in

Ingin Pernikahanmu unik? Intip 7 Konsep Pernikahan Unik!

Ingin Pernikahanmu unik? Intip 7 Konsep Pernikahan Unik !

Menikah adalah moment sakral yang diharapkan terjadi sekali seumur hidup. Semua orang menginginkan hari pernikahan menjadi hari yang bahagia dan dapat dirayakan dengan penuh sukacita. Beberapa bulan sebelum pesta berlangsung semua hal dipersiapkan dengan maksimal, terutama konsep pernikahan. Setelah menemukan konsep pernikahan yang disetujui oleh pasangan dan keluarga, maka mulai memikirkan hal lain yang tentunya akan disesuaikan dengan konsep. Seperti gedung, catering, fotografer, band pengiring, dresscode, dan lain-lain.

Terkadang, menentukan konsep pernikahanlah yang sulit. Ada banyak sekali pertimbangan dan perdebatan yang mungkin akan dilalui oleh kedua belah pihak. Namun, kamu harus memikirkan dengan matang konsep pernikahan yang diinginkan. Agar pernikahan idaman dapat menjadi moment berkesan yang akan kamu kenang selamanya.

Berikut akan kami bagikan beberapa konsep pernikahan unik yang bisa kamu terapkan untuk pernikahanmu.

1. Garden Wedding Party

Photo by Pexels

Merayakan pesta pernikahan di kebun atau taman rumahmu bisa jadi konsep pernikahan unik lho. Kamu hanya perlu mendekor kebun atau taman di halaman rumah dengan beberapa hiasan yang diperlukan. Usahakan jangan terlalu banyak menambah hiasan ya dears, karena kebun atau halaman sepertinya sudah cukup aesthetic untuk mendukung pesta pernikahanmu.

Mungkin beberapa hal perlu direnovasi, menggunakan dekorasi dengan tema kayu akan membuat kesan lebih terlihat natural. Kamu bisa menambahkan kursi kayu dengan meja kayu, backdrop atau panggung kecil dengan warna-warna kalem seperti cokelat dan putih.

Dengan konsep garden wedding party kamu bisa membuat pesta pernikahanmu lebih santai dan akrab. Tidak begitu formal dan meriah seperti di gedung, tapi ini akan menjadi kesan yang tak terlupakan jika kamu bisa mengemasnya seunik mungkin. Kedua mempelai juga bisa berbaur dengan tamu dengan ngobrol dan mengunjungi tamu satu per satu untuk menambah suasana kekeluargaan.

Satu hal yang perlu dihindari dari garden wedding party, yaitu pemilihan waktu yang tepat. Karena sifatnya outdoor, usahakan untuk membuat pesta sore hingga malam hari agar tidak kepanasan, dan jangan sampai kehujanan juga ya dears.

2. Industrial Wedding

Photo by Unsplash

Industrial wedding bisa jadi pilihan konsep unik kedua. Jika biasanya pernikahan di gedung yang formal dan elegan sudah terlalu mainstream, maka kamu bisa mencoba untuk membuat konsep industrial wedding baik indoor maupun outdoor.

Dimulai dari dekorasi tempat, jika kamu menginginkan di dalam ruangan, kafe bisa menjadi space unik. Dukung dekorasi dengan hiasan-hiasan berbau metal, tembaga, atau kayu tua. Buat gantungan-gantungan lampu dengan barang-barang antik atau barang bekas. Warna hitam, cokelat, atau emas bisa kamu gunakan dalam memilih furniture.

Industrial wedding bisa jadi tema yang lebih intimate dengan namun tetap berkesan. Jika tamu undangan begitu banyak, maka kamu perlu menyediakan waktu yang sedikit lebih lama agar tetap menjaga kedekatan dengan tamu meski di area yang tidak terlalu luas.

Namun jika kamu ingin mengadakan pesta di outdoor, kamu bisa membuatnya di beberapa hotel yang menyediakan konsep serupa. Rooftop hotel atau mall juga bisa kamu usahakan lho. Dengan mengadakan pesta di rooftop gedung tinggi, membuat pesta pernikahanmu jadi lebih berkesan dengan pemandangan kota yang jadi panoramanya.

3. Traditional Wedding

Photo by Unsplash

Tema pernikahan dengan mengusung nuansa tradisional dan upacara adat memang masih ngetrend dan unik. Pesta pernikahan ini cenderung lebih semarak karena lebih meningkatkan rasa kecintaan terhadap adat dan budaya daerah sendiri. Tau kan keunikan masing-masing daerah di negeri kita Indonesia ini kayak apa?

Pernikahan dengan tema adat selain meriah juga lebih kental dengan beragam acara yang dimiliki oleh adat masing-masing daerah. Mulai dari pakaiannya, panggung, upacaranya, hingga pengisi acara atau hiburan yang tak jarang menampilkan ke-khasan daerah.

Menggunakan konsep ini membuat mempelai seperti raja dan ratu jaman dahulu. Ini akan jadi kesan yang tak terlupakan sekaligus mengingatkan kita dengan adat daerah masing-masing.

4. Beach Wedding Party

Photo by Unsplash

Island wedding party biasa dijadikan lokasi untuk pesta pernikahan bagi banyak artis atau anak konglomerat. Tapi kamu juga bisa kok memakai konsep serupa dengan membuat pesta pernikahan di tepi pantai terdekat. Nggak harus nyebrang pulau tapi bisa mendapatkan kesan yang tidak jauh berbeda.

Beach wedding party bisa jadi konsep outdoor yang keren dan unik versimu lho. Jika bosan dengan konsep formal dengan jejeran kursi tamu dan panggung untuk pengantin, kamu bisa mengakali dengan konsep piknik. Gelar tikar dengan jamuan makanan ala piknik akan memberi tema pernikahan yang out of the box.

Kamu beserta tamu undangan nggak bisa sekalian piknik beramai-ramai sambil merayakan hari bahagiamu. Tapi tetap harus berhati-hati dengan gejala-gejala alam seperti air pasang hingga badai ya.

Baca juga : 7 Persiapan Pernikahan yang Harus Dilakukan Sejak Jauh Hari, Menghindarkan Stres dan Repot

5. Custom Wedding Party

Photo by Pixabay

Bagi pecinta cuctom party, tema unik satu ini bisa jadi pilihan yang menarik. Custum wedding party ditandai dengan konsep yang mengusung kesan bebas, hanya yang menjadi identic adalah outfit mempelai, kelaurga, bridesmaid bahkan tamu undangan bisa memakai custom favorite mereka.

Misalnya nih, kamu mau wedding party kamu bertemakan kartun kesayangan seperti Frozen, maka mempelai wanita akan berdandan dan memakai gaun ala Anna. begitu pun juga dengan penataan panggung, pencahayaan, dan lain-lain. Dibuat semirip mungkin akan nampak kental dan sesuai tema. Tapi bila tamu undangan ingin berdandan ala tokoh kartun lain juga boleh loh. Pesta pernikahannya jadi kayak perkumpulan Walt Disney, ya? hehe

6. Forest Wedding Party

Photo by Freepik

Ngomongin forest wedding pasrty pasti langsung kebayang dengan konsep pernikahan di Twilight, ya dears. Nah, bukan nggak mungkin kamu juga bisa menggunakan konsep ini lho. Meski nggak di hutan belantara yang dipenuhi hewan liar, sih. Bisa-bisa tamu undangan akan tersesat dan takut mengunjungi pestamu. Hihi.

Melangsungkan pesta pernikahan di hutan bisa kamu akali dengan hutan buatan atau hutan dengan satu jenis pepohonan yang dijadikan tempat wisata. Seperti contohnya hutan pinus di Jogja. dikelilingi pepohonan pinus yang tinggi, udara yang dingin serta panorama alam yang khas akan membuat pesta pernikahanmu tidak terlupakan lho.

7. Drive Thru Wedding Party

Photo by Unsplash

Nah kalau yang satu ini viral dan banyak dikenal di masa pandemic covid-19 nih, dears. Menghadiri pesta pernikahan dengan cara drive thru cukup unik, ya. selain memang cocok untuk suasana di masa pandemi agar mempelai dan tamu undangan bisa tetap physical distancing, konsep satu ini juga tidak membutuhkan dekorasi serta tempat yang muluk-muluk.

Cukup kedua mempelai beserta pendamping berdiri dan tamu akan memberi selamat atau tanpa harus turun dari mobil. Wah sangat simple dan tetap aman dari penyebaran virus tentunya. Gimana nih, dears, kamu mau coba yang satu ini gak?

Apa pun konsep yang kamu pakai untuk pesta pernikahanmu, buatlah senyaman mungkin dan pastikan semuanya berjalan sesuai keinginan akan kamu bisa mengenangnya sebagai hari bersejarah dalam hidup.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *