in

Ketahui 7 Hal Penting Saat Memulai Bisnis Startup yang Wajib Anda Ketahui

7 Hal Penting Ketika Mau Memulai Bisnis Startup yang Wajib Anda Ketahui
photo by bibit artikel

Saat ini. banyak sekali orang-orang, khususnya anak muda, yang ingin memulai bisnis startup. Di saat lowongan pekerjaan yang semakin sulit dicari, membangun startup bisa menjadi solusi untuk menciptakan peluang kerja dan bisnis baru dengan mengandalkan inovasi-inovasi dan ide kreatif.

Perkembangan internet yang ada di Indonesia, serta masyarakatnya yang semakin akrab dengan teknologi dan internet, membuat perusahaan rintisan digital yang masif menjadi daya tarik tersendiri bagi semua orang untuk memulai bisnis startup.

Yang menarik, startup bisnis online ataupun perusahaan rintisan buatan entrepreneur Indonesia semakin dilirik oleh para investor asing, mengingat pasar Indonesia yang sangat potensial dan belum sepenuhnya dijajal.

Menjalankan dan memulai startup tidak hanya menantang, namun dikarenakan polesan inovasi, biasanya startup ini memiliki dampak yang luar biasa bagi tatanan kehidupan masyarakat.

Apa Saja Hal yang Penting Ketika Anda Ingin Memulai Bisnis Startup?

Apa Saja Hal yang Penting Ketika Anda Ingin Memulai Bisnis Startup?
photo by okezone.com

Nah, bagi Anda yang tertarik dan ingin terjun ke dunia startup, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk memulai bisnis ini.

1. Dimulai dengan niat yang serius

Dimulai dengan niat yang serius
photo by lentera hidup

Bagaimana mau menjalankan bisnis jika niatnya tidak full 100%. Oleh sebab itu, ketika Anda akan memulai startup, mantapkan niat. Dari niat inilah akan lahir keseriusan, harapan, dan mimpi-mimpi di masa yang akan datang.

Niat yang kokoh juga akan membuat emosi Anda stabil saat menghadapi permasalahan tertentu. Anda tidak akan mudah goyah karena niat Anda untuk sukses sangatlah besar.

2. Membuat ide berdasarkan hobi

Membuat ide berdasarkan hobi
photo by digination.id

Jika Anda masih bingung mau buat produk atau layanan seperti apa yang cocok untuk dijual? Daripada pusing, mengapa tidak memulainya dari hobi Anda sendiri?

Hobi pastinya adalah sesuatu yang Anda gemari dan kuasai, mengerjakan sesuatu berdasarkan hobi akan membuat Anda lebih senang dan nyaman dalam menjalankannya.

Coba bandingkan saat Anda mengerjakan sesuatu yang bukan keahlian Anda, apalagi hobi Anda, kemungkinan besar Anda akan sangat terbebani saat mengerjakannya.

Oleh karena itu, daripada Anda memulainya dari awal, mulai dari memahami teori dan praktek, lebih baik Anda mengawalinya dengan sesuatu yang anda kuasai. Lalu fokuslah bagaimana menjadikan sesuatu itu lebih baik sampai menjadi yang terbaik.

3. Ketahui Permasalahan Sosial

Ketahui Permasalahan Sosial
photo by sirclo

Startup yang langsung melejit adalah startup yang dibutuhkan dan dapat menyelesaikan permasalahan sosial di tengah masyarakat.

Misalnya seperti ini, banyak orang yang mengeluhkan susahnya membayar tagihan bulanan. Mungkin karena sistemnya berbelit-belit atau sulit mengakses tempat pembayarannya, mungkin karena tempatnya jauh, ngantri, dan lain-lain.

Nah ini adalah suatu permasalahan sosial yang mungkin dirasakan oleh semua orang. Anda bisa memulai startup yang bisa menyelesaikan permasalahan ini. Misalnya aplikasi pembayaran yang dapat digunakan agar masyarakat tidak perlu lagi lama-lama ngantri dan lain-lain.

Begitu juga untuk startup bisnis konvensional. Contoh simpelnya, Banyak tetangga atau daerah Anda yang mengeluhkan jauhnya pasar untuk membeli sembako. Anda bisa memanfaatkan permasalahan ini untuk membuka toko sehingga orang di daerah Anda tidak perlu lagi jauh-jauh ke pasar.

4. Membuat rencana bisnis startup

Membuat rencana bisnis startup
photo by dunia karyawan

Tidak mungkin ada suatu bisnis yang berjalan tanpa sebuah rencana. Rencana bukan saja tentang apa yang Anda tulis di atas kertas dengan banyak gambar dan coretan. Ketika Anda memikirkan sesuatu tentang bisnis Anda, bisa jadi Anda juga sedang merencanakannya.

Untuk membuat rencana, Anda bisa membuat rencana yang simple dan sederhana saja dimana Anda bisa menjalankannya secara maksimal. Ini akan lebih baik daripada membuat rencana yang kompleks tapi Anda tidak bisa menjalankannya.

5. Memperhatikan target dari pasar

Memperhatikan target dari pasar
photo by midtrans blog

Untuk memulai bisnis startup, jangan berpatokan pada besar kecilnya pasar, melainkan seberapa besar kesempatan pasar tersebut untuk terus berkembang.

Pasar yang sudah besar terkadang memiliki titik jenuh karena sudah terlalu banyak pesaing, dan ini mungkin akan menyulitkan startup Anda untuk berkembang.

Berbeda dengan pasar yang kecil namun berpotensi untuk terus berkembang, Anda mungkin tidak menemukan banyak pesaing. Dan ketika pasar sudah besar, maka startup Anda akan menguasai pasar tersebut.

Memperhatikan target pasar ini sangat penting bagi Anda yang ingin memulai bisnis startup dikarenakan Anda bisa mengetahui apa yang di inginkan pasar.

6. Jangan memikirkan dulu soal modal

Jangan memikirkan dulu soal modal
photo by wisklik.com

Modal adalah salah satu faktor penting dalam memulai bisnis startup. Modal ini bisa Anda dapatkan dari tabungan sendiri, investor, pinjaman dari bank, atau pun sumber lainnya.

Banyak yang menganggap startup itu membutuhkan uang yang sangat besar, untuk membayar karyawan, iklan sana-sini, diskon besar-besaran, dan sebagainya. Mungkin hal ini ada benarnya. Namun jika startup Anda memang dibutuhkan, maka Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal.

Oleh karena itu, jangan terlalu menghawatirkan modal, mulai saja dulu. Jika startup Anda sudah berkembang, mungkin akan banyak pemodal yang akan membantu keuangan startup Anda.

Baca Juga: 5 Tips Mengelola Keuangan Di Awal Berdirinya Startup

7. Memberikan keunikan dari produk agar mudah diterima oleh semua orang

Memberikan keunikan dari produk agar mudah diterima oleh semua orang
photo by indotrading news

Keunikan produk sangat diperlukan dalam memulai bisnis startup. Ini penting agar bisnis Anda bisa menawarkan sesuatu yang berbeda yang selama ini masih belum pernah diberikan oleh para kompetitor Anda pada pelanggannya.

Jika Anda menawarkan produk atau layanan yang sama, Anda perlu bersaing “face to face” dengan kompetitor. Bisa jadi startup Anda akan kalah. Karena pesaing Anda sudah lama sedangkan Anda masih baru memulainya.

Seperti kata kata Jack Ma “Anda harus belajar dari pesaing Anda, tapi Jangan pernah menirunya, meniru, Anda akan mati”

Dengan keunikan tersendiri dari produk Anda, itu akan membuat bisnis anda lebih mudah untuk diterima oleh semua orang. Karena semua orang lebih tertarik kepada sesuatu yang baru daripada sesuatu yang sudah biasa mereka lihat dan gunakan.

Itulah beberapa informasi mengenai bagaimana cara untuk memulai bisnis startup yang simple dan gak ribet. Semoga saja dengan membaca artikel ini dapat menginspirasi Anda dalan memulai bisnis.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *