10 Cara Ngabuburit yang Asik dan Seru Selama Bulan Ramadhan – Intip Gaes

0
Cara Ngabuburit yang Asik dan Seru Selama Bulan Ramadhan
Nagbuburit yang asik dan seru

Mau ngabuburit sore ini? Banyak sekali aktivitas ngabuburit yang asik dan seru untuk mengisi waktu senggang kita yang tentunya akan membuat puasa kita jadi nggak terasa. Kegiatan menarik seperti apa? Nah kali ini Sepositif akan berbagi tips dan cara bagaimana ngabuburit yang asik dan seru di bulan ramadhan.

Arti kata ngabuburit adalah kegiatan untuk menunggu tibanya waktu sore. Istilah ngabuburit biasanya akan sering terdengar di bulan ramadhan atau menjelang bulan puasa. Biasanya pada bulan ramadhan ngabuburit dilakukan pada waktu sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa. Ngabuburit itu kebanyakan dilakukan oleh kaum milenial hingga anak muda seperti generasi Z yang di isi dengan kegiatan yang bermanfaat.

Lalu saat ngabuburit, aktivitas apa yang sering kalian lakuin? Banyak lah, hal-hal bisa kita lakukan di saat-saat ngabuburit. Tentunya, kegiatan-kegiatan itu selain mengalihkan rasa lapar dan haus, kita juga mungkin akan mendapatkan pahala di bulan suci ini. Seru ya!!

Nah dengan melakukan kegiatan-kegiatan di bawah ini, waktu akan terasa cepat berlalu dan tanpa terasa waktu berbuka puasa telah tiba. Penasaran seperti apa ngabuburit yang asik dan seru itu. Langsung simak aja.

1. Memasak untuk Berbuka Puasa

Memasak Via Unsplash

Kata siapa memasak cuma untuk kaum wanita aja, nyatanya banyak juga laki-laki yang jago memasak. Apalagi anak kos yang tinggal jauh dari orangtua. Mau nggak-nggak dia harus menyiapin makanan puasanya sendiri.

Nah ternyata kegiatan memasak adalah salah satu cara seru ngabuburit di bulan ramadhan loh! Nggak percaya? Coba deh masak di rumah. Nggak mesti masak yang susah-susah, cukup masakan yang simple dibuat aja seperti nasi goreng.

Serunya dimana? Serunya saat kita menyiapin semua bahan-bahan mulai dari nasi, bumbu, telur, dan lain-lain. Belum lagi keseruan ketika kamu meracik nasi goreng saat dimasak. Wah kebayang nggak, waktu kamu akan berlalu dengan sangat cepat.

2. Kegiatan ngabuburit yang asik dan seru dengan Berburu Takjil

Membeli takjil Via Unsplash

Cara asyik ngabuburit selanjutnya adalah dengan cara berburu takjil. Tidak harus menu berbuka puasa semuanya di siapin oleh orang tua, sesekali kamu bisa luangin waktu untuk berburu takjil sendiri untuk berbuka puasa beberapa jam sebelum maghrib.

Biasanya selama bulan ramadhan, hidangan khas puasa seperti kolak pisang atau kurma menjamur dimana-mana. Kamu bahkan bisa dengan mudah menemuinya di daerah komplek rumah atau sekitar perkantoran yang seketika itu juga di sulap menjadi ‘lapak’ takjil sore hari. Banyaknya pilihan takjil pada akhirnya membuat waktu kamu jadi terasa lebih cepat berlalu.

Baca Juga: 10 Kuliner yang Hanya Bisa Kita Temui Saat Bulan Ramadhan – Bikin Ngiler!

3. Mengikuti kegiatan sosial

Memberi takjil gratis Via Unsplash

Sama halnya berburu takjil. Kamu bisa mengikuti kegiatan sosial agar ngabuburit kamu terasa lebih seru dan bermakna. Tidak mesti jauh-jauh, kamu bisa membagikan takjil gratis sesaat menjelang waktu berbuka puasa. Tidak hanya waktu kamu yang terasa lebih cepat berlalu, kamu juga akan mendapat pahala yang besar di bulan yang penuh berkah ini.

4. Berbelanja/Shopping

Shopping Via Unsplash

Hari gini siapa yang nggak suka berbelanja coba? Apalagi bagi kaum hawa, pasti hobi banget shopping kan?. Namun tahukah kamu, berbelanja bisa menjadi cara ngabuburit paling asik selama di bulan ramadhan. Apalagi menjelang hari raya idul fitri. Pastinya berburu baju baru adalah hal yang wajib dilakukan.

Tapi perlu diingat bahwa Kamu tidak boleh menghabiskan uang dalam sekejap mata tetapi kamu juga harus memikirkan untuk berbelanja apa yang kamu butuhkan dan bukan hanya ingin memenuhi hasrat keinginan saja.

5. Ngabuburit yang asik dan seru dengan Main game

Main game Via Unsplash

Main game mungkin adalah kegiatan ngabuburit yang paling menyenangkan sejauh ini. Karena nge-game itu simple, bisa dilakuin di manapun, murah, dan tentunya mengasyikan. Nah sambil berpuasa, kamu bisa bermain game melalui smartphone ataupun pc. Bahkan kamu juga bisa mengajak temen bermain game tradisional seperti main catur, ular tangga, atau monopoli.

Tapi harus diingat juga, main game-nya jangan terlalu lama. Sebab jika kelamaan mungkin membuat puasa kita jadi sia-sia. Cukup beberapa jam saja atau hanya menjelang berbuka puasa.

6. Hunting foto

Hunting foto Via Unsplash

Kalau kamu orang yang suka berfoto-foto atau kamu memang basic nya hobi fotografi, momen ngabuburit di bulan puasa adalah momen yang pas untuk kamu abadikan. Sambil menunggu buka puasa tiba, kamu bisa asyik menyalurkan hobimu dengan mengabadikan momen-momen unik khas Ramadhan kemudian hasilnya bisa kamu pamerin di media sosial milikmu. Asyik kannn!

7. Ngabuburit yang asik dan seru dengan Membaca

Membaca Via Unsplash

Baca buku adalah salah satu cara paling ampuh buat ngabuburit di bulan puasa. Kegiatan ngabuburit seru ini cocok dilakukan jika Kamu sedang lagi males gerak (mager) dan tak ingin jauh-jauh dari tempat tidur. Kamu bisa membaca buku kesukaan seperti novel, komik, atau kamu juga bisa membaca artikel-artikel positif di Internet, kayak artikel punya Sepositif 😊.

8. Nonton film di Bioskop

Nonton bioskop Via Unsplash

Coba cek lagi film apa yang lagi nge-hits di bulan puasa kali ini? Nah kamu bisa tuh ngabuburit nonton film di bioskop saat lagi puasa. Kan lumayan tuh durasinya kurang lebih 2 jam hehe. Apalagi kalau nonton bioskop nya di temenin pacar atau pasangan. Udah.. Puasa kita akan jadi nggak terasa lagi. Tapi sebagai saran aja baiknya nonton film nya menjelang berbuka puasa, atau 2 jam sebelum maghrib tiba biar saat filmnya selesai kamu bisa langsung buka puasa.

9. Dagang

Jualan takjil Via Unsplash

Sembari menunggu waktu berbuka puasa. Lebih baik isi waktu ngabuburit kamu buat nambahin uang jajan! Kamu bisa ajak saudara atau teman-teman untuk jualan atau membuka gerai menu buka puasa, seperti kolak, cendol, es buah atau apapun yang penting halal. Nggak usah takut bakalan rugi atau nggak laku, karena yang namanya rejeki mah nggak akan kemana kan? Yang penting jangan malu-malu, itung-itung buat nambah pengalaman juga. Uang hasil jualan, anggap aja bonus lebihnya!

10. Ngadain Bukber

Buka puasa bersama Via Unsplash

Agar puasa kita di bulan ramadhan kali ini semakin bermakna, kamu bisa ngadain acara buka bersama dengan keluarga atau teman dan sahabat. Ngabuburit sekaligus buka puasa bersama adalah kegiatan yang paling sering kita lakukan di bulan ramadhan. Semakin rame orang yang datang di acara bukber maka semakin seru dan asyik juga ngabuburit kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here