9 Fakta Kebiasaan Makan Orang Indonesia yang Unik dan Bikin Senyum-senyum Sendiri

Indonesia mempunyai beragam makanan khas yang berbeda-beda dari Sabang dan Marauke. Tak hanya makanannya, cara makan orang Indonesia pun juga berbeda-beda di setiap daerah. Nah berbicara tentang cara makan, kebiasaan makan orang Indonesia memang tergolong unik. Bahkan mungkin takkan pernah kita temui di negara lain.

Saking sudah mendarah daging pada budaya Indonesia, tak jarang apapun makanan modern yang ditawarkan saat ini, kebiasaan makan kita masih tetap dipertahankan. Sejujurnya, begitu banyak kebiasaan unik orang Indonesia saat makan. Sampai-sampai menjadi bahan guyonan lewat meme. Nah, memangnya apa saja sih kebiasaan makan orang Indonesia? Yuk simak 7 faktanya.

1. Makan pakai tangan

Makan pake tangan

Kebiasaan makan pakai tangan tampaknya sudah mendarah daging di masyarakat Indonesia. Apalagi menurut banyak penelitian, makan pakai tangan juga lebih menyehatkan tubuh kita dibanding memakai sendok dan garpu. Selain itu, entah apa alasannya. Makan pakai tangan juga dirasa bisa menambah kenikmatan makanan ketika menyantapnya.

2. Selalu ada kobokan

Kobokan makanan

Kamu merasa nggak saat makan di restoran atau warung makan, kamu sering banget tuh di kasih kobokan berisi jeruk nipis untuk mencuci tangan sebelum atau sesudah makan. Yaps, itu mungkin karena kebiasaan orang Indonesia yang sering makan pake tangan. Gak kebayang kalo misalnya bule atau orang asing makan terus di kasih kobokan, mungkin disangkanya minuman ya. XD

3. Bukan makan namanya kalau gak pakai nasi

Nasi putih

Nasi adalah makanan pokok orang Indonesia. Jadi wajar kalo orang Indonesia gemar sekali makan nasi. Bahkan saking butuhnya kita terhadap nasi, sampai-sampai ada sebutan “bukan makan namanya kalau tanpa nasi.”

4. Gak pedes, gak enak

Makanan pedas

Untuk sebagian orang Indonesia, kurang nikmat rasanya kalau makan tanpa ada sensasi rasa pedas. Kalau makanannya gak pedes, makanan itu rasanya akan hambar dan gak terlalu enak. Banyak juga yang berprinsip “semakin pedas, ya semakin enak.” Kalau kamu suka makanan pedes gak nih?

5. Makan pakai kerupuk

Kerupuk

Kerupuk adalah makanan yang juga tergolong penting dan sering ada untuk melengkapi makanan orang Indonesia. Sensasi gurih dari kerupuk terkadang menambah nikmatnya makanan yang sedang kita santap. Dan makan pakai kerupuk menjadi kebiasaan makan orang Indonesia yang unik dan tidak akan ditemui di negara lain.

6. Makan nasi sama mie

Makan Nasi dan Mie

Kebiasaan makan orang Indonesia yang paling unik adalah mencampur nasi dengan mie. Kan, nasi dan mie sama-sama karbohidrat. Tapi menurut beberapa orang, mie hanya dijadikan sebagai pelengkap rasa makanan saja.

7. Selalu cari nasi padang

Masakan padang

Untuk beberapa orang, rasanya kayak ada yang kurang kalau hari ini belum makan nasi padang. Mungkin makan nasi padang sudah menjadi kebiasaan kita. Terlebih, gak susah mencari makanan yang satu ini. Karena hampir di setiap sudut di tempat kita pasti ada yang menjual masakan padang.

8. Makanan jatuh, belum 5 menit

Makanan jatuh belum 5 menit

Kebiasaan yang satu ini kayaknya sudah menjadi hal yang biasa untuk orang Indonesia. Dimana ketika makanan jatuh, “gapapa lah, belum 5 menit.” Hayoo. ada yang pernah ngelakuinnya?

9. Lauk paling enak dimakan terakhir

Lagi makan

Kamu pernah menyisakan lauk yang paling enak untuk dimakan terakhir? Potongan ayam goreng, daging rendang, dan lain-lainnya akan terasa lebih nikmat saat dimakan terakhir. Kepuasan menikmati lauk yang paling enak di akhir ini jadi kebiasaan khas orang Indonesia ketika makan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here