25 Fakta tentang Android, Sistem Operasi Mobile Sejuta Umat

fakta tentang Andorid

Android adalah sistem operasi seluler paling populer di dunia sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2008. Menurut laporan statista pada quartal ke 2 tahun 2018, Android memegang 88% sebagai operasi sistem smartphone yang paling banyak digunakan. Android unggul jauh dari saingan abadinya yakni IOS yang hanya 11,9%.

Kita semua sadar hampir semua orang di dunia ini menggunakan smartphone Android. Jika kalian membaca artikel ini, maka kemungkinan kalian menggunakan smartphone android. Kalian mungkin berpikir bahwa kalian tahu segalanya tentang android, tetapi ada beberapa fakta menarik dari android yang mungkin tidak kalian ketahui. Nah berikut ini adalah fakta tentang Andorid.

FAKTA TENTANG ANDROID

1. Android awalnya dikembangkan oleh perusahaan bernama Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google. Google kemudian membelinya pada tahun 2005 sebesar $ 50 juta.

2. Andy Rubin, Nick Sears dan Chris White mendirikan Android Inc di California pada bulan Oktober 2003.

3. Awalnya OS Android tidak dirancang untuk pasar smartphone, Android awalnya dikembangkan untuk platform kamera digital.

4. Semua versi Android, kecuali Android 1.0 & 1.1, dinamai dengan nama makanan seperti Jelly Bean (Android 4.1-3), Ice Cream Sandwich (Android 4.0), KitKat (Android 4.4), Lollipop (Android 5.0), Marshmallow (Android 6.0), Nougat (Android 7.0), Oreo (Android 8.0), dan pie (Android 9.0).

5. Nama versi Android memiliki huruf awal sesuai dengan urutan abjad; Astro, Bender, Cupcake, Donat, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat, Lollypop, Marshmallow, Nougat, Oreo, Pie.

6, Pada November 2007, Google meluncurkan sistem perangkat lunak berbasis Linux; OS Android.

7. Smartphone pertama yang menggunakan Android dirilis pada 2008, HTC Dream atau T-Mobile G1.

8. Android memiliki lebih dari satu miliar aktivasi pada perangkat tablet dan smartphone.

9. Android bersifat open-source yang berarti semua orang bisa memodifikasi dan menambahkan fitur di Android.

10. Kata ‘Android’ berarti manusia (pria) berpenampilan robot

11. Andy Rubin memilih nama Android karena kecintaannya pada robot.

12. Perusahaan sekelas NASA juga menggunakan Android. NASA mengirim dua Nexus S yang menjalankan Android Gingerbread ke ruang angkasa untuk menguji sensor NASA di orbit di atas Stasiun Luar Angkasa Internasional.

13. Android tersedia lebih dari 46 bahasa, hal ini memungkinkan aplikasi dapat diproduksi dalam berbagai bahasa untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

14. Pada bulan Oktober 2013, ada lebih dari satu juta aplikasi yang tersedia untuk Android, dan sekitar 50 miliar aplikasi telah diunduh dari Google Play.

15. Android juga digunakan di perangkat lain selain smartphone seperti Google Glass dan Smartwatch.

16. Perkembangan Android di pasar ponsel meningkat tahun 2009 ketika Eric Schmidt, CEO Google kala itu, dipaksa untuk mengundurkan diri dari dewan direksi Apple karena konflik kepentingan dan ketidakmampuannya untuk terlibat dalam perkembangan dan rencana masa depan Apple.

17. Irina Blok mendesain logo Android pada tahun 2007 yang terinspirasi dari simbol manusia yang terdapat di pintu toilet.

18. Pada 2015, sekitar 81,61% dari semua Smartphone yang terjual bersistem operasi Android.

19. Pada 2015, ada sekitar 98,5 juta pengguna smartphone Android di AS dan pada 2016 meningkat menjadi 107,7 juta.

20. Ada 42,38 juta pengguna unik bulanan Facebook yang menggunakan smartphone bersistem operasi Android.

21. Hampir semua aplikasi di Android adalah aplikasi gratis.

22. Logo Android sebenarnya bukan bernama Android, Google secara tidak resmi menyebutnya Bugdroid.

23. Kemunculan Android dianggap sebagai penyebab kemunduran beberapa ponsel besar pada masanya seperti Nokia dan Symbian.

24. Android awalnya diremehkan oleh kompetitornya. Nokia menanggapinya dengan menyatakan: “kami tidak melihat ini sebagai ancaman,” sementara salah satu anggota tim Windows Mobile Microsoft menyatakan: “Saya tidak mengerti, dampak apa yang akan mereka hasilkan.”

25. Samsung memiliki kesempatan untuk membeli Android pada akhir 2004 tetapi melewati kesempatan itu karena mereka anggap Android tidak memiliki potensi menjadi besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here