in

Jangan Dipikirin, Begini 8 Cara Menghadapi Orang yang Membenci Kita

Jangan Sedih, Begini Cara Menghadapi Orang yang Membenci Kita

Dalam seribu orang, tentu tidak semuanya mempunyai rasa suka, pasti ada saja yang tidak suka bahkan terus terang membenci kita. Ya, begitulah kehidupan berjalan. Tidak peduli sebaik, seramah atau bahkan sedermawan apapun kamu, pasti tetap ada yang tidak suka denganmu. Terkadang hal itu memang membuat hati tak tenang dan juga terkadang membuat hati merasa sedih.

Tidak ada satupun orang yang ingin memiliki musuh. Sayangnya, kamu tidak bisa mengambil kendali orang lain agar tidak membencimu. Ada saja yang membuat mereka membencimu entah itu karena kepribadian yang bertolak belakang, perbedaan pendapat dan masalah lainnya.

Namun, hidup akan terus berlanjut. Rasanya tidak mungkin jika terus-menerus memikirkan kebencian mereka. Karena itu hanya akan membuatmu semakin tidak tenang. Lebih baik penting bagi kita menemukan cara yang paling efektif untuk mengatasi atau menghadapi orang yang membenci Anda.

Nah, berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan dalam menghadapi orang-orang yang membenci kita:

1. Biarkan Saja dan Tetaplah Tenang

Biarkan Saja dan Tetaplah Tenang
Gambar oleh Graehawk dari Pixabay

Seringkali kita sangat takut berinteraksi dengan seseorang yang tidak kita sukai sehingga tingkat kecemasan kita mulai meningkat bahkan sebelum kita melangkah ke ruangan yang sama dengan orang itu. Bisa jadi nanti kita akan mengatakan sesuatu yang mungkin kita sesali.

Jadi, jika kamu tahu akan berurusan dengan seseorang yang membuatmu stres dan kesal, cobalah untuk menenangkan pikiranmu. Terapkan sikap “biarkan saja”. Bila kamu merasa kemarahanmu mulai meningkat, fokuslah untuk lebih banyak mendengarkan dan lebih sedikit berbicara. Ingat, kamu tidak seharusnya mengeluarkan kata-kata yang tidak perlu kamu ucapakan.

2. Tetap Sabar dan Kendalikan Emosi

Tetap Sabar dan Kendalikan Emosi
Foto oleh Nick Demou dari Pexels

Penting untuk mengingat emosi diri sendiri, tetapi pada akhirnya kamu sendirilah yang memiliki kendali atas bagaimana kamu bereaksi terhadap situasi. Orang hanya akan membuatmu emosi jika kamu mengizinkannya. Jadi, jangan biarkan amarahmu lepas kendali. Jika seseorang menjelekkanmu dengan cara yang salah, bersabarlah. Terkadang hanya tersenyum dan mengangguk itu sudah cukup untuk membalasnya.

Ada baiknya memperlakukan setiap orang yang kamu temui dengan tingkat rasa hormat yang sama. Itu bukan berarti kamu harus setuju dengan orang yang tidak kamu sukai atau menuruti apa yang mereka katakan, tetapi kamu harus bersikap beradab dan sopan. Dalam melakukan ini, kamu dapat tetap teguh pada masalahmu tetapi tidak terlihat seperti kamu menyerang seseorang secara pribadi.

3. Jangan Membuang Waktu dan Energi

Jangan Membuang Waktu dan Energi
Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Ketika ada seseorang diluar sana yang tidak menyukaimu, terkadang kamu menghabiskan waktu berjam-jam memeras otak dan mencoba mencari tahu kesalahan apa yang telah kamu lakukan padanya. Tanpa disadari, hal itu hanya akan membuang-buang waktu dan energimu saja. 

Mungkin kamu akan merasa sangat tak nyaman saat berada dalam situasi tersebut. Ya, tentu tidak ada satupun orang yang ingin merasakan kebencian atau ketidaksukaan pada orang lain. Sebagai makhluk sosial, wajar jika kamu merasa tidak nyaman saat mengetahui ada seseorang tidak menyukaimu. 

4. Mencari Tahu Kesalahan

Mencari Tahu Kesalahan
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Salah satu cara terbaik untuk menghadapi orang yang membenci adalah mencari tahu mengapa mereka seperti itu. Bisa jadi karena mereka tidak suka dengan sikapmu ataupun mungkin kamu telah melakukan sesuatu yang membuat mereka kesal tanpa menyadarinya.

Dengan mengetahui apa kesalahanmu pada mereka dapat membuat kamu menjadi orang yang lebih baik dan lebih perhatian. Semua akan berdampak baik jika kamu mau mengubah perilaku sehingga masalah atau situasi sulit apapun yang disebabkan perilaku bisa selesai secara damai.

Perlu diketahui, Di lain waktu, mereka tidak benar-benar marah kepadamu. Mereka marah karena hal lain, dan mereka melampiaskan perasaan mereka dengan cara yang tidak sehat, sayangnya itu membuatmu terjebak. Dalam hal ini, menanyakan apa yang salah atau kamu dapat memberitahu mereka bahwa tindakan mereka mempengaruhi kehidupanmu. 

5. Tetap Sopan dan Santun

Foto oleh Helena Lopes dari Pexels

Selalu berlaku sopan kepada semua orang adalah sikap yang baik, tidak peduli dengan siapa kamu berurusan. Memperlakukan semua orang dengan sopan dan hormat, bahkan ketika kamu tidak setuju, akan menciptakan dasar kesopanan. Itu berarti kamu harus memperlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan.

Cobalah untuk tetap sopan santun dan fokuslah pada penanganan situasi dengan penuh ketenangan. Jika kamu melakukannya, orang di sekitarmu akan menghormatimu dan melihat kamu memiliki integritas. Hindari memperbesar masalah dan tetaplah bertindak sopan sehingga kamu tidak merasa terbebani saat berurusan dengan orang yang ingin menjatuhkanmu.

6. Mencari Teman yang Bisa Dipercaya

Mencari Teman yang Bisa Dipercaya
Foto oleh Marlene Leppänen dari Pexels

Hindari menangani semuanya sendirian, itu hanya akan membuatmu merasa terisolasi dan lebih frustasi. Coba masuk ke sistem pendukung dengan cara mencari teman yang bisa kamu percaya. Beralih ke lingkaran pertemanan terpercaya akan memberimu ruang yang kamu butuhkanm yakni kamu dapat merasa didengarkan sehingga memungkinkan kamu untuk melampiaskan dan menyuarakan keluhanmu saat ini.

7. Jangan Defensif

Jangan Defensif
Gambar oleh StockSnap dari Pixabay

Jika kamu menemukan seseorang yang terus-menerus meremehkan atau berfokus pada kekuranganmu, jangan terlalu dipikirkan. Jika mereka mulai kelewatan, anda bisa mempertimbangkan untuk melawannya. Jika mereka ingin kamu memperlakukan mereka dengan hormat, mereka juga harus memperlakukanmu dengan cara bersikap sopan.

8. Jangan Mudah Tersinggung

Jangan Mudah Tersinggung
Foto oleh Elijah O’Donnell dari Pexels

Perselisihan mungkin terjadi karena kesalahpahaman. Jika kamu benar-benar tidak setuju dengan seseorang, cobalah lihat dari sudut pandang mereka. Usahakan untuk tidak langsung emosi secara berlebihan, karena mungkin mereka juga akan terbawa emosi.

Jika kamu membutuhkan ruang untuk sendiri, maka ambillah. kamu berhak untuk menetapkan batasan dan memutuskan kapan kamu berinteraksi dengan seseorang. Luangkanlah waktu untuk istirahat sejenak tanpa adanya beban.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat merasa dibenci oleh orang lain. Tetap tersenyum menjadi cara yang paling baik untuk membalas perlakuan buruk dari orang yang membenci kita.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *