30 Fakta tentang Google, Mesin Pencari Terbesar di Dunia

Fakta tentang Google

Google adalah sebuah perusahaan multinasional yang berasal dari Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih kuliah Ph.D. di Universitas Stanford, dan secara resmi didirikan sebagai perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998.

Google adalah mesin pencari terbesar di dunia sekaligus digadang-gadang menjadi perusahaan mengendali internet dunia. Dengan produk-produknya seperti YouTube, Android, Gmail, Google Maps, dll. Google sudah terintegrasi dengan kuat ke dalam kehidupan kita sehari-hari, dan hampir semua dari kita pasti membutuhkan produk-produk dari Google.

Meskipun produk Google kita pakai sehari-hari, namun belum banyak yang tahu tentang fakta dari Google. Nah berikut ini adalah fakta tentang Google, mesin pencari (search engine) terbesar di dunia.

Fakta tentang Google

1. Google didirikan pada 4 September 1998 oleh Larry Page dan Sergey Brin.

2. Awalnya Google hanyalah proyek tugas kuliah Larry Page dan Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford.

3. Nama awal Google adalah “BackRub” pada tahun 1995. Kemudian para pendiri Google memutuskan untuk mengubah namanya menjadi “Google!” pada tahun 1997.

4. Nama Google merupakan plesetan dari istilah matematika “Googol,” yang merupakan bilangan 1 diikuti oleh 100 angka nol di belakangnya.

5. Halaman web Larry Page di Stanford adalah tautan web pertama yang diindeks oleh Google.

6. Kantor pusat Google disebut Googleplex, yang merupakan kombinasi dari Google + Complex.

7. Google rata-rata mengakuisisi perusahaan baru setiap minggu sejak 2010.

8. Google membeli YouTube pada tahun 2006 seharga 1,65 miliar dolar.

9. Pada awal berdirinya, Google telah mampu mengindeks 30-50 halaman website per detik. Dan hari ini Google mampu mengindeks jutaan halaman website per detik.

10. Universitas Stanford memegang hak paten untuk “PageRank”, algoritma Google, yang merupakan metode untuk mengukur seberapa populernya suatu situs.

11. Ruangan kantor pertama Google adalah garasi sewaan di Menlo Park, California.

12. Pendiri Sun Microsystems, Andy Bechtolsheim, adalah investor pertama Google, yang awalnya menginvestasikan $ 100k di Google.

13. Awalnya, Yahoo! menolak tawaran Google untuk berinvestasi di Google. Namun pada tahun 2002, Yahoo! ingin membeli Google seharga $ 3 miliar, tetapi kali ini, Google menolaknya.

14. Pada 2009, Google menyewa 200 kambing untuk memakan rumput di kantor Google di Mountain View, California.

15. Google membayar Mozilla jutaan dolar per tahun agar Google menjadi mesin pencari default browser web di Mozilla Firefox.

16. Google juga harus membayar Facebook jutaan dolar agar Google bisa mengakses kode profil pengguna, fanspage, halaman Facebook, dll, untuk diindeks di mesin pencari Google.

17. Kata “google” memperoleh tempat di Kamus Oxford Inggris sebagai kata kerja, yang berarti “Cari informasi tentang (seseorang atau sesuatu) di Internet menggunakan mesin pencari Google”.

18. Google Maps menganalisis lalu lintas jalan dengan melacak seberapa cepat perangkat Android bergerak di jalan.

19. Karyawan baru Google dikenal sebagai Nooglers, yaitu kependekan dari “New Googlers”. Agar mudah mengenalinya, mereka diharuskan mengenakan topi khas bewarna biru, kuning dan merah.

20. Google memberikan makan siang gratis kepada semua karyawannya, makanan di kantor Google dihidangkan dengan gaya prasmanan dan karyawan bisa mengambil makanan ringan maupun berat sepuasnya.

21. Makanan ringan pertama yang dihidangkan kepada karyawan Google adalah permen pada tahun 1999.

22. Google memiliki banyak sekali unit bisnis dengan nama besar termasuk sistem operasi Android, Youtube, Gmail, Waze dan Google Maps.

23. Google diperkirakan mengoperasikan lebih dari satu juta server di beberapa pusat data di seluruh dunia.

24. Jika seorang karyawan Google meninggal, pasangan mereka mendapat setengah dari gaji pasangannya selama 10 tahun.

25. Google memiliki lebih dari 70 kantor yang tersebar di 50 negara.

26. Google menerima dan memproses lebih dari 3,5+ miliar permintaan pencarian per hari, dan setara dengan 1,2 triliun pencarian per tahun.

27. Alphabet Inc. adalah perusahaan induk Google yang memiliki situs resmi “abc.xyz”. Para pendiri Google tidak memiliki banyak pilihan karena domain “alphabet.com” telah diambil orang, sehingga mereka memutuskan untuk membuat domain”abc.xyz”.

28. Menurut para ahli, nama domain “abc.xyz” adalah domain yang sangat bagus untuk perusahaan bernama “Alfabet” karena huruf awalnya “a, b, c,” dan diakhiri “x, y, dan z”.

29. Google mempersilahkan karyawannya untuk menyisakan 20% waktu bekerjanya agar bisa mengerjakan proyek pribadi atau usaha sampingannya.

30. Kebijakan itu akhirnya melahirkan beberapa produk baru yang terkenal seperti AdSense, Google News, Gmail, dan Orkut.

31. Alphabet menghabiskan sekitar $ 13,9 miliar untuk kegiatan Litbang (Penelitian dan Pengembangan) selama tahun 2017, ini merupakan anggaran penelitian terbesar kedua setelah Amazon.

32. Google pernah mengalami down selama lima menit pada 16 Agustus 2013, hal ini menyebabkan penurunan aktivitas Internet sebesar 40% persen di seluruh dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here