Pengusaha Wajib Tahu, 5 Fungsi dan Manfaat Blog Bagi Perusahaan

0
Fungsi dan Manfaat Blog Bagi Perusahaan

Apakah Anda berprofesi sebagai pengusaha? Atau baru mau ingin memulai sebuah bisnis? Mungkin Anda membutuhkan blog untuk perusahaan Anda. Lalu apa saja manfaat blog bagi perusahaan. Nah simaklah fungsi dan manfaat blog bagi perusahaan pada pembahasan ini.

Eits,, sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kita pahami dulu tentang definisi blog. Karena tak jarang diantara kita menganggap blog itu sama seperti website. Meskipun hampir serupa, tapi keduanya cukup berbeda lho!.

Website adalah halaman utama yang menampilkan semua layanan atau produk yang terhubung dalam satu domain dan biasanya di kelola oleh individu, perusahaan, institusi, organisasi, dan pemerintah.

Sedangkan blog adalah kependekan dari web log yang berisi opini dan pembahasan lengkap tentang produk atau layanan itu sendiri. Jadi kesimpulannya blog merupakan bagian lain dari website, dan website adalah induk dari blog.

Perusahaan-perusahaan modern saat ini, apalagi perusahaan berbasis online sudah memanfaatkan blog sebagai salah satu strategi bisnisnya. Mengapa? Karena dari hasil pengamatan, blog perusahaan bisa membantu proses bisnis yang sedang terjadi.

Manfaat bisnis seperti apa memangnya? berikut adalah 5 fungsi blog bagi perusahaan.

1. Memperkenalkan produk

Manfaat pertama adalah sebagai media memperkenalkan produk yang ditawarkan. Jika kita amati perusahaan-perusahaan besar saat ini, selain punya website perusahaan, mereka juga punya blog. Website berfungsi untuk menjual produk. Sedangkan blog, dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk tersebut.

Misalnya kalau perusahaan itu menjual produk smartphone, maka blog-nya biasanya akan membahas tentang apa kelebihan produk, bagaimana cara menggunakannya, dan gimana spesifikasinya secara lengkap.

2. Membuat brand Anda lebih dikenal

Manfaat selanjutnya adalah blog bisa meningkatkan jangkauan brand kita. Sebagaimana yang kita ketahui, internet merupakan tempat kita mencari dan mendapatkan suatu informasi dengan mudah dan cepat. Hampir semua orang mencari informasi lewat internet. Lalu bagaimana blog bisa membantu akan hal ini?

Blog bisa membantu jikalau artikel yang ada di blog perusahaan tersebut punya keterlihatan yang baik di mesin pencari seperti Google. Kalau masih bingung memahaminya, saya akan memberikan sebuah contoh yang sederhana.

Ketika kita mencari informasi di Google, misalnya mengetikkan kata “teknologi”, maka artikel kita akan berada pada peringkat pertama di hasil pencarian Google.

Penelitian membuktikan bahwa pengguna internet ketika mencari informasi di Google, mereka cenderung akan mendahulukan website atau blog pada halaman pertama di mesin pencari Google.

Contohnya kalau kamu lagi searching di mbah Google, pasti kamu mendahulukan website yang ada di peringkat pertama kan untuk membaca artikelnya.  Nah begitulah kira-kira.

Lalu apa dampaknya? Semakin banyak artikel blog perusahaan di peringkat pertama mesin pencari, maka dampaknya ialah brand anda akan semakin terkenal. Apalagi kalau nama brand sama seperti nama domain website Anda. Misalnya brand namanya sepositif dan nama domain Anda juga sepositif.com.

Tentunya untuk menjadi peringkat pertama di mesin pencari Google, Anda sebagai pengelola harus memahami metode Search Engine Optimization. Cari aja metodenya di Internet.

3. Peningkatan penjualan

Kemudian adalah blog bisa meningkatkan penjualan produk perusahaan kita. Kok bisa? Ya bisalah. Seperti yang disinggung sebelumnya bahwa blog itu bisa memperkenalkan produk Anda. Lalu gimana caranya meningkatkan penjualan?

Biasanya perusahaan akan membuat artikel pada blognya yang membahas sebuah permasalahan. Ditengah-tengah artikel, biasanya akan ada rekomendasi iklan tentang produk mereka. Nah hal itu akan meningkatkan penjualan perusahaan tersebut.

Contohnya apa yang sudah dilakukan oleh Niagahoster, perusahaan ini merupakan perusahaan indonesia yang menyediakan web hosting berkualitas sebagai produk utamanya.

Lalu untuk meningkatkan jangkauan bisnisnya, Niagahoster kemudian membuat sebuah blog dari domain utamanya yang membahas berbagai macam tutorial bagaimana membuat web dari awal sampai bisa diakses lewat internet. Selain itu, pembahasan dari blog Niagahoster sama seperti produk yang mereka jual di website utamanya yaitu web hosting.

Ya kira-kira itu adalah strategi marketing yang jitu untuk mencari pengguna atau peningkatkan penjualan sebanyak-banyaknya.

4. Memperkuat komunikasi dengan pelanggan

Selain bisa sebagai tempat berpromosi, blog pada perusahaan juga biasanya digunakan untuk menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggannya. Seperti halnya sebuah forum yang membahas tentang solusi atas setiap permasalahan produk, atau bisa juga menampung semua feedback dari pelanggan agar kualitas produk yang Anda tawarkan semakin baik.

Dengan terjalinnya komunikasi yang baik antara Anda dan pelanggan, maka hal ini akan membuat pelanggan Anda merasa di hargai sebagai konsumen dan  bisa memberikan rasa ketenangan kepada pelanggan.

5. Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Dan terakhir dengan adanya blog perusahaan, maka akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Pembahasan artikel yang ada di blog perusahaan secara tak langsung akan mengikat pelanggan Anda untuk selalu menggunakan produk Anda.

Dan hal ini juga akan menumbuhkan persepsi pelanggan bahwa perusahaan Anda merupakan perusahaan yang profesional karena bertanggung jawab atas produknya. Bukankah, bisnis yang besar didapatkan karena kepercayaan pelanggannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here