Subhanallah, Ini 4 Golongan Orang Yang Tidak Tersentuh Api Neraka

0
golongan orang yang tidak tersentuh api Neraka

Sebagai umat beragama, kita semua meyakini bahwa surga dan neraka itu ada. Tentunya tak ada yang mau masuk Neraka. Sekalipun dia ahli maksiat. Neraka adalah seburuk-buruknya tempat kembali. Karena itulah kita sebagai umut beragama khususnya umat muslim selalu berdoa untuk dijauhkan dari api neraka.

Jangankan masuk kedalamnya, menyentuh hawa panasnya saja semoga-moga kita tidak merasakannya. Karena panasnya api neraka 70x lebih panas dari api dunia. Bayangkan saja, api dunia yang sudah panas saja seringkali membuat kita kesakitan apalagi api neraka.

Namun tahukah kita, ternyata ada golongan orang yang tidak tersentuh api neraka di hari kiamat kelak. Seperti yang disampaikan oleh Baginda Rosulullah SAW dalam hadistnya:

Dari Abdillah bin Mas’ud radhiyallahu anhu ia berkata: telah bersabda rasulullah shallallahu alaihi wa sallam: “Maukah kamu aku tunjukkan orang yang diharamkan neraka baginya? Para sahabat menjawab: tentu saja wahai Rasulallah! Beliau shallallahu alaihi wasallam menjawab: “(Haram tersentuh api neraka orang yang) Hayyin, Layyin, Qarib, Sahl“. (HR. At-Tirmidzi & Ibnu Hibban, dishahihkan Al-Albani).

Lalu apa maksud dari hadist itu, kemudian siapa Hayyin, Layyin, Qarib, dan Sahl yang dikatakan Rasulullah SAW sebagai golongan orang yang tidak tersentuh api Neraka. Berikut adalah penjelasannya.

Hayyin

Hayyin adalah orang yang memiliki sifat tenang dan berwibawa, baik pada sikap lahir maupun batinnya. Tidak labil atau tidak mudah tersulut emosi (ini karena kedalaman ilmunya tentang agama), tidak grusa-grusu dalam segala hal, dan senantiasa penuh pertimbangan. Tidak gampang mencaci, melaknat, dan tidak mudah terpancing karena mengikuti keadaan sekitarnya.

Layyin

Layyin adalah orang yang lembut dan penuh kasih sayang, baik dalam bertutur-kata atau pada perbuatannya. Layyin itu tidak pernah berbuat kasar atau melakukan perbuatan sesuka harinya, tidak suka marah-marah pada saudaranya muslim tanpa alasan yang syar’i. Lemah lembut dan selalu menginginkan kebaikan untuk sesamanya.

Qarib

Qarib adalah orang yang mudah untuk diajak berteman, ia suka menyambung silaturahmi, mudah akrab dengan seseorang, ramah saat diajak bicara, menyenangkan bagi orang yang mengajak bicara. Biasanya mereka tipe orang murah senyum, jika bertemu dengan saudaranya muslim, wajahnya berseri-seri dan enak dipandang, suka menebarkan salam baik kepada orang yang ia kenal atau pada orang yang belum ia kenal.

Sahl

Sahl adalah orang yang suka mempermudah urusan orang lain, tidak suka mempersulit sesuatu, dan selalu menawarkan solusi bagi setiap permasalahan. Tidak suka berbelit-belit, tidak menyusahkan dan tidak membuat orang lain susah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here