50 Kata Kata Memaafkan Kesalahan Orang Lain & Diri Sendiri dengan Ikhlas

0
memaafkan kesalahan orang lain
memaafkan kesalahan orang lain

Kata Kata | Kalimat | Kutipan | Ucapan | Caption | Status | Quotes | Mutiara | Bijak | Motivasi | Maaf | Memaafkan Kesalahan | –  Maaf adalah satu kata yang mudah diucapkan namun sangat sulit untuk dilakukan. Memang benar memaafkan itu bukan perkara yang gampang. Apalagi jika di ingat kembali bagaimana cara seseorang itu menyakiti dan mengkhianati kita dengan mudah dan tanpa perasaan, mungkin akan semakin besar rasa benci kita terhadap dirinya. Memaafkan kesalahan orang lain akan terasa berat kalau tidak datang dari hati, kita serasa berat untuk melupakan kesalahan yang pernah ia buat. Mungkin kita bisa saja memaafkan orang tersebut, tapi sayangnya maaf hanya dari kata-kata saja, namun dari hati belum tentu kita memaafkannya. Ya karena itu tadi, memaafkan seseorang bukan dari hati, masih ada secuil rasa kesal, benci, bahkan rasa dendam.

Memang benar tidak semua manusia bersikap baik kepada kita, pasti ada saja orang jahat yang tidak suka sama kita. Tapi hal itu bukanlah alasan kita untuk sulit memaafkan kesalahan orang lain. Terkadang kita harus memahami bahwa semua orang pasti pernah berbuat salah, termasuk dirimu. Kita semua harus belajar memaafkan kesalahan orang lain, walaupun tak serta merta langsung rela dan ikhlas memaafkan semua kesalahannya. Namun paling tidak kita memiliki keberanian dan jiwa ksatria bisa memaafkan orang yang sudah menzhalimi kita. Jujur tidak mudah melakukan hal itu dan tidak semua orang yang berani mengikhlaskan kesalahan orang lain.

Ketika kita sudah lapang dada memaafkan kesalahan orang lain, hal yang wajib kita hindari adalah jangan mengungkit-ungkit kembali kesalahan itu di masa depan. Karena kalau kita masih saja melakukan hal itu berarti kita belum ikhlas memaafkannya, mengungkit juga mungkin akan melukai hati orang tersebut dan perasaan bersalah orang itu akan makin besar terhadap dirimu sendiri.

Jadi intinya adalah cobalah belajar untuk memaafkan. Memberi maaf bukan hanya datang ketika orang lain meminta maaf kepada kita, tapi kita juga harus memaafkan orang yang memang gak bisa minta maaf dan mengakui kesalahannya. Percayalah menjadi pribadi yang tulus memaafkan kesalahan orang lain dengan ikhlas akan membuat hidup kita tenang dan tentram.

 

Kata Kata Memaafkan Kesalahan Orang Lain dan Diri Sendiri

 

Jika yakin benar, memandanglah dari sudut pihak yang salah, maka benarmu jenis benar yang tak sampai menyakiti orang lain.

Tidak pernah ada orang yang terlalu benar, dan terlalu salah, karena kita bisa belajar dari semua kejadian, apapun itu.

Akan selalu ada orang yang meminta maaf, bukan karena dia salah tapi karena dia tak mau memperpanjang masalah.

Orang yang salah pun berhak punya kesempatan sekali lagi, untuk menutupi kesalahannya.

Aku senang kita berdua punya banyak kesamaan. misal kau orang yang selalu mengulang kesalahan itu, dan aku orang yang selalu memaafkan itu.

Baca Juga: 50 Kata Kata Mencintai Orang yang Salah – Akhiri dan Terima Kenyataan

Memaafkan adalah hadiah yang terbaik bagi dirimu sendiri saat engkau disakiti.

Memaafkan orang lain itu penting, memaafkan diri sendiri jauh lebih penting.

Ketika kamu memaafkan seseorang, Tuhan akan membuatmu melupakan kesalahan orang tersebut.

Kamu pernah membuat luka, namun aku sudah memaafkan nya, karena bagaimanapun kita pernah punya cerita bahagia.

Meminta maaf tidak otomatis menghilangkan perasaan bersalah, dan memaafkan tidak langsung menghilangkan rasa sakit hati.

Cinta yang besar bisa berubah menjadi kebencian yg besar, butuh kebesaran hati untuk memaafkan, menyadari bahwa hidup harus terus berjalan.

Biarlah benci berlalu menjadi maaf. Tak semua salah harus dipendam dalam lubuk hati. Biarkan hatimu lapang oleh rasa memaafkan.

Agar hatimu tenang, mulailah memaafkan dan menyadari bahwa terkadang seseorang bisa saja melakukan kesalahan.

Hubungan akan semakin kuat saat kau dan dia mau memahami kesalahan dan tidak gengsian untuk saling memaafkan.

Memaafkan kesalahan berarti membebaskan hati dari kegilasahan.

Jika aku terlalu banyak membuat kesalahan, tolong temukanlah alasan kuat untuk memaafkan dan rapuhkanlah alasanmu untuk meninggalkan.

Aku tau kamu terlalu sulit memaafkannya. Tapi yang perlu kamu ketahui, saat kau tutup hatimu untuk memaafkannya, maka Allah pun akan menutup banyak kebaikan untukmu di masa depan.

Memaafkan adalah bentuk pembalasan yang terbaik, karena pengampunan memberikan pelajaran lebih baik dari penghukuman.

Tak perlu bersusah payah untuk membalas dendam, cukup maafkan setiap kesalahan. Karena memaafkan adalah pembalasan yang terbaik.

Memaafkan kesalahan tidak perlu melupakan orangnya, melepaskan harapan tidak perlu meninggalkan hatinya.

Hati akan menemukan kedamaiannya saat kita mampu memaafkan. Jadilah pribadi yang anggun diatas ketulusan.

Memaafkan memang tak akan mengubah masa lalu, tapi pasti akan mempermudah masa depan.

Ketika kesalahan masa lalu terus mengganggu, kamu harus memaafkan dirimu dengan menerima kesalahanmu dan kesalahan orang lain terhadapmu.

Kadang lebih mudah memaafkan mereka yang berbuat salah daripada memaafkan mereka yang berkata benar. Kejujuran kadang menyakitkan.

Belajarlah untuk bisa memaafkan kesalahan orang lain. Hidup terlalu singkat hanya untuk mendendam. Sabar, maafkan, dan lupakan.

Kemampuan untuk memaafkan diri sendiri itu sangat penting, karena tanpa kemampuan itu, siapapun sulit untuk mampu memaafkan orang lain.

Hanya karena dia selalu memaafkanmu, bukan berarti kau bisa terus menerus menyakitinya. Memaafkan itu hal mudah, tapi melupakan adalah yang tersulit.

Memang tidak mudah untuk memaafkan diri sendiri, tapi itu adalah cara terbaik yang dapat kamu lakukan ketika kamu terluka karena kesalahanmu sendiri.

Meminta maaf bukan berarti kamu salah dan orang lain benar, namun karena hatimu memiliki nilai yang lebih tinggi dari egomu. Dan mengalah bukanlah suatu kekalahan.

Mencoba mengawali tidur dengan memaafkan banyak hal yang sudah terjadi. Entah kenapa tiba-tiba semuanya terasa ringan. Tanpa beban.

Aku memaafkan orang bukan karena aku lemah. Aku memaafkan karena aku memahami bahwa setiap orang pasti punya kesalahan, termasuk diriku.

Tidak pernah terlalu pagi untuk berbahagia. Tidak pernah terlalu siang untuk memaafkan.

Siapa pun, beritahu aku cara memaafkan. Aku tak ingin selalu mengingat satu keburukan, namun banyaknya kebaikan malah aku sering lupakan.

Setiap orang yang salah dalam hidup kita mengajarkan kita satu hal, hati yang kuat adalah hati yang sanggup memaafkan, bukan melupakan.

Jadilah manusia yang selalu memaafkan kesalahan orang lain dan meminta maaf jika melakukan kesalahan kepada orang lain agar hati selalu tenang.

Kita harus selalu belajar memaafkan, belajar menerima bahwa oranglain bisa gagal dipercaya, sama seperti diri kita juga.

Memaafkan adalah balasan terbaik untuk sebuah kesalahan, mungkin berat, tapi tidak untuk mereka yang punya niat.

Kita selalu bisa memaafkan tanpa harus melupakan, tapi kita tidak akan pernah bisa benar-benar melupakan tanpa memaafkan.

Orang yang paling banyak mendapat maaf dari Allah, adalah orang yang paling banyak memaafkan kesalahan orang lain.

Hanya mereka yang kuat yang mampu mengucapkan kata maaf, namun bagi mereka yang mampu memaafkan adalah orang yang lebih kuat.

Kita harus pandai-pandai mengatur kata, karena begitu kesalahan terucap, orang hanya bisa memaafkan, tidak mudah melupakan.

Memaafkan tapi jangan melupakan, atau kamu akan tersakiti lagi. Memaafkan merubah pandangan, melupakan menghapus pelajaran.

Memaafkan bukan harus karena ia layak dimaafkan, tapi hanya karena kamu pantas untuk bahagia.

Orang yang barani dan mau memaafkan menandakan dirinya memiliki pribadi yang berkualitas serita berhati teduh.

Saat kita mampu memaafkan dan tersenyum pada orang yang menyakiti kita, saat itulah kita memastikan bahwa kita lebih baik darinya.

Maaf dan memaafkan, dua hal yang terdengar biasa tapi tak mudah untuk dilakukan. Perlu keberanian, kedewasaan dan juga ketulusan untuk melakukannya.

Memaafkan belum tentu membuat kita lebih baik atau bahkan merasa lebih baik tetapi yang jelas membuka jalan kebaikan.

Ketika teringat kenangan pahit, padahal biasanya hatimu teriris pedih, itu tandanya kamu semakin mampu ikhlas menerima masa lalu dan berdamai dengan dirimu sendiri.

Memaafkan bukan karena kamu merasa benar sementara orang lain salah. Memaafkan berarti kamu telah cukup dewasa untuk memahami bahwa tidak ada yang sempurna.

Apabila kamu ingin Allah mengampuni dosa-dosa-mu, maka maafkanlah orang yang berbuat salah kepadamu. Karena balasan itu sesuai dengan jenis amal perbuatan.

Saat kau memaafkan orang lain, berarti kau telah memulihkan hati dua orang sekaligus. Hati dia yang berbuat salah, dan hatimu yang ikhlas menerima.

Orang yang paling sabar diantara kamu ialah orang yang memaafkan kesalahan orang lain padahal dia berkuasa untuk membalasnya (HR Baihaqi).

Tidakkah kita malu kepada Allah karena kita meminta maaf dari-Nya tapi kita tidak mau memaafkan sesama hamba Allah?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here