Kamu Ingin Jadi Influencer Terkenal, Inilah 7 Tips dan Cara Suksesnya

0
Ingin Jadi Influencer Terkenal

Kamu yang ingin jadi influencer terkenal, apakah kamu tahu apa itu influencer? Influencer bisa diartikan sebagai para ahli di bidangnya atau sosok yang terkenal, yang sering menyuarakan pendapat mereka secara terbuka bagi para followers nya di media sosial. Istilah ini sering merujuk kepada mereka yang memiliki jumlah followers (pengikut) online yang besar, dan punya pengaruh yang luas.

Saat ini menjadi seorang influencer memang lagi hits-hitsnya untuk kalangan anak muda. Bahkan tak jarang kalangan anak muda memiliki lebih dari satu influencer favorit yang dijadikan panutan gaya hidup. Misalnya cara berpakaian, hijab, make up, dan sebagainya.

Hal ini dikarenakan influencer mampu menarik perhatian pengguna media sosial terutama followers melalui postingan foto, video, dan caption. Mengingat influencer mampu mempengarhui followers nya lewat postingan yang diunggahnya, hal ini menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan.

Seorang influencer bisa saja melakukan promosi iklan di media sosial kemudian mempengaruhi para followers-nya agar mereka juga menggunakan brand yang sama sepertinya. Atau bisa juga seorang influencer melakukan review terhadap suatu produk di media sosial, kemudian followers mereka pun menjadi ‘tersugesti’ terhadap review tersebut.

Peran inilah yang menyebabkan influencer seringkali kebanjiran tawaran promosi produk. Dan itu artinya, influencer semakin terkenal dan bisa mendapat uang yang banyak. Kini influencer telah menjadi profesi yang lagi digandrungi kalangan anak muda, dikarenakan influencer dianggap merupakan profesi yang menyenangkan dan tidak terikat oleh apapun. Kita bisa terkenal sekaligus punya penghasilan yang besar.

Namun sayangnya, menjadi influencer tidak semudah yang dibayangkan. Banyak anak muda dan kaum millenial telah mencoba menunjukan karya mereka dalam menampilkan foto dan video yang menarik dengan tujuan agar mereka juga senasib dengan para influencer terkenal lainnya, namun nyatanya usaha tersebut tidak membuahkan hasil yang berarti.

Menjadi influencer terkenal dan sukses tidak bisa digapai secara instan. Sekalipun ada beberapa manajemen influencer yang menawarkan jasa-jasa menjadi sosok influencer, namun pastinya kita masih akan melewati beberapa tahapan yang sulit.

Meskipun begitu, janganlah berputus asa. Berikut ini adalah 7 tips dan cara menjadi influencer dari nol hingga menjadi influencer yang sukses.

1. Tentukan niche dan brand sendiri

Tahap awal yang harus kamu lakukan jika ingin jadi Influencer terkenal adalah menentukan niche (pembahasan) dan brand milik kita sendiri. Dua poin ini harus kamu pikirkan dan tak boleh kamu tinggalkan pada tahap-tahap awal ini. Lalu bagaimana menentukan dua poin tersebut?

Pertama tentukanlah niche atau pembahasan. Jika kamu memiliki keahlian di bidang tertentu, misalnya musik, fashion, food, make up, dan lain sebagainya. Maka hal itu bisa kamu gunakan sebagai pembahasan yang selalu diangkat di akun media sosial milikmu. Pilihlah maksimal satu pembahasan saja. Namun jika mau dua pembahasan atau lebih, usahakan pembahasan tersebut masih berkaitan satu sama lain. Contohnya, makanan dan memasak, dan lain-lain.

Mengapa demikian? Karena ini akan mempengaruhi followers kamu nantinya. Jika kamu membahas seputar makanan, maka followers kamu nantinya akan dipenuhi dengan orang-orang yang suka makanan. Hal ini juga akan meningkatkan kualitas akun media sosial mu di mata para pengiklan.

Kedua adalah menentukan nama brand sendiri. Brand adalah salah satu hal yang berperan dalam kesuksesan sebuah bisnis. Maka dari itu, tentukanlah nama brand mu sendiri. Usahakan nama brand itu sesuai dengan pembasahannya. Selain itu, pilihlah juga nama yang mudah diingat dan dibaca.

2. Rajin upload konten yang menarik

Setelah nama brand dan pembahasan selesai ditentukan, langkah selanjutnya adalah memulai membagikan konten yang menarik di banyak media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan Youtube. Hal ini berguna untuk menjangkau pengguna seluas-luasnya. Karena brand mu baru saja diluncurkan, maka tidak ada pilihan lain kecuali mulai memperkenalkannya kepada banyak orang.

Bicara tentang konten yang menarik, kamu bisa membagikan ulasan-ulasan mengenai pembahasan yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Misalnya, kamu fokus membahas tentang makanan, maka kamu harus rutin berbagi ulasan tentang makanan-makanan baru atau makanan yang sedang viral di masyarakat. Setelah itu kamu memberikan pendapat tentang makanan tersebut menurut versimu sendiri.

Kamu juga harus mengasah kreatifitas dan ide-ide baru agar konten yang disuguhkan bisa bervariasi, sehingga followers kamu tidak bosan melihat konten yang itu-itu saja.

3. Buat konten foto dan video dengan kualitas terbaik

Kemudian kamu harus memikirkan kualitas konten yang diunggah. Konten yang diunggah dalam bentuk foto dan video tidak bisa sembarangan tanpa memperhatikan kualitasnya.

Untuk foto yang diunggah, kamu harus memperhatikan kejernihan dan kecerahannya. Selain itu, kamu juga harus tahu dimana letak angle foto terbaik ketika mengambil sebuah gambar. Tentunya angle foto terbaik itu berbeda-beda tergantung dari objek dan backgroundnya.

Sementara untuk video, kamu harus memperhatikan kualitas kameranya. Karena kualitas kamera sangat mempengaruhi hasil video nantinya. Perhatikan juga tiap-tiap scane saat pengeditan video dilakukan. Buatlah video yang menarik sehingga followers tidak mudah bosan ketika menontonnya.

4. Sematkan caption yang analitis

Ketika mengunggah sesuatu, baik itu foto maupun video, biasakanlah untuk memberikan caption yang analitis. Hal ini dikarenakan terkadang followers ingin melihat bagaimana tanggapan kamu terhadap postinganmu sendiri. Misalnya, kamu mengunggah postingan tentang fenomena yang sedang terjadi,. Maka kamu bisa memberikan pendapatmu pada bagian caption unggahan tersebut.

Ada dua keuntungan jika kamu sering memberikan caption yang analitis. Pertama kamu bisa menyalurkan pendapat kamu sebagai seorang influencer. Kedua pendapat kamu mungkin saja akan ditanggapi oleh followers berupa setuju atau tidak setuju nya mereka terhadap pendapat itu, ini mungkin akan mengundang banyak interaksi di postingan tersebut yang pada akhirnya membuat kamu semakin terkenal luas.

5. Atur beranda profil jadi menarik

Selanjutnya adalah mengatur beranda profil jadi lebih menarik. Misalnya di Instagram, jika foto dan video yang diunggah berantakan atau tidak selaras atau tidak disusun dengan baik, maka feed Instagram profil kamu akan terlihat tidak menarik dimata followers.

Nah untuk menutup cela ini, kamu bisa melihat instagram dari berbagai influencer terkenal lainnya untuk dijadikan sebagai bahan refrensi. Dengan begitu, kamu akan mudah mengatur feed Instagram.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan informasi di bio profil. Berikanlah informasi yang bisa meyakinkan followers bahwa kamu adalah seorang influencer yang terpercaya. Informasi yang bisa kamu berikan misalnya akun media sosial lain, alama email, dan jika ada link website resmi.

6. Rajin berinteraksi dengan followers

Yang menjadikan influencer semakin terkenal itu tak hanya mereka yang bisa dalam menyuguhkan konten yang menarik saja, tapi mereka yang juga rajin berinteraksi dengan followersnya, baik itu pada kolom komentar atau memanfaatkan fitur story di Instagram maupun Facebook.

Kamu bisa memulainya dengan menyapa followers, berbagi pengalaman menarik, membuat QnA, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kamu akan dinilai sebagai influencer yang selalu melibatkan pengikutnya dalam setiap perkembangan menuju arah yang lebih baik.

7. Konsisten

Menjadi seorang influencer yang terkenal dan sukses memang membutuhkan proses yang panjang. Mulai dari tahap rencana, perkenalan, perkembangan, dan akhirnya mencapai keberhasilan. Namun seperti kata kata bijak mengatakan ‘tidak ada hasil yang mengkhianati proses.’ Selagi kita berusaha dan konsisten mengunggah postingan di media sosial, maka jadi influencer terkenal hanya masalah waktu saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here