30 Fakta tentang Apple yang Menakjubkan

0
logo apple

Apple Inc. adalah perusahaan teknologi multinasional yang berpusat di Cupertino, California, yang merancang, mengembangkan, dan menjual barang elektronik, perangkat lunak komputer, dan layanan daring.

Apple Inc. telah menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia, yang menghasilkan miliaran dolar setiap tahun, menyediakan lapangan kerja di seluruh dunia, memperkenalkan teknologi dan produk baru yang menakjubkan. Hal ini membuat Apple memiliki pengaruh yang besar pada bidang teknologi, politik, kehidupan sosial, dan sebagainya.

Mungkin tidak akan pernah habis jika kita membahas semua prestasi yang telah diraih Apple. Namun dibalik kesuksesan Apple, tidak banyak orang yang tahu bahwa perusahaan yang terkenal lewat produk iPhone ini harus melewati rintangan yang teramat sulit, mulai dari melawan pesaing yang sengit, berhadapan dengan peraturan pemerintah, tersandung kasus hak paten, dan lain-lain. Namun rintangan tersebutlah yang membuat Apple semakin meraksasa hingga seperti sekarang ini.

Bagi kalian yang Apple Fanboy, berikut ini beberapa fakta tentang Apple yang menarik.

Fakat Tentang Apple

1. Apple Computers, Inc. Didirikan pada 1 April 1976, dengan produk pertama mereka adalah komputer pribadi Apple Generasi I.

2. Apple awalnya bernama Apple Computer, Inc. selama 30 tahun pertama. Kemudian diubah menjadi Apple Inc. pada 9 Januari 2007. Kata komputer dihapus untuk mencerminkan pasar produk mereka yang semakin meluas.

3. Apple awalnya memiliki tiga pendiri, Ronald Wayne, Steve Jobs, dan Steve Wozniak. Tetapi Ronald Wayne keluar dari perusahaan hanya 12 hari setelah Apple didirikan. Dia menjual 10% sahamnya hanya senilai $ 800 dan tambahan sebesar $ 1.500. Seandainya Wayne tetap bersama Apple hingga saat ini, sahamnya akan bernilai sekitar $ 60 miliar!

4. Merokok disekitar produk Apple dapat menghilangkan garansi.

5. Penawaran umum perdana Apple dilakukan pada 12 Desember 1980. Perusahaan menjual 4,6 juta saham dengan biaya $ 22 per saham.

6. Steve Jobs memberikan iPhone gratis kepada setiap karyawan Apple.

7. CEO Steve Jobs hanya dibayar $ 1 pertahun.

8. Untuk mendapatkan modal mendirikan Apple, pendiri Apple, Steve Wozniak harus menjual kalkulator ilmiahnya.

9. Pada tahun 1985, Wozniak keluar dari Apple.

10. Logo pertama Apple adalah gambar ilmuan fisika, Sir Isaac Newton.

11. Logo Apple kemudian diganti dengan sebuah apel dengan gigitan bergaris warna-warni, Gigitan itu berfungsi untuk membedakannya dengan buah ceri. Steve Jobs mengganti warna pelangi dari logo Apple berwarna putih pada tahun 1997.

12. Bill Gates berinvestasi sebesar $ 150 juta di Apple pada tahun 1997 untuk menyelamatkan Apple dari kebangkrutan.

13. Nama iPod terinspirasi oleh film 2001: A Space Odyssey.

14. Samsung memproduksi Retina Display untuk Apple Ipad.

15. Sebesar $ 125.000 setahun adalah gaji rata-rata karyawan di kantor pusat Apple.

16. Apple berhasil menjual 340.000 unit iPhone per hari pada tahun 2012.

17. Penjualan iPhone mengalahkan semua penjualan produk Microsoft.

18. Di Brazil, Apple tidak bisa memasarkan iPhone-nya karena perusahaan lain bernama Gradiente memiliki hak atas nama iPhone pada tahun 2000, perusahaan Brazil itu merilis iPhone-nya pada tahun 2007, yang berjalan pada OS Andriod.

19. Pada 2011, iPhone menyumbang 40% dari pendapatan tahunan perusahaan. Diperkirakan lebih dari tiga perempat pendapatan Apple berasal dari produk iPhone.

20. Pada 24 Agustus 2011 Steve Jobs mengundurkan diri sebagai CEO dan posisinya digantikan Tim Cook.

21. Pada 5 Oktober 2011, Steve Jobs meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker.

22. Pada kuartal pertama 2014, Apple menghasilkan lebih banyak pendapatan daripada pendapatan gabungan Amazon, Google, dan Facebook.

23. Valuasi perusahaan Apple lebih besar daripada PDB banyak negara, diantaranya Ekuador, Libya, Irak, dan ratusan negara lainnya, dan dikatakan hampir setara dengan PDB Indonesia.

24. Jika Apple adalah sebuah negara, Apple akan menjadi negara terkaya ke-27 di dunia.

25. Saat ini, Apple adalah perusahaan terkaya nomor 9 di dunia, sekaligus perusahaan teknologi terbesar di dunia.

26. Apple adalah merek nomor 1 dunia.

27. Perusahaan ini mempekerjakan 123.000 karyawan dan memiliki 504 toko ritel di 24 negara hingga 2018.

28. Pada Agustus 2018, Apple menjadi perusahaan A.S. pertama yang nilainya di atas US$1 triliun.

29. Hingga Januari 2018, lebih dari 1,3 miliar produk Apple dipakai secara aktif di seluruh dunia.

30. Apple memiliki budaya kerahasiaan perusahaan yang kuat serta tim keamanan anti-bocoran yang beranggotakan mantan karyawan National Security Agency, Federal Bureau of Investigation, dan United States Secret Service.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here