5 Cara Menjaga Pola Makan yang Baik dan Sehat Agar Tubuh Ideal

0
menjaga pola makan

Menjadi sehat merupakan hal yang diinginkan oleh semua orang. Tetapi, tidak semua orang tahu bagaimana caranya menjaga tubuh supaya tetap sehat dan bugar. Menjaga pola makan yang benar merupakan salah satu cara yang cukup penting dalam menjaga kondisi tubuh.

Pola makan yang baik dan teratur akan menjadikan tubuh kita lebih sehat dan bugar. Itu karena makanan merupakan unsur yang penting bagi tubuh. Makanan akan diserap ke seluruh tubuh. Apabila makanannya tidak baik, maka zat-zat yang tidak baik akan dibawa ke seluruh tubuh.

Jika terus dibiarkan, hal itu bisa berakibat fatal bagi tubuh kita. Nyatanya, sampai sekarang masih banyak orang yang salah kaprah dalam menentukan pola makan untuk tubuhnya. Langsung saja kita bahas bagaimana cara menjaga pola makan yang benar supaya banyak orang bisa menerapkan cara yang tepat untuk menjaga kondisi kesehatan tubuhnya.

1. Jangan Lupakan Sarapan

Sarapan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk menjaga stabilitas tubuh. Itu karena dengan kita sarapan, tubuh akan mendapatkan asupan energi yang bisa digunakan untuk beraktivitas hingga siang hari.

Banyak orang yang tidak sarapan hanya karena ingin diet. Padahal, dengan melewatkan sarapan justru akan membuat tubuh semakin gemuk. Karena menurut penelitian, apabila seseorang tidak sarapan maka pada siang hari akan makan lebih banyak daripada orang yang sarapan.

Dampaknya akan sangat bahaya apabila Anda melewatkan sarapan. Salah satu akibat yang cukup mengerikan dari melewatkan sarapan adalah bisa merusak otak. Ketika otak dipaksa untuk bekerja sedangkan tubuh tidak bisa memberikan asupan makanan diakibatkan karena tidak sarapan, maka semakin lama kinerja otak kita akan menurun.

2. Perbanyak Minum Air Mineral

Cara menjaga pola makan yang selanjutnya adalah dengan rutin mengkonsumsi air mineral. Air memiliki peranan penting bagi tubuh, terutama air mineral. Kandungan air pada orang dewasa sekitar 60%. Selain itu, air juga berfugsi untuk mengantarkan zat-zat makanan menuju seluruh tubuh melalui pembuluh darah.

Apabila Anda sering mengkonsumsi air mineral, maka jalan pada pembuluh darah akan lancar sehingga zat makanan akan lebih mudah tersebar. Beda halnya apabila Anda jarang minum air mineral, pasti pembuluh darah akan lebih kental sehingga membuat zat makanan sulit sampai ke organ lain.

Selain itu, dengan memperbanyak minum air mineral bisa mengeluarkan serta melancarkan pencernaan pada tubuh.

3. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Sayur dan buah memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Apabila Anda sedang menjalankan program diet, Anda bisa rutin mengkonsumsi sayur dan buah sebagai camilan. Dengan begitu, Anda akan tetap berada pada kondisi yang tidak lapar tetapi asupan karbohidrat tidak terlalu banyak.

Dengan mengkonsumsi sayur dan buah secara rutin, maka akan melancarakan sistem pencernaan Anda. Bagi Anda yang mengalami konstipasi, sangat dianjurkan untuk memperbanyak makan sayur dan buah.

Selain itu, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah sebelum makan makanan berat seperti nasi. Biasanya, kebanyakan orang mengkonsumsi buah setelah makan nasi dengan alasan mencuci mulut. Hal itu tidak benar adanya. Justru yang lebih baik itu Anda mengkonsumsi buah 30 menit sebelum makan nasi.

Itu karena buah memiliki kandungan gula yang tinggi. Faktanya, gula membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna. Jika Anda makan buah setelah makan nasi, kandungan gizi pada makanan akan kurang optimal saat dicerna pada tubuh.

4. Makan Secara Teratur

Poin yang satu ini cukup penting tetapi sering dilewatkan oleh sebagian besar orang. Dengan menjaga tempo makan yang teratur, maka Anda juga menjaga metabolisme tubuh supaya tetap stabil. Waktu makan yang sangat direkomendasikan adalah jam 7 pagi, jam 12 siang, lalu jam 6 sore.

Jika Anda masih sering menunda makan, maka bisa memicu sakit maag. Itu karena pada saat menunda makan, lambung akan lebih sensitif sehingga asam lambung akan meningkat. Nah, asam lambung itulah yang bisa membuat gesekan antara lambung dengan usus halus. Hal inilah yang menyebabkan penyakit maag muncul.

5. Kurangi Makan Makanan Cepat Saji

Kita masih tetap diperbolehkan makan makanan cepat saji, seperti burger, pizza, mie instant, dan lain-lain. Tetapi, perlu diperhatikan kadarnya dan jangan sampai terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji. Sebaiknya, Anda makan makanan cepat saji maksimal 2 kali seminggu.

Makanan cepat saji itu hanya sebagai makanan alternatif apabila tidak ada makanan lain. Walaupun memang menggoda, tapi Anda harus bisa menahannya. Itu karena banyak kandungan yang bisa merusak tubuh apabila dikonsumsi berlebihan.

Nah, itulah cara menjaga pola makan yang baik dan sehat supaya tubuh menjadi ideal dan tidak mudah terkena penyakit. Kesehatan itu merupakan hal yang sangat penting bagi kita. Maka dari itu, jagalah kesehatan dengan cara menjaga pola makan dan pola hidup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here