10 Fitur Tersembunyi Smartphone Yang Bisa Membuat Hidup Kita Jadi Lebih Mudah

10 Fitur Tersembunyi Smartphone Yang Bisa Membuat Hidup Kita Jadi Lebih Mudah

Sejatinya Smartphone Android dan IOS iPhone memiliki begitu banyak sekali fitur yang mungkin tidak semuanya kita pakai. Pertanyaannya, apakah Kamu memakai semua fitur yang ada di ponsel pintar milikmu? Tidak kan. Namun siapa yang tahu kalau fitur-fitur yang jarang atau tidak pernah sama sekali kita gunakan itu mungkin sudah di rancang sedemikian rupa agar bisa memudahkan kehidupan manusia. Dari sekian banyak fitur yang ditawarkan, berikut ini adalah 10 fitur tersembunyi Smartphone yang bisa membuat hidup kita jadi lebih mudah.

1. Aktifkan navigasi di keyboard iPhone.

Aktifkan navigasi di keyboard iPhone.

Baru-baru ini, pengguna Twitter menemukan fitur rahasia iPhone yaitu bisa mengaktifkan navigasi ketika mengirim SMS. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu hanya perlu menekan bagian mana pun dari teks atau chat yang sudah kamu ketik, maka fitur navigasi akan muncul di keyboard iPhone.

2. Temukan ponsel Anda yang hilang.

Temukan ponsel Anda yang hilang

Jika Kamu kehilangan smartphone android atau lupa meletakannya dimana, tenang, kamu ternyata bisa menemukannya dengan mudah. Caranya buka browser dan kunjungi link android.com/find, lalu masukan kata sandi Google kamu, maka kamu akan melihat peta atau maps yang menandakan dimana lokasi ponsel kamu yang hilang tersebut. Selain itu, Kamu juga dapat menelepon atau menghapus semua data smartphone jika diperlukan.

3. Aktifkan pengaturan night mode saat bermain hp di malam hari.

Aktifkan pengaturan night mode

Di Android 7.0, terdapat pengaturan Night Mode. Fitur ini akan menghilangkan cahaya biru berbahaya yang dipancarkan dari layar ponsel mu, dan warnanya akan menjadi lebih lembut dan lebih kekuningan. Kamu bisa mensetting ke Night Mode melalui Pengaturan > Aksesibilitas. Fitur ini berfungsi membuat proses membaca pada malam hari akan lebih nyaman.

4. Bisa Ctrl + Z di iPhone lho.

Ctrl + Z di iPhone

CTRL+Z atau Undo berfungsi untuk membatalkan sebuah perintah yang telah dilakukan, biasanya fitur ini sering kita temukan di PC atau laptop. Namun ternyata fungsi ctrl+z juga tersedia di iPhone lho! Nah jika Kamu secara tidak sengaja menghapus teks, dan ingin mengembalikannya, coba goyangkan iPhone Kamu, kemudian akan muncul popup yang mengatakan “Undo.”

5. Ambil tangkapan layar tanpa menggunakan tombol apa pun.

tangkapan layar tanpa menggunakan tombol apa pun

Biasanya Kita semua mengambil tangkapan layar atau screenshot menggunakan 2 kombinasi tombol. Tetapi tidak banyak orang tahu bahwa Kamu bisa mengambil screenshot hanya dengan menggesekkan telapak tangan di sepanjang layar Smartphone Android. Fitur ini mungkin dinonaktifkan di ponsel Kamu, jadi Kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu di pengaturan, Perangkat saya, aktifkan “Gerakan telapak tangan.”

6. Meningkatkan kualitas koneksi jaringan.

Meningkatkan kualitas koneksi jaringan

Fitur iPhone ini memungkinkan Kamu untuk meningkatkan kualitas koneksi jaringan dengan cara memanggil kode *3370#. Namun perlu diingat bahwa fitur ini membuat baterai smartphone lebih cepat habis. Untuk menonaktifkan fungsi ini, masukkan #3370#.

7. Permainan tersembunyi di Smartphone.

Permainan tersembunyi di Smartphone

Tidak banyak orang yang tahu bahwa Google memasang game tersembunyi di semua jenis Android. Fitur ini bisa Kamu temukan dengan cara memasukkan kode tertentu pada keyboard ponsel. Perlu diingat bahwa setiap versi Android memiliki mini game sendiri.  Untuk mengaktifkannya buka pengaturan, pilih “Tentang Telepon”, klik “Versi Android” beberapa kali dan berulang kali, kemudian tahan jari Kamu.

8. Membuka kunci ponsel dengan hidung.

Sidik Jari

Jika tangan Kamu sedang memakai sarung atau tangan kamu sedang dalam keadaan basah, dan tidak bisa membuka layar ponsel dengan kata sandi, maka solusinya ialah Kamu bisa menambahkan TouchID baru.  Tambahkan Sidik Jari menggunakan hidung atau bagian tubuh yang mudah Kamu jangkau.

9. Jadwalkan ponsel hidup dan mati.

ponsel hidup dan mati

Fitur ini mungkin akan membantu Kamu sedikit menghilangkan kecanduan mengunakan ponsel pintar. Fitur ini juga dapat membantu untuk mengontrol waktu yang dihabiskan anak ketika menggunakan gadget mereka (misalnya, di sekolah dll.) Untuk mengaktifkan fitur ini ialah dengan cara ke Pengaturan > Sistem > lalu pilih ” Scheduled power on & off.” Kemudian pilih waktu untuk menghidupkan dan mematikan Smartphone Anda.

10. Memisahkan keyboard di iPad.

Memisahkan keyboard di iPad

Keyboard yang panjang biasanya tidak memungkinkan kamu melihat seluruh gambar di Smartphone kan. Nah apakah Kamu tahu bahwa ternyata Kamu bisa membagi keyboard di ponsel milikmu? Untuk menggunakan fitur ini, klik papan teks, sentuh dan tahan ikon di sudut kanan bawah, lalu geser ke atas atau ke samping.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here