10 CEO Teknologi Dunia yang Drop Out Dari Kuliah Malah Jadi Miliarder

0
10 CEO Teknologi Dunia yang Drop Out Dari Kuliah Malah Jadi Miliarder
ceo dropout malah jadi miliarder

Pada zaman sekarang status pendidikan bukan lagi menjadi penentu kesuksesan seseorang. Anda yang hanya lulusan SMA, bukan berarti Anda tak bisa sukses atau tak bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan seperti halnya orang yang lulusan sarjana. Tidak percaya? Mungkin Anda harus menyimak 10 CEO teknologi dunia yang drop out dari kuliah malah jadi miliarder di bawah ini.

Ada kata kata bijak mengatakan “tuntutlah ilmu setinggi mungkin”. Menuntut ilmu memang penting dilakukan. Namun jika kondisi kita tak memungkinkan untuk menuntut ilmu setinggi langit, itu tidak jadi masalah. Karena tidak semua ilmu harus kita dapatkan di bangku sekolah ataupun universitas.

Pada nyatanya kita hanya mendapatkan 30% ilmu dibangku perkuliahan, selebihnya adalah bagaimana cara kita mengeksplor untuk menambah ilmu pengetahuan.

Jadi jangan berkecil hati jika kalah bersaing dengan orang yang pendidikannya lebih tinggi dari Anda. Walau secara pengalaman Anda kalah, namun jika Anda punya skill dan pengetahuan yang lebih luas dari mereka, maka Anda akan menjadi ancaman nyata untuk orang-orang tersebut.

Sudah banyak kasus orang yang sarjana namun pengangguran, dan sudah banyak juga kita temui orang yang hanya lulusan SMA atau SMP namun telah menjadi Bos dan meraih kesuksesan melebihi orang-orang yang berpendidikan tinggi.

Sama seperti 10 CEO teknologi dunia yang drop out dari kuliah malah jadi miliarder dibawah ini. Mereka tak pernah lulus dari perguruan tinggi karena memilih untuk fokus mendirikan bisnisnya.

Bahkan bisnis rintisan mereka kini telah menjadi perusahaan raksasa yang banyak memperkerjakan orang dengan gelar sarjana dan doctor. Selain itu, kesepuluh CEO tersebut masuk ke dalam list salah satu orang terkaya di dunia versi Forbes.

Langsung saja, berikut adalah 10 CEO teknologi dunia yang drop out dari kuliah malah jadi miliarder.

 

CEO Teknologi Dunia yang Drop Out Dari Kuliah

 

1. Bill Gates – Microsoft

10 CEO Teknologi Dunia yang Drop Out Dari Kuliah Malah Jadi Miliarder
Bill Gates

CEO teknologi dunia yang drop out dari kuliah malah jadi miliarder pertama adalah Bill Gates pendiri Microsoft.

Bill Gates pernah mengenyam pendidikan di Harvard University. Namun sayangnya dirinya harus drop out karena saat itu ia memilih untuk membesarkan Microsoft.

Dan siapa yang menyangka, perusahaan yang ia rintis tersebut mengantarkan dirinya menjadi manusia terkaya di dunia beberapa periode.

Microsoft juga dinobatkan sebagai perusahaan teknologi paling berpengaruh karena produk-produknya yang telah menguasai pasar seperti sistem operasi Windows dan Office.

  • Nama: Bill Gates
  • Ranking Kekayaan versi Forbes: 2 (2018)
  • Estimasi Kekayaan: 90 Miliar USD

Baca Juga: Kisah Inspiratif Sosok Pendiri Microsoft

2. Steve Jobs – Apple

10 CEO Teknologi Dunia yang Drop Out Dari Kuliah Malah Jadi Miliarder
Steve Jobs

Siapa yang tak tahu dengan “Bapak Smartphone” ini. Steve Jobs adalah pendiri perusahaan raksasa perangkat lunak dan komputer, Apple Inc.

Steve Jobs adalah mahasiswa Reed College, di Portland, Oregon. Ia hanya bertahan satu semester saja dan memilih untuk keluar dari Universitas karena merasa tidak cocok dan merasa hanya menghamburkan banyak uang orang tuanya saja.

Meski kini beliau telah meninggal dunia, namun karyanya untuk Apple menjadikan perusahaan ini sebagai perusahaan paling berharga di dunia.

  • Nama: Steve Jobs
  • Ranking Kekayaan versi Forbes: 136 (2010)
  • Estimasi Kekayaan: 5.5 Miliar USD

Baca Juga: Kisah Sukses Pendiri Apple Inc – Mendiang Steve Jobs

3. Mark Zuckerberg – Facebook

10 CEO Teknologi Dunia yang Drop Out Dari Kuliah Malah Jadi Miliarder
Mark Zuckerberg

Anda, Saya dan kita semua pasti memiliki akun media sosial milik Mark Zuckerberg. Ya Mark adalah pendiri media sosial terbesar di dunia saat ini yaitu Facebook. Om Mark juga adalah pemilik media sosial populer lainnya seperti Instagram, Messenger dan Whatsapp.

Kesuksesan karir Mark Zuckerberg ternyata berbanding terbalik dengan study-nya. Mark ternyata tak pernah lulus dari kuliahnya di Harvard University, bahkan ia harus drop out karena terlalu sibuk membangun Facebook.

Kini Mark Zuckerberg menjelma sebagai anak muda paling tajir di dunia karena Facebook. Kekayaannya bertambah setiap detiknya. Uniknya baru-baru ini Mark Zuckerberg akhirnya lulus kuliah karena menerima gelar kehormatan dari Harvard University.

  • Nama: Mark Zuckerberg
  • Ranking Kekayaan versi Forbes: 5 (2018)
  • Estimasi Kekayaan: 71 Miliar USD

Baca Juga: Kisah Inspiratif MARK ZUCKERBERG Pendiri Facebook

4. Evan Spiegle – Snapchat

10 CEO Teknologi Dunia yang Drop Out Dari Kuliah Malah Jadi Miliarder
Evan Spiegle

Evan Spiegle merupakan pendiri sekaligus CEO Snapchat. Media sosial yang sering digunakan kaum anak muda ini ternyata pendirinya adalah orang yang tidak pernah lulus dari kuliah-nya.

Evan Spiegle menuntut ilmu di Stanford University, California, Amerika Serikat. Ide Snapchat lahir ketika Evan mengambil mata kuliah desain produk di Stanford. Dan menjadikan Snapchat sebagai proyek untuk tugas mata kuliah.

Namun pada tahun 2012, Evan malah memutuskan keluar dari Stanford University karena ingin fokus membesarkan dan mengembangkan Snapchat.

Akhirnya pengorbanan dan kegigihan Evan Spiegle berbuah manis. Berdasarkan data yang diperoleh 2018, Snapchat berhasil mengantongi 300 juta pengguna. Sejalan dengan kesuksesan Snapchat, pendirinya yakni Evan Spiegle juga menjadi salah satu miliarder di dunia.

  • Nama: Evan Spiegle
  • Ranking Kekayaan versi Forbes: 527 (2018)
  • Estimasi Kekayaan: 4.1 Miliar USD

Baca Juga: Kisah Inspiratif Pendiri Aplikasi SnapChat – Evan Spiegel

5. Jan Koum – Whatsapp

10 CEO Teknologi Dunia yang Drop Out Dari Kuliah Malah Jadi Miliarder
Jan Koum

CEO teknologi dunia yang drop out dari kuliah malah jadi miliarder selanjutnya Adalah Founder dari aplikasi yang pasti kita pakai sehari-hari, yaitu Jan Koum si penemu Whatsapp.

Pria ini lahir pada 24 Februari 1976 lahir di Kiev, Ukraina. Namun pada usia 16 tahun ia pindah ke Amerika Serikat demi menghindari polemik di negaranya.

Kehidupannya di AS terbilang sangat sederhana. Bahkan ketika ia kuliah, Jan Koum juga harus bekerja di Yahoo! demi menutupi kebutuhan pendidikannya. Ketika sang ibu meninggal dunia, Jan Koum menyerah pada pendidikannya di San Jose University dan lebih fokus untuk bekerja saja.

Pada tahun 2009, ia mundur dari Yahoo! dan mengembangkan aplikasi pengirim pesan bernama Whatsapp. Aplikasi tersebut berkembang cepat yang membuat Google dan Facebook berebut untuk mengakuisisinya.

Kemudian pada tahun 2013, Jan Koum setuju untuk menjual Whatsapp ke Facebook dengan harga US$.19 Miliar atau sekitar Rp.266 Triliun. Hal itu membuat Jan Koum mendadak menjadi miliarder baru.

  • Nama: Jan Koum
  • Ranking Kekayaan versi Forbes: 170 (2018)
  • Estimasi Kekayaan: 9.1 Miliar USD

Baca Juga: Kisah Inspiratif Pendiri WhatsApp – Biografi Jan Koum

6. Larry Ellison

10 CEO Teknologi Dunia yang Drop Out Dari Kuliah Malah Jadi Miliarder
Larry Elisson

Larry Ellison adalah Co-Founder sekaligus CEO perusahaan perangkat lunak database Oracle Corporation. Para pengembang software dan komputer pastinya sudah sangat akrab dengan produk dari oracle.

Salah satu orang terkaya di dunia ini ternyata pernah dua kali drop out dari perguruan tinggi.

Pertama Larry drop out dari University of Illinois, jurusan ilmu Fisika. Tak lama dari itu, Larry kembali mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan kuliah, Larry masuk di Chicago University, Namun lagi-lagi ia harus berhenti kuliah karena masalah biaya.

Ada kutipan dari artikel yang diterbitkan oleh businessinsider.com yang mengatakan:

Jika ia tak mempercayai instingnya dan keluar dari perguruan tinggi, dia mungkin tidak pernah mendirikan Oracle, salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia.”

  • Nama: Larry Ellison
  • Ranking Kekayaan versi Forbes: 10 (2018)
  • Estimasi Kekayaan: 58.8 Miliar USD

Baca Juga: Kisah Sukses Larry Ellison – Pendiri Oracle Corporation

7. Jack Dorsey – Twitter

10 CEO Teknologi Dunia yang Drop Out Dari Kuliah Malah Jadi Miliarder
Jack Dorsey

Jack Dorsey adalah salah satu pendiri sekaligus ketua eksekutif dari Twitter. Media sosial veteran yang berfungsi untuk mengupat sebanyak 280 karakter kata ini masih bertahan dari ketatnya persaingan media sosial.

Namun tahu tidak, sebelum memulai Twitter, Jack Dorsey pernah drop out dari New York University.

Pada  tahun 2000, ia lalu mendirikan sebuah perusahaan yang menawarkan perangkat lunak. Dari sanalah munculnya salah satu ide awal untuk membuat Twitter.

Walaupun awalnya ide untuk memulai Twitter banyak yang mencemo’oh, namun beruntung Jack Dorsey mendapatkan investor dan berhasil menjadikan Twitter bukan lagi sebagai lelucon.

  • Nama: Jack Dorsey
  • Ranking Kekayaan versi Forbes: 766 (2018)
  • Estimasi Kekayaan: 3.1 Miliar USD

Baca Juga: Kisah Sukses dari Pendiri dan Penemu Twitter – Jack Dorsey

8. Michael Dell – Dell Corp

10 CEO Teknologi Dunia yang Drop Out Dari Kuliah Malah Jadi Miliarder
Michael Dell

CEO teknologi dunia yang drop out dari kuliah malah jadi miliarder selanjutnya adalah Michael Dell.

Jika melihat namanya, mungkin kita sudah bisa menebak perusahaan apa yang ia dirikan. Ya, dia adalah pendiri sekaligus CEO dari Dell Inc, perusahaan yang memasarkan perangkat komputer.

Michael Dell kuliah di University of Texas dengan tujuan untuk menjadi seorang dokter, namun Michael memutuskan untuk drop out dari kuliah dikarenakan ingin memulai bisnisnya sendiri, walaupun usianya pada saat itu masih 19 tahun.

Dengan semakin meraksasanya Dell di pasar komputer dunia, menjadikan Michael Dell sebagai salah satu orang terkaya di dunia.

  • Nama: Michael Dell
  • Ranking Kekayaan versi Forbes: 39 (2018)
  • Estimasi Kekayaan: 22.7 Miliar USD

Baca Juga: Kisah Sukses Michael Dell – Pendiri DELL INC (Dell Computer)

9. Elon Musk – SpaceX, Paypall

10 CEO Teknologi Dunia yang Drop Out Dari Kuliah Malah Jadi Miliarder
Ellon Musk

Salah satu orang yang berpengaruh pada bidang teknologi adalah Elon Musk. Namanya mencuat ketika ia mendirikan sistem pembayaran online yakni Paypal.

Elon Musk pengemban pendidikan di University of Pennsylvania dan Universitas Wharton School. Setelah lulus, ia melanjutkan program Ph.D di Stanford University di jurusan fisika.

Namun ia tak pernah menyelesaikan program Ph.D demi mengejar keinginannya untuk berwiraswasta di sektor Internet, energi terbarukan, dan luar angkasa.

Kini ia adalah seorang bos dari SpaceX, Tesla Motors, dan ikut mendirikan PayPal.

  • Nama: Elon Musk
  • Ranking Kekayaan versi Forbes: 54 (2018)
  • Estimasi Kekayaan:19.9 Miliar USD

10. Travis Kalanick – Uber

10 CEO Teknologi Dunia yang Drop Out Dari Kuliah Malah Jadi Miliarder
Travis Kalanick

Travis Kalanick adalah pendiri sekaligus CEO dari perusahaan jaringan transportasi Uber.

Sebelum memulai Uber, Travis kuliah di University of California Los Angeles atau biasa disebut UCLA. Namun dia memilih Drop Out karena lebih memilih fokus mendirikan proyek yang bernama Scour.

Setelah itu pada tahun 2008, Travis Kalanick mendirikan layanan transportasi online yang disebut Uber.

Kegigihannya membesarkan Uber membuahkan hasil ketika Uber kini telah mengekspansi global dengan layanan transportasi online yang memudahkan pekerjaan banyak orang.

  • Nama: Travis Kalanick
  • Ranking Kekayaan versi Forbes: 422 (2018)
  • Estimasi Kekayaan: 4.8 Miliar USD

Baca Juga: Kisah Sukses Pendiri Uber – Travis Kalanick

Nah itulah CEO teknologi dunia yang drop out dari kuliah malah jadi miliarder. Kalo Anda tidak yakin dengan keahlian dan bakat diluar sekolahmu, jangan pernah mengikuti mereka. Karena pendidikan adalah nomor 1. Jika Anda giat belajar dan berdoa, maka kesuksesan akan mengikuti kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here