4 Fakta Kebangkitan Sepakbola Asia Tenggara di Asian Games 2018, Indonesia?

0
timnas u23 asian games - Lilipaly
Sumber foto: Tribun

Cabang olahraga paling populer di Asian Games 2018 yakni sepakbola mencatatkan sejarah baru. Sejarah itu dibuat oleh tim-tim Asia Tenggara dimana mereka keluar sebagai juara di masing-masing grup. Bahkan dari 6 grup cabang sepakbola, 3 juara grup di isi oleh perwakilan dari timnas asal Asia Tenggara, yakni timnas Indonesia u23, vietnam u23, dan malaysia u23.

Terukirnya sejarah ini bukanlah tanpa sebab, mengingat timnas yang berasal dari Asia Tenggara seringkali dianggap remeh oleh tim di kawasan ini.

Timnas asal Asia Tenggara di nilai tak ada sejarah kental tentang prestasi di kawasan Asia, dan tak jarang hanya dianggap sebagai pelengkap peserta saja dan menjadi lumbung gol lawan saja.

Namun pada fase grup cabang sepakbola di Asian Games 2018 seolah mematahkan anggapan-anggapan tersebut, timnas asal Asia Tenggara menjelma sebagai kekuatan baru yang tak bisa dianggap enteng lagi.

Bahkan dua raja sepakbola Asia, yakni Korea Selatan dan Jepang, dibuat tersungkur saat melawan timnas asal Asia Tenggara.

Banyak analyst yang mengatakan bahwa momen ini adalah momen kebangkitan sepakbola dikawasan Asia Tenggara.

Nah berikut ini adalah 4 Fakta Kebangkitan Sepakbola Asia Tenggara di Asian Games 2018.

1. Timnas Malaysia U23

Timnas U-23 Malaysia lolos ke babak 16 besar setelah keluar sebagai juara Grup E.

Timnas Malaysia u23 mengawali Asian Games dengan menang melawan kirgistan 3-1. Setelah itu Malaysia dengan mengejutkan menenggelamkan salah satu favorit juara, Korea Selatan dengan skor 2-1, dan di pertandingan terakhir, Malaysia kalah melawan Bahrain 2-3.

Kemenangan atas Korea Selatan menjadi pertandingan yang cukup bermakna bagi timnas Malaysia, Pasalnya timnas Korea Selatan dihuni beberapa bintang dunia dan eks dari Piala Dunia 2018 seperti. Cho Hyun-woo, Hwang Hee-chan, Lee Seung-woo, dan pemain Tottenham Hotspur, Son Heung-min.

Di babak 16 besar, timnas u23 Malaysia berjumpa dengan salah satu macan Asia lainnya yaitu Jepang.

2. Timnas Vietnam U23

Prestasi vietnam u23 juga tak kalah main-main di tahun 2018 ini. Pada perhelatan AFC Asian Cup u23 Championship 2018 di China, timnas u23 vietnam berhasil mencapai babak final walaupun mereka gagal menjadi juara setelah kalah dari Uzbekistan u23 dengan skor 1-2.

Di Asian Games 2018, timnas vietnam u23 juga berhasil keluar sebagai juara grup D setelah menyapu bersih semua pertandingan fase grup dengan kemenangan.

Timnas vietnam berhasil mengalahkan timnas Pakistan 3-0, timnas Nepal 2-0, dan mempermalukan macan Asia, timnas Jepang dengan skor 1-0.

Kemenangan atas timnas Jepang punya kebanggaan tersendiri bagi vietnam u23. Walaupun jepang pada Asian Games 2018 kali ini hanya menurunkan skuat u21, namun kemenangan atas salah satu tim terkuat Asia itu menjadi modal kepercayaan diri yang sangat kuat bagi vietnam u23.

3. Timnas Indonesia U23

Timnas Asia Tenggara ketiga yang menjadi perhatian di Asian Games kali ini adalah timnas Indonesia u23. Skuat garuda muda berhasil keluar sebagai juara grup A setelah mengumpulkan 9 poin.

Indonesia u23 menjadi salah satu tim favorit peraih medali emas cabor sepakbola pada Asian Games 2018. Selain bertindak sebagai tuan rumah yang di dukung ribuan suporter militan, timnas Indonesia u23 juga memiliki pemain yang berkualitas dan memiliki persiapan yang matang.

Pada fase grup, timnas Indonesia berhasil menang atas China Taipei 4-0, kalah dari Palestine 1-2, menang atas Laos 3-0, dan menang atas Hongkong 3-0.

4. Terpuruknya Thailand U23

Fakta yang paling mengejutkan pada pergelaran cabor sepakbola Asian Games 2018 kali ini adalah tersingkirnya timnas u23 thailand.

Disaat timnas asal Asia Tenggara lagi bersinar-sinarnya di Asian Games 2018, Timnas yang dijuluki raja-nya Asia Tenggara ini malah seolah-olah kehilangan taringnya.

Timnas Thailand gagal lolos dari fase grup setelah finish di posisi ke tiga grup B dengan mengumpulkan poin 2, hasil dari dua kali imbang dan sekali kalah. Bahkan Thailand juga gagal mendapatkan 4 kuota posisi 3 terbaik untuk melaju ke babak 16 besar.

Peringkat 3 terbaik grup sepakbola Asian Games

Hasil pada Asian games 2018 ini adalah kemunduran bagi timnas Thailand u23 pada pesta olahraga 4 tahunan ini. Pasalnya pada Asian Games 2014 di Incheon, Timnas Thailand berhasil melaju sampai babak semifinal dan finish di posisi 4 besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here