10 Cara Menjadi Pribadi yang Menarik dan Disukai Banyak Orang

0
cara menjadi seseorang yang menyenangkan
seseorang yang menyenangkan

Setiap manusia memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Disisi lain, sulit bagi kita untuk mengenal bagaimana pribadi seseorang yang sesungguhnya, ada yang menarik, menyenangkan, pendiam, atau yang suka menyendiri. Namun kepribadian yang paling banyak disukai oleh orang banyak adalah kepribadian yang menarik dan menyenangkan.

Sesungguhnya kata menarik dan menyenangkan itu mempunyai arti yang cukup luas, dimana seseorang yang mempunyai pribadi seperti ini cenderung punya sifat yang ceria dan humoris. Dan juga, orang-orang yang menarik dan menyenangkan juga terlihat banyak teman, banyak relasi, dan dimudahkan kehidupannya karena banyak orang-orang peduli dengannya yang bersedia membantu.

Terlepas dari hal itu, kebanyakan dari kita menganggap untuk menjadi seseorang dengan pribadi yang menarik dan menyenangkan itu cukuplah sulit, apalagi jika kamu memang seseorang yang lebih nyaman sendiri, atau sulit untuk bergaul.

Namun dengan begitu, bukan berarti juga kamu tidak bisa berubah dan meninggalkan sifat yang menurut kamu membosankan itu. Karena kamu bisa belajar secara perlahan untuk menjadi seorang yang menarik dan menyenangkan supaya kedepannya kepribadian kamu menjadi lebih baik lagi.

Berikut ini adalah 10 cara dan tips bagaimana menjadi seseorang dengan kepribadian yang menarik dan menyenangkan.

1. Kenali Kepribadian Orang lain

Sudah disinggung sebelumnya bahwa kepribadian seseorang itu berbeda-beda. Dari hal ini, terkadang kita salah mendefinisikan kepribadian dan suasana hati orang itu seperti apa.

Contoh simplenya. Ketika seorang teman yang sedang tidak mau diganggu. Pada saat itu, mungkin bukanlah saatnya bagi kamu untuk menjadi orang yang menyenangkan walaupun tujuannya hanya ingin menghibur seorang teman.

Kesimpulannya. Sebelum kamu menjadi seorang yang menyenangkan, cobalah untuk memahami karakter lawan bicaramu, pahami watak, dan suasana hati nya terlebih dahulu. Jangan sampai kamu menjadi menyenangkan di waktu yang salah. Contohnya ketika orang lain serius, kamu malah menjadi humoris.

2. Bersikap Ramah

Ramah adalah sikap bersahabat dan merasa senang saat berjumpa dengan orang lain. Ramah disini bisa dalam bentuk apapun, misalnya tersenyum atau bekata-kata yang lembut pada orang lain.

Senyum adalah cara termudah untuk orang lain bisa menilai diri Anda. Coba Anda bayangkan jika bertemu seseorang dengan kesan pertamanya adalah tersenyum. Mungkin Kamu akan merasa senang bertemu dengan orang tersebut bukan.

Sama halnya dengan berkata-kata lembut. Coba Kamu bayangkan jika berbicara dengan orang yang suka berbicara kasar. Mungkin Kamu akan sedikit risih dan tidak nyaman.

Maka dari itu, untuk menjadi pribadi yang menyenangkan, ada baiknya kita untuk membiasakan bersikap ramah kepada orang lain.

3. Selalu Rendah Hati

Tidak ada orang yang suka bertemu dengan orang yang sombong. Jikalau pun ada, mungkin mereka memang sama-sama orang yang sombong.

Kebanyakan orang yang sombong itu cenderung dijauhi orang lain. Karena tidak menutup kemungkinan, orang yang sombong akan merendahkan banyak orang.

Oleh karena itu, hindari pikiran bahwa kamu lebih baik dari yang lain. Karena selalu, orang-orang yang justru tidak mengakui kelebihannya akan disenangi banyak orang.

Belajarlah dari “Tanaman padi yang semakin berisi ia akan semakin menunduk”. Dan walaupun ia menunduk, bukan berarti ia tidak berisi.

Baca Juga: 30 Kata Kata tentang Kerendahan Hati dan menjadi Rendah Hati

4. Selalu Berempati

Bisa memahami perasaan seseorang adalah salah satu cara supaya orang lain senang dengan Anda. Dengan cara apa ? Cobalah untuk bersikap pengertian tentang semua yang sedang dirasakan dan di alami orang lain.

Misalnya ketika orang lain sedang di timpa musibah. Dalam kasus seperti ini, empati terbaik untuk kita lakukan adalah ikut berduka atas musibah tersebut. Bukan malah seakan tidak peduli atau bahkan terlihat gembira melihat orang lain kesusahan.

Anda mungkin harus memahami filosopi “Ketika salah satu anggota tubuh yang sakit, maka semua tubuh akan merasakan kesakitan”.

Dengan mengerti maksud filosofi tersebut, dan menerapkannya di kehidupan yang sebenarnya. Maka tidak ada alasan bagi orang lain untuk tidak menyukai Anda.

5. Selalu Membantu

Ketika ada orang dalam keadaan kesulitan dan butuh pertolongan, yang harus kita lakukan adalah menjulurkan tangan untuk membantunya. Jangan pernah merasa bahwa Anda tidak perlu menolong karena Anda tidak membutuhkan pertolongan orang lain.

Karena hidup ini selalu berputar-putar antara kebahagiaan dan kesedihan. Bisa jadi kan suatu saat nanti Anda akan memerlukan pertolongan orang lain juga.

Namun dengan begitu, ada baiknya memberikan pertolongan itu tanpa ada kata pamrih. Artinya kita ikhlas membantu tanpa ada timbal balik (imbalan) atas pertolongan itu di kemudian hari. Biarkan Tuhan yang membalas kebaikan Anda.

Dengan senang menolong orang lain, apalagi memberikan inisiatif pertolongan tanpa di minta sekalipun, hal ini akan membuat pribadi Anda semakin menarik di mata orang lain.

6. Jadilah Pendengar yang Baik

Terkadang setiap orang pasti punya hal yang ingin mereka ceritakan kepada orang lain. Biasanya cerita-cerita itu berkaitan dengan kegelisahan, kegalauan, bahkan kebahagiaan.

Walaupun kamu sebenarnya ada yang ingin diceritakan juga, namun ada kalanya kita harus lebih memikirkan perasaan orang lain ketimbang apa yang sedang kita rasakan saat ini.

Oleh karena itu, jadilah pendengar yang baik jika ada orang lain yang ingin berbagi cerita. Berikanlah masukan dan saran jika sekiranya memang diminta. Namun jika tidak, dengarkan dan diam-lah. Karena status Kamu di sini hanya pendengar bukan penasihat.

Dan juga, terkadang cerita-cerita tersebut adalah sesuatu yang bersifat sangat pribadi. Tugas kita adalah menjaga semua cerita tersebut dengan baik “Apapun yang terjadi”. Jadikan hal itu sebagai rahasia antara kalian berdua saja.

Dengan melakukan hal ini, tanpa sadar akan membuat orang lain merasa nyaman atas kehadiran Anda, dan juga akan membuat orang lain merasa senang dengan Anda.

7. Bersikap Sopan

Apa yang ada dipikiran Kamu ketika bertemu dengan orang-orang yang tidak sopan. Mungkin kamu akan merasa sedikit tidak nyaman atas kehadirannya. Nah begitu juga yang dirasakan orang lain jika bertemu dengan Kamu yang tidak sopan.

Ada kata kata yang berbunyi “Anda sopan, saya segan”. Kata kata tersebut sangatlah sering kita temukan.

Makna dari kata kata tersebut adalah ketika Anda sopan, secara tidak langsung akan membuat orang lain merasa hormat kepada Anda.

Terkadang manusia itu adalah seorang yang pandai meniru, dalam artian ia akan meniru apa yang ia lihat dan rasakan.

Sopan akan membuat Anda terlihat beretika, berpendidikan, dan menghargai orang lain. Logikanya, ketika Anda sopan kepada orang lain, maka orang lain akan meniru kesopanan Anda.

Maka dari itu, untuk menjadi pribadi yang menarik dan menyenangkan, biasakanlah untuk bersikap sopan kepada orang lain, baik sikap, sifat, dan tutur kata.

8. Dapat dipercaya

Beberapa orang akan memberikan kepercayaan kepada Anda. Tugas Anda adalah menjaga kepercayaan itu dengan sebaik-baiknya.

Jangan pernah sesekali mengecewakan orang yang mempercayai Anda. Karena sulit bagi kita untuk membetulkan gelas yang sudah telanjur retak.

Jadilah orang yang selalu dapat dipercaya, tak peduli apapun amanah dan beban atas kepercayaan tersebut, yang terpenting bagi kita adalah bekerja dengan keras serta konsisten yang kuat untuk terus dipercaya orang lain.

Dengan berpendirian seperti itu, maka membuat orang lain senang terhadap Anda serta membuat orang lain berpikir bahwa Anda adalah orang yang menarik.

9. Jadilah Sosok Humoris

Seseorang yang bisa bikin kita ketawa dan bahagia adalah seseorang yang selalu di cari setiap orang. Dimana orang-orang seperti ini mampu mengubah suasana yang kusam menjadi suasana yang riang dan gembira.

Karakter humoris yang dimiliki seseorang juga terlihat cukup unik, dimana ia tidak akan gampang tersinggung, marah, ataupun baper (bawa perasaan).

Saat diejek dan dikatain pun ia tetap tertawa dan menganggap hal itu hanya gurauan dan canda belaka.

Beruntunglah orang-orang yang mempunyai tipe karakter yang humoris, karena ia pasti mudah mendapatkan teman karena dianggap orang yang sangat menyenangkan.

Baca Juga: 30 Kata Kata Lucu, Kocak, Menghibur yang Bikin Ngakak

10. Menghargai Orang Lain

Ada kata kata mutiara mengatakan “Hargailah orang lain dahulu jika ingin dihargai orang lain”.

Maksud dari kata kata itu adalah terkadang kita hanya ingin meminta orang lain untuk menghargai kita, sedangkan kita sendiri tidak pernah menghargai orang lain.

Jika memang kenyataannya seperti itu, maka jangan pernah menyalahkan siapapun ketika tidak ada orang lain yang mendekati Anda. selalu merasa sendiri, dan selalu berpikir orang lain tidak ada yang peduli, padahal anda sendiri yang seakan tidak peduli dengan orang lain.

Maka dari itu, Buanglah sifat negatif seperti ini, dan mulailah berubah menjadi yang lebih baik lagi. Hargailah orang lain jika ingin dihargai, dan senangilah orang lain jika ingin disenangi.

Kesimpulan

Menjadi seseorang dengan pribadi yang menarik dan menyenangkan itu ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Karena itu semua tergantung pada diri kita sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here