Masjid Tetap Berdiri Kokoh, Deretan Keajaiban yang Ditemukan Pasca Tsunami Palu

0
Masjid Tetap Berdiri Kokoh, Deretan Keajaiban yang Ditemukan Pasca Tsunami Palu

Gempa berkekuatan 7,4 skala Richer (SR) mengguncang kota Palu pada (28/9/2018). Guncangan gempa yang terjadi disusul gelombang tsunami dengan kecepatan 200-400 km/jam menyapu kawasan Teluk Palu, dan menyebabkan banyak korban jiwa berjatuhan. Selain cerita korban yang selamat dari maut tersebut, ada juga kejadian aneh yang membuat kita mengingat kembali kuasa Tuhan Yang Maha Esa.

Lazimnya, guncangan gempa dan terjangan tsunami membuat banyak bangunan roboh dan hancur terbawa air. Namun kekuasaan Tuhan Tak Terbatas. Meskipun musibah tak bisa dihindari, namun atas seizin-Nya, maka kejaiban terjadi. Beberapa bangunan tetap berdiri kokoh disaat bangunan sekitar hancur rata sama tanah.

Mari kita renungkan keajaiban yang ditemukan pasca tsunami Palu dibawah ini.

1. Masjid terapung yang tidak roboh meski di terjang tsunami

Masjid terapung yang tidak roboh meski di terjang tsunami
Sumber foto

Kita tidak lupa keajabaian masjid Abdurahman yang masih berdiri kokoh di saat bangunan di sekitarnya hancur karena tsunami Aceh. Hal serupa juga terjadi pada Masjid Terapung Arqam Bab Al Rahman di Kota Palu. Yang paling tak habis pikir lagi, Masjid ini terletak di bibir pantai Talise, tempat utama yang dihantam tsunami. Namun Masjid Arqam tidak hancur karena gempa dan tidak juga terseret tsunami yang dahsyat, meskipun bagian jembatan yang menghubungkan Masjid ini rusak. Kokohnya Masjid Arqam tentu ada campur tangan dari Yang Maha Perkasa.

2. Tembok bertulisan Lafadz Allah tidak runtuh

Tembok bertulisan Lafadz Allah tidak runtuh
Sumber foto

Publik dibuat terseduh ketika akun Instagram @Newstijen memposting foto terkait kekuasaan Allah pasca gempa dan tsunami di Palu. Saat terjadi gempa di Palu, salah satu tembok yang bertempelkan lafadz Allah dan Nabi Muhammad masih kokoh berdiri padahal bangunan sekitarnya telah hancur rata dengan tanah. Meskipun bagian dari tembok ini sedikit rusak, namun anehnya kaligrafi bertulisan Arab tersebut terlihat tak tersentuh dasyatnya tsunami.

3. Al-Quran yang ditemukan di runtuhan gempa

Al-Quran yang ditemukan di runtuhan gempa
Sumber foto

Allah SWT benar-benar menunjukkan kekuasaannya. Al-Quran sebagai pedoman kehidupan bagi umat manusia dijagaNya dalam musibah dahsyat di Palu. Sebuah Al-Quran ditemukan di puing-ping reruntuhan akibat terjangan tsunami. Ketika digali tanahnya basah, namun Al-Quran tersebut tetap kering dan tidak rusak.

4. Al-Quran selamatkan tuannya yang hanyut

Al-Quran selamatkan tuannya yang hanyut
Sumber foto

Kisah ini sempat dianggap Hoax belaka. Namun ternyata setelah dikonfirmasi berita tersebut benar adanya bahkan diceritakan oleh sosok yang mengalami kejadian tersebut. Seorang lelaki bernama Ragiel Mu’alif, sebelum musibah gempa terjadi, dia tengah menuju masjid apung untuk menunaikan Sholat Maghrib. Ragiel yang membawa ransel berisikan Al-Qur’an terkejut saat gempa terjadi. Dan sesaat kemudian, dirinya terbawa gelombang tsunami yang menghantam setinggi 100 meter.

Sambil terus menyebut nama Allah dan bersyahadat, Ragiel mengaku tiba-tiba gelombang air tersebut menjadi tenang dan surut. Ragiel pun langsung menyelamatkan diri sembari menyelematkan beberapa orang yang masih hidup.

5. Rumah tempat belajar Al-Quran tak tersentuh

Rumah tempat belajar Al-Quran tak tersentuh
Sumber foto

Erni Subarianita, salah satu yang merasakan dahsyatnya gempa di Palu juga tak ketinggalan mendapatkan keajaiban. Rumahnya yang sering dijadikan tempat anak-anak belajar Al-Quran tetap utuh walau diguncang gempa. Padahal, rumah sekitar banyak yang roboh. Erni meyakini rumahnya tidak roboh berkat Alquran. Sebab, rumah Erni menjadi tempat belajar anak-anak warga sekitar membaca Alquran.

Dari kisah keajaiban yang ditemukan pasca tsunami Palu diatas adalah salah satu tanda-tanda nyata dari kekuasaan Allah SWT bagi orang-orang yang memikirkannya. Sejatinya, yang ada di dunia ini hanyalah milik-Nya, dan Dia berhak untuk meminta-Nya kembali. Semoga dari musibah ini membuat kita sadar bahwa kita selama ini sudah terlalu jauh dari-Nya, dan kembali di jalan-Nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here