in

Kerja Tanpa Keluar Rumah! 6 Jenis Pekerjaan yang Bisa Dilakukan dari Rumah

Kerja Tanpa Keluar Rumah! 6 Jenis Pekerjaan Yang Bisa Dilakukan Dari Rumah

Di jaman yang sudah modern  dan dengan berbagai macam bantuan teknologi seperti sekarang ini, hampir setiap hal bisa dilakukan dengan lebih mudah dan di mana saja. Termasuk untuk urusan pekerjaan.

Jika biasanya dulu kita melakukan pekerjaan harus di kantor atau di tempat tertentu yang sudah disediakan, maka sekarang ada beberapa jenis pekerjaan yang biasa kita lakukan di rumah atau di mana saja serta tanpa terikat waktu. Pekerjaan seperti ini cenderung lebih fleksibel dan menuntut kreativitas si pelaku untuk me-manage waktu dan mengorganisir pekerjaan.

Terlebih pada masa pandemi saat semua orang harus melakukan segalanya dari rumah, serta kerugian seperti kehilangan pekerjaan karena wabah yang mengglobal membuat semua orang berpikir untuk mencari tambahan penghasilan.

Orang-orang yang kehilangan pekerjaan dituntut lebih kreatif untuk mencari cara agar tetap bisa bertahan hidup meski dari rumah saja. sedangkan bagi yang masih bekerja dari rumah, penurunan gaji serta kehilangan bonus juga memaksa mereka untuk mencari tambahan lain.

Nah, dari keresahan di atas penulis ingin membagikan beberapa jenis pekerjaan yang bisa kamu lakukan meski hanya dari rumah.

1. Berjualan online

Photo by Freepik

Sejak internet dan sistem online bertebaran di mana-mana, banyak perubahan dalam hidup manusia dan hal-hal yang dikerjakan melalui online. Hal ini jelas mempermudah dan memperluas ruang gerak manusia. Tak terkecuali dalam hal jual-beli.

Jualan online memang sudah nggak asing lagi. Bermodalkan gadget serta jaringan internet yang lancar, kegiatan jual-beli bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja.

Produk yang bisa dijual online juga tidak terbatas tergantung keinginan kamu ingin menjual produk apa saja. Dari tekstil, peralatan rumah tangga hingga makanan. bahkan dengan adanya sistem dropship, kamu tidak perlu susah-susah menyetok barang dengan modal yang banyak. kamu hanya perlu bekerjasama dengan pemilik produk dan menjual kembali barang mereka dengan harga yang bisa kamu tentukan sendiri. Namun tetap, kamu harus hati-hati terhadap penipuan yang juga semakin marak.

2. Menjadi penulis di platform online

Photo by Freepik

Menjadi penulis bisa jadi pekerjaan yang menjanjikan. Namun jika kamu belum punya tempat dan belum terlalu popular untuk menjual buku sendiri. Kamu bisa mengandalkan berbagai aplikasi untuk menerbitkan buku di platform online.

Ada banyak aplikasi bagi penulis dan pembaca buku yang bisa kamu akses di smartphone. Biasanya aplikasi-aplikasi ini memberikan bayaran kepada penulis dengan berbagai tingkat atau ukuran dari tulisannya. Dengan jumlah pembaca, peringkat, hingga tulisan premium yang dibeli oleh pembaca.

Jika ingin benar-benar menjadi unggul sebagai penulis online, tentu saja kamu harus bersungguh-sungguh untuk menekuni pekerjaan ini. Buatlah cerita yang unik dan berbeda untuk menarik perhatian pembaca. Jika penerbit mayor sudah melirik tulisanmu, maka kamu akan mendapat keuntungan lainnya saat bukumu naik cetak dan dibeli oleh ribuan orang.

Kamu bisa menekuni pekerjaan ini dan terus menggali ide yang cemerlang. Tanpa menjadi pegawai pun kamu bisa melakukan pekerjaan ini dari rumah dan menghasilkan uang yang banyak.

3. Menjadi penulis lepas

Photo by Freepik

Selain menekuni menjadi penulis untuk menulis buku sendiri, ada banyak jenis pekerjaan lainnya yang membutuhkan skill menulis. Seperti copy writer, content writer, penerjemah, hingga review produk. Dan uniknya semua jenis pekerjaan ini bisa kamu lakukan dari rumah lho.

Menjadi penulis lepas dengan bayaran yang sesuai bisa menjadi ladang penghasilan yang bisa kamu andalkan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pekerjaan lain asal pandai mengatur waktu dan mengorganisir pekerjaanmu.

Jika ingin menjadi penulis lepas dengan penghasilan yang menggiurkan, maka kamu harus pandai mendapatkan jenis project yang besar menawarkan imbalan setimpal. Namun tentu saja harus dibarengi dengan skill kamu yang mumpuni. Kamu bisa memulainya dengan menulis artikel untuk website-website online, me-review produk tertentu di media sosial, hingga menulis naskah untuk keperluan iklan dan sebagainya.

Baca juga : Kerjanya Santai! ini 7 Keuntungan Menjadi Seorang Freelancer

4. Desainer

Photo by Freepik

Pekerjaan berikutnya yang bisa kamu lakukan dari rumah adalah menjadi desainer. Seperti yang kita tahu, ide adalah mahal. Maka jenis pekerjan ini sama dengan penulis, membutuhkan ide yang luar biasa hingga riset yang tidak sebentar.

Namun jika sudah mendapatkan ide, pekerjaan seperti ini akan menjadi mudah dan tentu saja bisa kamu lakukan tanpa harus ngantor. Selain itu, kamu juga bisa mengambil beberapa jenis project sekaligus tergantung kemampuanmu.

Desainer dengan ide dan karya yang cemerlang juga dibayar dengan harga mahal lho. Asal bisa tembus dan sesuai yang diinginkan oleh klien, kamu bisa mematok harga sesuai keinginan dan kemudian bisa disepakati bersama. Jenis-jenis desain pun beragam, desain untuk tempat tinggal, pakaian, desain logo brand, cover, hingga desain untuk panggung.

Menjadi desainer selain menuntut kreativitas yang tinggi juga menuntutmu untuk belajar terus mengasah skill  dan mengikuti perkembangan jaman. Menarik, kan? Apakah passion kamu di sini? Yuk bisa sekalian dijadikan pekerjaan.

5. Content creator

Photo by Freepik

Di jaman sekarang, istilah content creator sedang booming dan juga menjadi pekerjaan banyak orang dengan berbagai macam keahlian. Content creator seperti namanya adalah istilah untuk orang-orang yang membuat konten menarik kemudian dibagikan di berbagai platform online atau media sosial.

Para content creator biasanya membuat konten dalam bentuk audio-visual seperti video-video yang bisa kita lihat di youtube atau instagram, kemudian konten yang berupa audio saja seperti podcast, atau berupa gambar atau foto.

Konten-konten yang diciptakan oleh para creator ini pun beragam, mulai dari musik, ilustrasi, kata-kata, make up, desain, foto, tarian, hingga review dalam bentuk video.

Persaingan bagi para content creator pun tidak mudah, namun jika kamu membuat content yang menarik dan mendatangkan followers yang banyak, kamu bisa menjadikan ini sebagai pekerjaan. Tawaran untuk endorse  produk dan sebagainya jadi nilai tambah karena konten yang kamu buat dilihat banyak orang.

6. Penyedia jasa mentor online

Photo by Freepik

Kalau kamu pernah lihat video-video edukasi tentang berbagai hal hingga mata pelajaran tertentu, kamu juga bisa melakukan hal yang sama dengan modal perangkat pembuat video dari rumah. Kamu bisa menjadi mentor online untuk bidang tertentu yang kamu sukai. Seperti contohnya mentor untuk mata pelajaran tertentu, mentor untuk skill tertentu seperti menulis, desain grafis, public speaking, dan lain-lain.

Mentor online dibutuhkan karena fleksibel dan bisa direkam dalam bentuk video sehingga kamu bisa menawarkan kepada setiap orang yang membutuhkan. Tapi biasanya untuk meyakinkan orang agar percaya dengan kemampuanmu, kamu harus memiliki lisensi, pengalaman hingga portofolio tertentu. Baru kamu bisa mematok harga sesuai dengan tingkat kemmapuan dan kualitas yang kamu miliki. Tertarik menjadi seorang mentor online?

Bagaimana? Apakah jenis pekerjaan di atas ada yang sesuai dengan kemampuanmu? Asal ada kemauan, kamu pasti bisa melakukannya. Kalau bisa bekerja dari rumah, ngapain harus keluar, ya kan?

Baca juga : 7 Ide Usaha Di Rumah Aja di Tengah Pandemi Corona

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *