in

Jangan Pernah Anggap Remeh! Inilah 10 Manfaat Mengikuti Seminar untuk Bisnis Kamu

Apa itu Seminar? Mungkin salah satu dari kalian sudah sering mendengar istilah seminar ini, baik dari kalian seorang fresh graduate atau lulusan baru, maupun karyawan yang sudah bekerja. Seminar memang dinilai memberikan beragam manfaat dalam mengembangkan karier dalam berbisnis kalian.

Seminar bisnis merupakan sebuah event yang dapat membantu kamu memulai bisnis baru atau mengembangkan bisnis yang sudah berjalan menjadi lebih besar lagi dari sebelumnya.

Dalam event workshop atau seminar, topik dan tema seminar bisnis telah ditentukan sebelumnya secara jelas dan terperinci untuk menentukan pemateri yang berpengalaman sesuai dengan tema atau topik yang dikonsepkan pada seminar bisnis yang akan digelar.

Manfaat Apa Saja Jika Kalian Mengikuti Seminar Bisnis

Tidak hanya ilmu yang bermanfaat, tapi Kamu juga berkesempatan menambah networking atau jaringan, teman, hingga skill yang belum dimiliki sebelumnya. Selain itu keuntungan apa saja jika kalian mengikuti kegiatan ini. Yuk simak penjelasanya sebagai berikut.

1. Memberikan Informasi Terupdate Seputar Dunia Bisnis

Ketika kamu mengikuti workshop atau seminar bisnis di salah satu area tempat bisnis atau usaha kamu beroperasi, informasi terkait perkembangan dunia bisnis ini pasti akan bermanfaat untuk kamu.

Dimana dari informasi ini, kamu bisa menentukan langkah kamu dalam bisnis yang sedang kamu jalankan, karena informasi tersebut biasanya merupakan data analisa perkembangan bisnis selama setahun belakangan atau bahkan lebih.

2. Mendapatkan Inovasi Yang Baru Dalam Berbisnis

Sebuah event seminar bisnis atau workshop terpercaya pasti akan menghadirkan pemateri sukses yang telah memiliki banyak pengalaman sesuai tema seminar bisnis yang digelar saat itu.

Nah dari seorang pemateri yang memiliki kualifikasi yang terpercaya, pastinya ilmu dan pengalaman yang dibagikan pada acara seminar bisnis yang anda ikuti pasti akan bermanfaat untuk anda. Anda pasti akan mendapatkan inovasi baru yang bisa jadi belum terpikirkan oleh diri anda sebelumnya dalam menjalankan sebuah bisnis.

Bukan hanya itu, dalam acara seminar bisnis pasti akan ada sesi tanya jawab dimana anda bisa menanyakan hal yang belum anda mengerti dalam dunia bisnis kepada pakarnya langsung sesuai tema seminar bisnis saat itu, atau bisa jadi juga tak menutup kemungkinan pertanyaan out of topic dari anda juga akan mendapatkan jawaban dari seorang pemateri yang kompeten pada acara workshop tersebut.

3. Memiliki Visi Yang Jelas Ketika Berbisnis

Seorang pemateri dalam acara seminar bisnis, bukan hanya akan membagikan kita kiat ampuh dalam meraih kesuksesan, namun juga akan membagikan tips menghadapi kendala dan ancaman yang muncul dalam menjalankan bisnis.

Dari situlah anda akan tahu bahwa bisnis tidak melulu berbicara tentang keuntungan, namun bagaimana menjaga agar bisnis tetap bertahan ketika menghadapi kendala dan ancaman dari kompetitor.

5. Menambahnya Skill dan Wawasan

Skill atau kemampuan dan juga wawasan baru merupakan dua hal yang pasti Kamu dapatkan setelah mengikuti seminar. Seminar yang lebih berbentuk diskusi membuatmu bisa bertukar pikiran dengan peserta lain, sehingga menambah wawasan serta sudut pkamung baru.

Sedangkan skill atau kemampuan, bisa Kamu dapatkan dengan praktik secara langsung. Ilmu yang dipraktikkan secara langsung biasanya lebih mudah dikuasai dibandingkan dengan ilmu yang hanya berupa materi.

6. Bertemu Dengan Orang Dalam Ahli Bidangnya

Pemateri atau orang yang memberikan materi dalam acara seminar tentu bukanlah orang sembarangan. Mereka biasanya adalah pakar dan profesional di bidang yang berkaitan dengan topik seminar tersebut.

Jika Kamu memiliki idola di bidang tertentu, mengikuti seminar merupakan kesempatan untuk bertemu dan belajar secara langsung dengan mereka. Ahli dan profesional yang memiliki pengalaman banyak akan membantumu mendapatkan ilmu yang tidak bisa didapatkan di tempat lain.

7. Menambah Networking

Berkumpul serta melakukan diskusi dengan orang yang memiliki minat atau hobi sama merupakan kesenangan tersendiri. Dari Seminar ini, Kamu bisa mendapatkan teman baru yang memiliki minat dan keahlian di bidang yang sama.

Hal tersebut bisa menambah networking atau jaringan di dalam bidang yang Kamu sukai saat ini. Selain dapat bertukar pikiran dan menambah wawasan, networking penting karena membuat lebih mudah menemukan pekerjaan yang cocok sesuai bidang.

8. Memiliki Mentor Yang Dinginkan

Dengan mengikuti seminar bisnis secara online, kamu juga berkesempatan memiliki mentor bisnis yang bisa kamu jadikan acuan dalam memulai maupun menjalankan bisnis. Posisi seorang mentor dalam sebuah perjalanan bisnis tentu sangat vital karena ia bisa memberikan banyak saran dan nasihat untuk perkembangan bisnismu.

Seringkali kamu merasa bingung dalam satu situasi yang tidak terduga saat menjalankan bisnis dan tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Maka pada situasi seperti inilah sebenarnya kamu membutuhkan mentor yang secara pengalaman dan kapasitas pasti bisa memberikan pandangan tentang apa yang seharusnya kamu lakukan.

9. Mencoba Berbagai Bidang Yang Baru

Tidak hanya Seminar sesuai bidang yang Kamu geluti saat ini, Seminar dengan tema lain juga sangat bermanfaat jika diikuti. Misalnya saja Seminar melukis atau make up, yang dapat membantumu memiliki keahlian bahkan hobi baru. Selama itu positif, mengikuti Seminar dengan tema yang beragam bisa membuatmu memiliki lebih banyak skill.

10. Membuka Kesempatan Bisnis Baru

Tidak hanya sebagai karyawan atau calon karyawan saja, Seminar juga sangat berguna untuk Kamu yang ingin memulai sebuah usaha. Materi atau topik dari sebuah Seminar sendiri beragam dan tidak hanya seputar bisnis saja.

Beberapa materi atau topik yang bisa membantumu membuka usaha baru misalnya yaitu Seminar merangkai bunga, membuat dekorasi, make up, menjahit, desain grafis, dan lain sebagainya. Kamu bisa memilih materi atau topik sesuai dengan usaha yang akan dibangun.

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa mengikuti Seminar akan sangat bermanfaat untuk mengembangkan karier dalam berbisnis. Meskipun Seminar yang diikuti tidak berhubungan dengan karier berbisnis yang diinginkan atau yang dimiliki saat ini, namun semua ilmu tentu bermanfaat untuk yang memilikinya.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *