8 Film tentang Hacker yang Wajib Kamu Tonton

0
film tentang hacker: Who Am I no system is safe

8 Film tentang hacker – Halo genk, kamu tahu istilah tentang hacker? Menurut definisi, hacker adalah seseorang yang berkeinginan mempelajari, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam sistem komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan.

Namun sebenarnya sih dalam ilmu IT, hacker itu baik genk. Dan biasanya hacker juga dikategorikan dalam sebuah pekerjaan untuk mencari kelemahan suatu sistem kemudian menutup kelemahan tersebut dengan ilmu IT-nya.

Yang jahat itu sebenarnya disebut dengan cracker. Mereka yang mencari kelemahan suatu sistem kemudian menerobosnya untuk kepentingan dan keuntungan pribadi maupun kelompok.

Contohnya kamu yang sering pakai software bajakan, biar aplikasinya bisa digunakan dengan baik secara gratis, kamu pasti akan mencari crack software yang bertebaran di Internet. Nah lho! Berarti kita juga termasuk penjahat cyber dong? Bisa dikatakan begitu. Hehe.

Jadi sebenarnya yang jahat itu cracker, namun mindset kita-lah yang selalu mengaitkan hacker sebagai pelaku utama suatu kasus peretasan.

Nah bicara tentang hacker, mereka ini adalah orang-orang cerdas yang sangat ahli dalam bidang jaringan komputer dan pemrograman komputer.

Bagi kamu yang penasaran bagaimana sih cara kerja hacker saat meretas suatu sistem komputer? Atau kamu basic-nya adalah orang IT dan ingin jadi hacker, ada baiknya kamu menonton film tentang hacker di bawah ini supaya kamu tahu bagaimana cara pandang dan pola pikir mereka.

Penasaran!, berikut ini rekomendasi 8 film tentang hacker yang wajib kamu tonton.

 

8 Film tentang Hacker yang Wajib ditonton

 

1. Snowden (2016)

Film tentang hacker yang pertama adalah Snowden. Film ini dirilis pada tahun 2016 dan booming karena diambil dari kisah nyata penghianatan Snowden terhadap Amerika Serikat.

Film yang disutradarai Oliver Stone ini menceritakan tentang Snowden yang berhenti bekerja dari lembaga organisasi mata-mata dan keamanan Amerika, CIA dan NSA.

Setelah kabur, Snowden kemudian membocorkan data rahasia NSA kepada dunia untuk menunjukkan kebusukan lembaga keamanan ini.

Setelah rahasianya terbongkar, pemerintah Amerika Serikat marah dan mengejar Snowden.

Edward Snowden menjadi perhatian dunia setelah mengungkapkan dokumen rahasia Amerika Serikat. Salah satunya adalah AS yang memata-matai pemerintah di banyak negara.

2. Who Am I (2014)

Film ‘Who Am I’ merupakan film hacker yang berasal dari Jerman. Film ini menceritakan sekelompok hacker muda yang menamakan dirinya “CLAY”, grup hacker yang bertujuan mencari ketenaran dunia.

CLAY memiliki 4 anggota yang mana masing-masing anggota mempunyai peran dan keahlian yang berbeda-beda. Di grup ini pula terdapat satu orang bernama Benjamin yang memiliki skill peretas tingkat tinggi karena dirinya mengerti bahasa mesin.

Slogan “No System Is Safe‘ menggambarkan bahwa tidak ada sistem yang benar- benar aman di dunia ini. Aksi yang mencengangkan dari film ini adalah dimana saat CLAY berhasil meretas lembaga keamanan Jerman.

3. BlackHat (2015)

Film tentang hacker selanjutnya adalah film berjudul Blackhat. Film yang dirilis pada tahun 2015 ini menceritakan Nicolas Hathaway (Chris Hemsworth ), seorang ahli IT yang menjadi narapidana.

Nicolas diberi tugas untuk melacak jaringan cybercrime kelas kakap di seluruh dunia. Jika berhasil, maka dirinya akan mendapat imbalan bebas dari hukuman.

Dalam pengejarannya, Nicolas melawati banyak petualangan. Film ini juga mengangkat Indonesia sebagai wilayah tempat berkumpulnya para hacker tingkat tinggi, dan membuat Nicolas terpaksa harus mengejar pelaku sampai ke Indonesia.

4. I.T (2016)

Film IT dirilis pada tahun 2016 dan menceritakan tentang sorang pria bernama Mike Ryan (Pierce Brosnan) yang memiliki istri dan anak yang cantik.

Mike merupakan pemimpin perusahaan penyewaan pesawat dan sedang dalam proses mengubah leasing bisnis penerbangan. Mike juga tinggal di rumah yang mewah dan berteknologi tinggi.

Namun dalam film ini, Mike justru menjadi korban teror cyber oleh konsultan teknologinya Ed Porter (diperankan oleh James Frecheville). Dikisahkan bahwa Ed Porter sangat menyukai anak Mike, bosnya sendiri, namun cinta tersebut tak dapat persetujuan oleh bos nya.

Spontan, Ed Porter yang memiliki kemampuan hacking kemudian meneror bos-nya lewat teknologi. Rumah Mike yang berteknologi tinggi semuanya di hack oleh Ed Porter, Mike lalu terjebak dan dipermainkan di rumahnya sendiri.

Ed juga mengintai anak perempuan Mike, membahayakan istrinya, bisnisnya, bahkan hidupnya lewat teknologi.

Lanjutkan membaca halaman berikutnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here