Jangan Jadi kebiasaan, Ini Dampak Jika Kamu Keramas Tiap Hari

0

Disini ada yang sering keramas tiap hari? Keramas adalah proses membersihkan rambut menggunakan shampo.  Selain itu, keramas juga berfungsi untuk menghilangkan minyak yang berlebihan dan agar rambut terbebas dari namanya ketombe. Karena alasan itulah, banyak diantara kita yang rajin sekali keramas sampai-sampai di lakukan setiap mandi.

Namun sayangnya, pakar-pakar rambut tidak menyarankan kita keramas setiap hari. Sebab, menurut mereka ada dampak yang tidak baik bagi kesehatan kulit kepala dan rambut bila kita keseringan keramas. Apa aja dampaknya? Berikut ulasannya.

Rambut akan memproduksi minyak yang berlebihan.

Rambut akan memproduksi minyak yang berlebihan.
Sumber foto

Dampak pertama bila keramas tiap hari adalah munculnya minyak yang yang berlebihan pada rambut.

Menurut Lynne Goldberg selaku Direktur Klinik Rambut Boston Medical Centre, Amerika Serikat, mengatakan jika terlalu sering keramas, maka kulit kepala akan mengeluarkan minyak berlebih pada rambut.

Khususnya bagi orang yang kulit kepalanya yang memiliki kadar minyak yang banyak. Hal ini akan menyebabkan rambut lepek dan tak jarang mengeluarkan bau yang tidak sedap dan mudah terasa gatal.

Kalau rambut sudah terlalu berminyak, maka rambut akan lebih mudah menggumpal atau menyatu, dengan kata lain sulit untuk diatur. Bahkan kulit kepala akan mudah dihinggapi debu dan ketombe.

Rambut akan lebih mudah kering dari biasanya.

Rambut akan lebih mudah kering dari biasanya.
Sumber foto

Minyak yang dikeluarkan rambut memang berfungsi untuk menyehatkan rambut agar tak kering, dengan catatan rambut tak mengeluarkan minyak berlebihan. Namun di beberapa jenis rambut. Terlalu sering keramas akan menyebabkan rambut kehilangan minyak alaminya. Hal inilah menjadi salah satu penyebab mengapa rambut mudah kering.

Rambut mudah sekali rontok dan patah.

Rambut mudah sekali rontok dan patah.
Sumber foto

Dan dampak terahir adalah bisa menyebabkan rambut mudah patah dan rapuh. Dilansir dari Huffington Post, jika ini dapat karena kandungan sulfat dalam sampo bisa merusak sebum dari rambut. Sehingga rambut akan jadi lebih mudah patah ketika disisir ataupun digaruk. Tapi fenomena ini pada umumnya tidak langsung terjadi. Biasanya dalam jangka waktu dua atau tiga bulan setelah rutin keramas setiap hari.

Dari dampak diatas, akhirnya kita semua pada tahu bahwa keramas tiap hari apalagi keramas setiap kali mandi bisa menganggu kesehatan rambut. Namun dengan catatan, hal ini tergantug dari jenis dan kondisi rambut kita.

Sebaiknya kita harus memperhatikan dan mengenali kondisi rambut kita dan jenis shampoo-nya, sehingga keramas tidak menganggu kesehatan rambut maupun kulit kepala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here