9 Destinasi Wisata Favorit di Baturaja OKU Sumatera Selatan

0
Destinasi Wisata Favorit di Baturaja OKU Sumatera Selatan

Perjalanan ratusan kilometer dari jembatan Ampera akan mengantarkan Anda ketempat wisata indah di Baturaja. Ibukota Kabupaten Ogan Komering Ulu ini (OKU) ini menyimpan banyak destinasi wisata favorit di Baturaja. Salah satunya yang paling terkenal adalah Gua Putri dan Air terjun kambas yang seringkali menjadi daya tarik traveler dalam negeri maupun mancanegara.

Di kabupaten OKU ini, Anda bisa menemukan berbagai macam tempat wisata. Mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya, hingga wisata sejarah. Nah berikut ini adalah 9 destinasi wisata favorit di Baturaja OKU Sumatera Selatan.

 

Tempat Wisata di Baturaja Ogan Komering Ulu

 

9. Bukit lesung bintang

Bukit lesung bintang

Sebagai salah satu taman wisata alam, Bukit Lesung Bintang menyajikan panorama keindahan yang cukup membuat kita terkesan. Wisata alam ini yang terletak di atas Bukit Desa Laya, Kecamatan Baturaja Barat.

Di lokasi tersebut, ada beberapa peninggalan sejarah sebagai bagian dari batu Lesung Bintang. Diantaranya, batu berbentuk lesung bersegi delapan, seperti bintang. Namun seiring berjalannya waktu dan tidak terawat nya Lesung Bintang, maka bentuk Lesung Bintang pun sudah tidak berbentuk bintang lagi.

Dari atas Bukit Lesung Bintang, Anda sebenarnya bisa menyaksikan panorama kota Baturaja. Syaratnya, jangan membuang sampah sembarangan agar jalur menuju puncak tetap bersih. Kesadaran seperti ini tampaknya kurang diperhatikan oleh pengelola wisata bersejarah tersebut.

8. Bukit pelawi

Bukit pelawi

Bukit Pelawi terlekat di Kecamatan Baturaja Barat tepatnya di 4 wilayah desa yaitu Desa Laya, Desa Pusar, Desa Batu Kuining dan Desa Karang Agung. Bukit ini memiliki ketinggian puncak bukit 990 mdpl, yang menjadikan destinasi yang pas untuk berwisata alam sembari menikmati pemandangan kota Baturaja.

7. Air Terjun Mandi Hawa

Bukit pelawi
Foto Kumparan

Objek Wisata selanjutnya adalah air terjun Mandi Hawa yang berada di Kecamatan Lengkiti, 43 kilometer dari Baturaja. Objek wisata ini merupakan sebuah air yang mengalir dengan keindahannya yang di kelilingi banyak bebatuan.

Menurut legenda, objek wisata Air terjun Mandi Hawa merupakan tempat pertempuran perebutan wilayah antara puyang dahan dengan puyang abung. Di sana juga terdapat penimggalan dari pertempuran kedua puyang tersebut diantaranya yaitu Batu Asahan, Kolam Darah, dan Kuburan Puyang.

Untuk menuju lokasi Objek Wisata Mandi Hawa harus melalui jalan setapak sekitar 2 km mengitari tepian sungai saka.

6. Air panas gemuhak

Air panas gemuhak
foto: baturajanyaoku.blogspot.com

Bagi anda yang tertarik berwisata sambil menikmati sensasi air panas alami langsung dari sumbernya, maka air gemuhak adalah tempatnya. Wisata air panas yang terletak di Desa Gunungtiga, Kecamatan Uluogan, Kabupaten Oku. Ini terdapat beberapa sumber air panas yang menyemburkan air panas tiap selang waktu 15 detikĀ  setinggi 3 meter.

Lokasi Air Panas Gemuhak berada pada ketinggian 398 meter di atas permukaan laut, dan berjarak sekitar 6 kilometer dari Desa Gunung Tiga. Jika berjalan kaki, Anda dapat menempuhnya dalam waktu tiga jam perjalanan.

Konon katanya, warga setempat percaya Air Panas Gemuhak bisa mengobati berbagai jenis penyakit kulit. Sumber air panas ini memiliki panas hingga mencapai 97 derajat celcius. Saking panasnya, kamu bisa berwisata sambil membawa bekal telur mentah yang bisa dimasak di sana.

5. Air terjun kambas

Air terjun kambas

Objek wisata Air Terjun Kambas terletak di Desa Ulak Lebar, Kecamatan Ulu Ogan. Tempat ini mempunyai ketinggian 425 meter di atas permukaan laut, sedangkan air terjun kambasĀ  diperkirakan memiliki ketinggian sekitar 50 meter.

Untuk menuju lokasi wisata Air Terjun Kambas, hanya dapat dilakukan dengan berjalan kaki dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dari Desa Ulak Lebar.

Namun disinilah letak keseruannya, dimana kita bisa menyusuri banyak rintangan untuk mencapai titik air terjun. Mulai dari melewati perkebunan rakyat hingga melihat aliran sungai kambas. Namun setelah sampai, kelelahan kita akan terbayarkan ketika melihat keindahan air terjun kambas. Menarik, kan!.

4. Air terjun pungai

Air terjun pungai

Tak jauh dari air terjun kambas, kita juga bisa menemukan air terjun yang tak kalah indahnya. Air terjun itu bernama air terjun pungai dengan ketinggian air terjun sekitar 30 meter. Air terjun ini hanya berjarak sekitar 500 meter dari lokasi wisata air terjun kambas.

Baca Juga: 11 Tempat Wisata di Kota Palembang yang Wajib dikunjungi

3. Gua putri

Gua putri OKU

Gua putri adalah destinasi wisata favorit yang membuat Baturaja dikenal publik. Di gua yang menyimpan peninggalan bersejarah ini, menawarkan banyak sekali wisata, mulai dari wisata sejarah, wisata alam, dan wisata budaya.

Selain itu, sarana di tempat wisata ini juga cukup baik. Mulai dari tempat beristirahat, mushola, tempat bercuci muka (yang konon bisa mencerahkan kulit), dan warung makanan. Terus didukung dengan kondisi Gua Putri juga sangat terawat.

Untuk mencapai Gua Putri, kamu membutuhkan waktu berkendara sekitar 30-45 menit dari Baturaja. Lokasinya terletak di Desa Padangbindu, Kecamatan Semidangaji.

2. Gua Harimau

Gua Harimau OKU
Foto: Republika

Gua harimau terletak di Kecamatan Semidangaji, tak jauh dari lokasi Gua Putri. Selain banyak wisatawan yang berkunjung kesini, tak jarang banyak juga para peneliti yang menjadikan Gua ini sebagai obyek penelitian mereka. Sebab, Gua Harimau atau Situs Padangbindu adalah tempat ditemukannya 78 kerangka populasi Austronesia awal (cikal bakal manusia sekarang).

Masalah fasilitas, Gua Harimau dilengkapi fasilitas tangga permanen yang anak tangganya sebanyak 104. Selait itu, dilengkapi juga anjungan sehingga memudahkan pengunjung melihat.

1. Taman kota

Taman kota Baturaja
Foto: msayidalqberbagi.blogspot.com

Taman kota adalah wujud dari keseriusan pemerintah kota untuk mendukung pariwisata Baturaja. Taman ini dulunya merupakan lapangan sepakbola. Dan masyarakat sekitar menyebutnya lapangan Ahmad Yani.

Keramaian di Taman Kota Baturaja akan nampak menjelang senja hingga waktu tengah malam tiba. Bisa dibilang, Taman Kota adalah pusat kuliner di Baturaja, karena memang banyak sekali pilihan kuliner di sini.

Ada juga beberapa kafe terbuka di sudut-sudut taman yang biasanya menjadi tempat nongkrong anak muda sambil menikmati kopi dan suasana Baturaja. Tak hanya itu, taman ini juga dilengkapi beberapa wahana permainan yang disewakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here