai masker. Campurkan 2 sdm sode kue dan air hangat hingga mengental. Bersihkan wajah anda terlebih dahulu dan gunakan sebagai masker secara merata. Diamkan selama 15 menit, kemudian bersihkan menggunakan air hangat. Menggunakan soda kue bisa anda gunakan 1 kali dalam seminggu secara rutin sampai jerawat benar-benar hilang dan produksi minyak di wajah anda berkurang.

2. Menggunakan alpukat

Seperti yang kita tahu bahwa alpukat memiliki banyak sekali manfaat dan ternyata salah satunya dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Di dalam alpukat ada banyak kandungan vitamin E yang akan meredakan peradangan kulit karena jerawat. Alpukat akan lebih ampuh lagi jika dipadukan dengan madu yang mengandung hydrogen peroksida dimana sifatnya adalah anti bakteri.

Caranya, ambil sebagian alpukat dan tumbuk sampai halus. Tambahkan 1 sdm madu, campur sampai jadi satu. Kemudian bersihkan wajah dengan cara mengoleskannya pada wajah seperti menggunakan masker. Diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air hangat.

3. Menggunakan yogurt dan madu

Madu merupakan bahan alami yang cukup berpengaruh besar untuk mengatasi jerawat membandel. Selain dapat dikombinasikan dengan alpukat, ternyata madu juga bisa digunakan bersamaan dengan yogurt. Di dalam yogurt ada bakteri baik, asam alfa hidroksi, dan juga asam laktat yang akan membantu mengangkat sel kulit mati yang telah menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

Caranya, campurkan 1 sdm madu dengan 2 sdm yogurt, kemudian aduk-aduk sampai rata. Bersihkan wajah terlebih dahulu kemudian oleskan secara merata seperti menggunakan masker. Diamkan selama 15 menit agar kandungan dapat bekerja, setelah itu anda bisa membilasnya menggunkan air hangat.

4. Menggunakan Lemon

Sudah bukan rahasia bahwa lemon dapat membantu menghilangkan jerawat dengan ampuh. Lemon juga sering dijadikan sebagai bahan dasar beberapa produk kecantikan untuk perawatan wajah. Hal ini dikerenakan lemon memiliki kandungan asam askorbat-L yang akan membantu mengurangi peradangan pada kulit yang berjerawat dan juga akan membantu membersihkan pori-pori wajah.

Caranya, sediakan 1 lemon segar dan potong menjadi dua, kemudian ambil sari lemonnya saja. Bersihkan wajah anda dan oleskan sari lemon tersebut pada kulit anda secara merata. Diamkan selama 15 menit atau sampai benar-benar kering. Bilas menggunakan air hangat agar kulit anda terasa lebih tenang.

5. Menggunakan pisang dan kunyit

Selanjutnya, anda bisa menggunakan pisang yang dipadukan dengan kunyit agar jerawat anda lekas hilang. Pisang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, kemudian vitamin E, dan juga potassium yang akan membantu mencerahkan wajah dan juga melembabkannya. Ada juga kandungan lektin yang akan melawan bakteri penyebab jerawat. Sedangkan pada kunyit ada kandungan kurkuminoid yang akan meredakan peradangan.

Caranya, haluskan satu buah pisang sampai benar-benar lembut. Tambahkan ½ sdm bubuk kunyit dan aduk sampai benar-benar rata. Jika sudah anda bisa membersihkan wajah, kemudian aplikasikan pada wajah secara merata seperti menggunakan masker. Diamkan 15 menit kemudian bilas wajah anda menggunakan air hangat.

6. Menggunakan bawang putih

Bawang putih merupakan bahan alami yang sering digunakan untuk memasak, namun siapa sangka bahwa bawang putih juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat. Bawang puth memiliki kandungan anti jamur, antioksidan, antiseptik, dan juga antivirus yang akan bekerja maksimal untuk menghilangkan jerawat anda dari kulit wajah. Selain itu, bawang putih ternyata juga mengandung sulfur yang  akan membunuh jerawat.

Caranya, sediakan 1 siung bawang putih dan potong jadi dua bagian. Bersihkan wajah anda dan gosokkan bawang putih tersebut pada kulit yang memiliki jerawat. Diamkan selama 15 menit dan anda bisa membilasnya dengan menggunakan air yang hangat.

Cara menghilangkan jerawat secara alami di atas memang cukup ampuh dan tidak memberikan efek samping yang berbahaya. Pastikan anda menggunakan satu cara secara rutin terlebih dahulu. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here