11 Hal yang Tidak Pernah Dilakukan Orang Bahagia (Jadi Kamu Harus Melakukannya)

0
11 Hal yang Tidak Pernah Dilakukan Orang Bahagia
Hal yang Tidak Pernah Dilakukan Orang Bahagia (Unsplash)

Ada yang bilang bahagia itu adalah sebuah pilihan. Mau bahagia ataupun sedih itu tergantung dari pilihan kita masing-masing. Kebahagiaan tidak selalu bisa kita ukur dari apa yang telah kita miliki saat ini. Tak peduli seberapa sempurnanya hidup kamu, kalo pada kenyataannya kamu gak nyaman dengan hidupmu saat ini itu sama saja kamu bukan termasuk orang bahagia. Lalu seperti apa kebahagiaan itu? Sejatinya kamu akan merasa bahagia ketika kamu merasa berkecukupan, selalu dikelilingi orang-orang baik, dan selalu beryukur apapun yang terjadi. Percaya atau tidak, jika kamu merasakan salah satu dari antara itu, maka hidup kamu akan merasa tenang dan tentram.

Memang kita tidak bisa tahu dengan jelas apakah orang itu bahagia atau tidak (karena terlihat bahagia itu bisa di pura-pura) Namun tahukah kamu, ternyata kita bisa menebak apakah seseorang itu bahagia atau tidak menjalani hidupnya, terutama dari perilaku, tindakan, kebiasaan, dan ketenangan saat menghadapi sesuatu. Seperti apa? Nah Berikut ini adalah 11 Hal yang Tidak Pernah Dilakukan Orang Bahagia.

1. Tidak membuat kesalahan yang sama berulang kali

Pixabay

Orang yang selalu bahagia itu terlihat tidak ada masalah dalam hidupnya. Namun bukan berarti orang bahagia tidak pernah melakukan kesalahan. Melainkan ketika mereka melakukan kesalahan, mereka akan belajar dari kesalahan tersebut lalu mencoba lagi dengan cara yang berbeda. Sebenarnya ini tergantung dari cara kita masing-masing, karena ketika kita melakukan kesalahan itu berulang kali, biasanya seseorang akan merasa mudah frustasi dan stres karena menganggap pekerjaannya tidak pernah terselesaikan.

2. Tidak menghukum diri sendiri

Pixabay

Ketika kamu sedang dalam kondisi terpuruk, wajar jika kamu ingin menarik diri (menghilang) dari orang-orang sekitar. Namun jika kita perhatikan lagi, menghukum diri dengan cara menyendiri adalah salah satu tanda orang itu tidak bahagia dalam hidupnya. Hal ini terjadi mungkin dikarenakan ketakutan kamu untuk tidak diterima oleh orang-orang sekitar atas kondisi kamu saat ini.

Mengapa ini tidak baik? Coba pikirkan, kalau kamu menyingkirkan diri kamu sendiri dari peredaran orang-orang sekitar, maka sama saja kamu terjun lebih dalam karena kesedihan. Jelas orang bahagia tidak akan melakukan hal  ini. Karena ketika orang bahagia mendapat sebuah masalah hidup, mereka lebih suka sharing apa yang sedang mereka rasakan dan berharap ada jalan keluar yang didapatkan.

3. Tidak takut mencoba hal baru

Unsplash

Orang bahagia mungkin merasa takut mencoba sesuatu yang baru atau mengambil sebuah risiko, tetapi mereka memahami bahwa mereka harus melewati ketakutan itu jika mereka ingin berhasil. Disisi lain, orang yang tidak bahagia hanya bisa bersembunyi dari rasa ketakutan mereka akan kegagalan dan kemudian merasa menyesal ketika mereka tidak pernah mencapai tujuan.

4. Tidak menunda-nunda sesuatu

Pixabay

Terkadang kita seringkali menunda-nunda sesuatu yang sulit. Menganggap sesuatu itu tidak bisa kita kerjakan atau malah tidak mungkin untuk diselesaikan. Tetapi bagi orang yang bahagia tidak akan pernah menunda-nunda apapun, mereka tidak peduli apakah sesuatu itu bisa dikerjakan atau tidak. Mereka hanya fokus memberikan tindakan dan selebihnya berhasil atau tidak, itu urusan nanti.

5. Tidak menyalahkan siapapun

unsplash

Orang yang bahagia tidak akan menyalahkan siapapun, baik menyalahkan orang lain ataupun menyalahkan dirinya sendiri. Mereka akan bertanggung jawab apapun keputusan yang mereka ambil kemudian siap menerima apapun konsekuensi atas keputusan tersebut. Memang ini mungkin terlihat simple, tapi tidak se-simple itu. Kadang diantara kita sulit sekali menerima kenyataan yang sudah di takdirkan Tuhan kepada kita. Namun jika kita menyadarinya, hal inilah yang justru membuat jiwa kita menjadi tidak tenang dan gelisah. Maka dari itu hindarilah menyalahkan siapapun.

6. Tidak mengerjakan sesuatu secara bersamaan

Pixabay

Apakah kamu orang yang suka mengerjakan banyak hal secara bersamaan? Jujur saja, mengerjakan banyak hal dalam satu waktu adalah salah satu ciri-ciri orang yang tidak bahagia. Mengapa? Walaupun mereka terlihat seseorang yang cerdas dan bisa melakukan apapun, namun jangan lupakan kodrat manusia yang tidak luput dari kesalahan. Besar kemungkinan kamu tidak akan bisa mengerjakan semua itu secara sempurna. Salahnya ada dimana? Mungkin saja sesuatu yang tidak sempurna itu membuat kamu menjadi tidak percaya diri atau merasa kamu kurang bekerja dengan maksimal. Jadi hindarilah mengerjakan sesuatu secara bersamaan. Orang yang bahagia akan mengerjakannya satu per satu.

7. Menerima semua pendapat

unsplash

Hanya karena seseorang mengatakan sesuatu kepada kamu tidak berarti Kamu harus langsung mempercayainya, terutama jika mereka membicarakan Kamu! Orang-orang yang bahagia mampu mencerna semua pendapat dari banyak pihak bukan hanya dari satu pihak saja. Orang bahagia juga mampu mengidentifikasi mana pendapat yang sesuai fakta dan mana pendapat yang hanya mengada-ngada. Jika apa yang dikatakan orang lain tidak benar, khususnya pendapat tentang dirimu sendiri, maka orang bahagia itu akan mengabaikan pendapat tersebut. Jadi nggak heran kenapa seseorang yang merasa tenang selalu terlihat sangat bahagia.

Baca Juga: 8 Tanda Seseorang yang Sulit Mengakui Orang lain. Semoga kamu nggak termasuk!

8. Melakukan sesuatu tanpa bertanya “Kenapa?”

Pixabay

Seberapa sering Kamu melakukan sesuatu hanya karena Kamu diminta untuk melakukannya? Kebanyakan dari kita tidak pernah meluangkan waktu untuk mencari tahu kenapa kamu melakukan sesuatu dan apa sebenarnya tujuan kamu melakukan itu? Orang-orang bahagia menemukan tujuan yang lebih dalam dari apa yang mereka lakukan kemudian bertindak konsisten dengan tujuan itu. Jadi untuk menjadi orang yang bahagia, luangkanlah waktu untuk memikirkan dampak dari yang apa yang sedang Kamu perbuat.

9. Tidak pernah kehilangan harapan

Unsplash

Ketika badai kehidupan pada akhirnya menghantam, orang bahagia tidak akan pernah kehilangan harapan untuk bangkit kembali. Jika suatu waktu mereka kehilangan harapan, setidaknya hal itu tidak akan pernah bertahan lama karena mereka dapat mencari bagaimana cara untuk keluar dari keterpurukan. Walaupun memang awal-awalnya mereka harus merasakan sakit dahulu, namun diakhir ceritanya nanti orang bahagia akan terus maju dan berkembang. Maka “Bersabarlah. Bertahanlah. Ulangi untuk dirimu sendiri” Ini akan berhasil. ” Dan itu akan berlalu,”.

10. Mendahulukan orang lain daripada dirinya sendiri

Unsplash

Untuk sebagian orang melakukan sesuatu untuk orang lain adalah sesuatu hal yang cukup merepotkan. Tetapi orang yang bahagia selalu mendahulukan kepentingan orang lain daripada kepentingannya sendiri. Mereka percaya ketika bisa memudahkan urusan orang lain, maka urusannya sendiri juga akan dimudahkan oleh yang Maha Kuasa.

11. Selalu punya “dua kata” sebagai motto hidup untuk maju dan berkembang

steemit.com

Orang yang bahagia pasti punya tujuan hidup untuk membuat mereka semakin maju dan berkembang. Tidak harus target yang tinggi-tinggi, cukup target harian dulu, misalnya “Setiap hari saya harus mencapai sesuatu” atau “Saya akan mencoba berada di level bari setiap harinya” Dan lagi, orang-orang yang bahagia selalu memegang teguh dua kata ini “Saya harus”,”Saya ingin”, dan , “saya bisa”, sebagai modal mereka untuk bisa menjadi lebih baik lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here