10 Cara Menjaga Hubungan Jarak Jauh (LDR) Agar tetap Harmonis

0
10 Cara Menjaga Hubungan Jarak Jauh (LDR) Agar tetap Harmonis
long distance relatioship

Menjalin hubungan jarak jauh atau long distance relatioship (LDR) bukanlah perkara yang mudah. Kebanyakan dari kita ngeluh dengan status hubungan jarak jauh yang menyiksa, dan tak jarang hubungan jarak jauh itu cenderung di anggap hubungan yang tak akan bertahan lama dan hanya akan selesai di tengah jalan saja. Tapi tunggu dulu, sebelum berpikiran yang tidak-tidak. Ada baiknya kita simak Cara Menjaga Hubungan Jarak Jauh (LDR) Agar tetap Harmonis pada artikel ini.

Memang LDR itu adalah hubungan yang rumit. Walau status jomblo tidak kita sandang, namun kita serasa tak punya pasangan. Ingin rasanya mengakhiri hubungan ini, namun entah kenapa hati ini tak rela dan masih ingin setia. Disisi lain, cara menjaga hubungan jarak jauh (LDR) agar tetap harmonis juga dirasa takkan mudah.

Perlu kesabaran, kesetiaan dan kepercayaan yang tinggi. Apabila dalam hubungan jarak jauh tidak bisa percaya satu sama lain dan menjaga komunikasi dengan baik, maka ujung-ujungnya akan menyebabkan pertengkaran dan salah paham.

Dalam LDR, hal yang paling sulit itu adalah menahan rindu atau menahan untuk tidak bertemu dalam waktu yang lama. Tapi tenang!, kalian bukanlah satu-satunya pasangan yang menjalin hungan jarak jauh.

Masih banyak di luar sana yang melakukan hubungan jarak jauh, dan sampai saat ini hubungan mereka masih awet dan langgeng bahkan hingga ke jenjang pernikahaan.

Malahan tak jarang diantara mereka yang lagi LDR mengaku hubungannya dengan pasangan terasa semakin romantis dan lebih mesra. Hal ini mungkin karena kurangnya waktu bertemu yang menyebabkan perasaan bosan terhadap pasangan jadi berkurang.

Tak perlu menyalahkan keadaan, kalau memang terpaksa harus LDR, ya mau gimana lagi. Jika memang baik bagimu dan baik bagi masa depan kalian berdua, maka LDR bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

Nah untuk kamu yang lagi menjalin hubungan jarak jauh. Berikut ini adalah 10 tips dan Cara Menjaga Hubungan Jarak Jauh (LDR) Agar tetap Harmonis.

 

Cara Menjaga Hubungan Jarak Jauh (LDR) Agar tetap Harmonis

 

1. Buatlah komitmen yang kuat dengan pasangan

Menjalin hubungan LDR itu tentunya berbeda dengan menjalani hubungan yang biasa. LDR itu berarti Anda dan pasangan tak bisa bertemu setiap saat.

Terkadang pasangan yang jauh kerap kali menimbulkan godaan. Ketika Anda lagi kesepian, tak jarang terlintas dipikiran untuk mencari gebetan baru. Sekedar jadi teman curhat atau teman jalan.

Jika ini dibiarkan, maka hal ini akan mengancam hubungan Anda dengan pasangan Anda yang jauh disana. Karena tak ada yang menjamin jika Anda tidak akan mengubah haluan hati seiring dengan semakin dekatnya dan nyamannya Anda dengan gebetan tersebut.

Agar bisa terhindar dari hal-hal itu, Anda harus selalu ingat komitmen bersama pasangan. ingatlah bahwa sudah terlalu banyak pengorbanan kalian berdua. Sangat disayangkan kalau hubungan dengan pasangan rusak hanya karena mengejar kesenangan sementara.

2. Saling percaya satu sama lain

Hubungan yang harmonis pasti dilandasi dengan saling percaya satu sama lain. Apalagi kalau menjalin hubungan LDR, maka kepercayaan wajib diberikan kepada dua belah pihak untuk menjaga kisah cinta kalian tetap awet.

Walau tak bisa bertemu setiap saat, maka satu-satunya cara yang bisa kita lakukan adalah percaya kepadanya. Tentunya Anda juga harus meminta kepercayaan darinya bahwa Anda akan bisa menjaga hati dan perasaannya.

3. Selalu positive thinking

Mengingat jarak yang memisahkan Anda dengan pasangan, pastinya Anda tidak akan tahu persis apa yang sedang dikerjakannya.

Sekalipun Anda tidak mengetahui apa yang sedang dilakukannya atau dia yang hari ini tidak ada kabar sama sekali, Anda harus mencoba untuk selalu mempercayainya.

Jangan selalu negative thinking, karena itu akan membuat Anda semakin gelisah. Berpikir positif lah. Mungkin dia tak sempat memberi kabar karena terlalu sibuk memperbaiki masa depan.

4. Menjaga komunikasi

Cara menjaga hubungan jarak jauh (LDR) agar tetap harmonis yang paling utama adalah selalu menjaga komunikasi. Lah kan jauh! Perlu diketahui komunikasi itu tidak selalu Anda harus bertemu lalu mengobrong dengannya.

Karena memberikan kabar lewat sms, chat, telpon dan video call juga termasuk salah satu cara berkomunikasi.

Bagi Anda yang sedang menjalin hubungan jarak jauh, jangan pernah memutuskan komunikasi dengan pasangan. Sebab ketika LDR yang menyebabkan jarang bertemu, jika komunikasi juga tidak lancar, lalu apalagi yang bisa diharapkan dari hubungan kalian?

Sebisa mungkin luangkanlah waktu untuk memberi kabar. Jangan ada gengsi-ngengsian. Karena terkadang salah satu pihak mungkin merasa ngengsi ngabarin duluan, atau ngechat duluan.

5. Saling pengertian

Hubungan cinta yang baik membutuhkan rasa pengertian. Kita harus yakin bahwa pasangan kita adalah orang yang dewasa. Tidak selalu menuntut harus ada setiap saat, tidak harus bisa menghibur ketika lagi bersedih. Ingatlah keadaan Anda dan pasangan terhalang waktu dan tempat.

Kita harus percaya bahwa pasangan kita disana adalah orang yang berkualitas dan kuat. Dia pasti bisa menyelesaikan semua permasalahan yang ada walaupun tanpa kehadiran dan bantuan dari kita.

Yang hanya bisa kita lakukan cuma memberi semangat dan motivasi kepadanya, dan berharap semuanya bisa baik-baik saja.

6. Selalu mendukung, jangan membatasi

Bentuk dukungan dan supportive dari pasangan sangatlah penting untuk menjaga hubungan jarak jauh. Dukungan mencerminkan bentuk kasih sayang kepada pasangan atau orang terkasih.

Dalam kisah LDR, sangat diperlukan dukungan dalam bentuk apapun. Misalnya memberi semangat, memberi nasihat, mendengarkan keluh kesah, saling menghibur ketika ditimpa masalah dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, support lah pasangan Anda apapun yang ia akan atau sedang dilakukan. Jangan pernah membatasi perkembangannya.

Namun kita juga harus mengawasinya secara tidak langsung, karena bukan tak mungkin pasangan Anda memilih keputusan yang salah.

Baca Juga: 50 Kata Kata Harus Tegas Mengambil Keputusan Hidup

7. Walau jauh, sesekali berikanlah kejutan

Agar hubungan LDR tak cepat merasa jenuh, Anda harus pintar-pintar mencairkan suasana. Salah satu caranya adalah memberikan dia sebuah kejutan.

Perlu diketahui bahwa kejutan itu tidak mesti saat hari-hari spesial kalian berdua saja, seperti Anniversary atau ulang tahun. Tidak harus juga memberi kejutan saat bisa bertemu saja. Kan pasangan kita jauh!.

Cukup beri kejutan yang sederhana, misalnya membuat video pendek kemudian diunggah di media sosial milik kita. Nyatanya itu sudah cukup membuat pasangan kita merasa senang dan bahagia.

8. Sebisa mungkin hindari perselisihan

Yang namanya hubungan cinta memang nggak jauh-juah dari namanya perselisihan. Biasanya perselisihan disebabkan karena berbeda pandangan atau salah satu pihak yang berbuat kesalahan.

Walaupun pertengkaran membuat hubungan Anda menjadi lebih berwarna, namun dalam kisah LDR, ada baiknya kita sebisa mungkin untuk menghidari perselisihan dengan pasangan.

9. Jangan bosen memberikan perhatikan, tunjukan bahwa Anda sangat peduli dengannya

Perhatian menandakan bahwa Anda sangat peduli dengannya. Berikanlah perhatian-perhatian kecil untuk pasangan Anda. Walau terhalang waktu dan keadaan, namun sebagai manusia biasa, pasangan Anda juga butuh yang namanya perhatian dari orang spesial dalam hidupnya, kamu!

Misalnya memberi perhatian seperti, sudah makan belum?, lagi apa?, selamat tidur dan lain sebagainya. Intinya tunjukkan kepadanya bahwa Anda masih peduli dan akan tetap peduli dengannya.

Memberi perhatian adalah salah satu cara menjaga hubungan jarak jauh (LDR) agar tetap harmonis yang efektif.

10. Bersabarlah, yakinlah semua akan indah pada waktunya

Dalam hal apapun juga yang namanya menjalin hubungan jarak jauh memang tidak semudah yang kita bayangkan. Untuk itu perlu kesabaran ekstra menjalaninya supaya hubungan ini bisa tetap harmonis dan selalu terjaga.

Kalian harus sabar menahan kangen, sabar menahan cemburu, sabar ketika lagi bertengkar, sabar menahan rasa curiga, sabar buat bertemu, sabar karena hubungan kalian, dan sabar karena semuanya.

Namun ada sisi positif yang bisa didapatkan, setidaknya kalian bisa menghargai makna dari sebuah kebersamaan. Percayalah semua ini akan indah pada waktunya. Pengorbanan ketika LDR akan semakin meningkatnya kualitas hubungan kalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here