in

Ketahui 8 Kebiasaan Positive People, Mereka yang Tidak Pernah Menyerah! Kamu Termasuk?

Ketahui 8 Kebiasaan Positive People, Mereka yang Tidak Pernah Menyerah! Kamu Termasuk?

Positive People adalah orang yang mampu menjalani waktu yang dimilikinya dengan kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat. Biasanya positive people juga selalu bersemangat dalam menjalani keseharian serta selalu berpikir positif dalam berbagai hal yang sedang dan akan dia jalani.

Si positive people tidak menunggu hidup menjadi seperti yang mereka inginkan, sebelum mereka dapat mulai menikmatinya. Mereka tidak khawatir tentang masalah dan rintangan, tetapi mencari cara untuk menyelesaikannya. Mereka juga selalu terlihat bahagia dan tidak pernah mengeluh.

Ada berbagai kebiasaan tertentu yang dimiliki orang-orang positif yang membantu mempertahankan sikap bahagia mereka. Meskipun tampaknya sulit untuk bersikap positif sepanjang waktu, ada cara untuk lebih bersyukur dan tidak menganggap hidup begitu serius. Mengapa?

Karena, tidak ada orang lain yang bisa mengendalikan perasaan kamu selain kamu sendiri. Jadi jika kamu ingin lebih positif, kamu harus mengambil langkah yang tepat untuk mencapainya. 

Berikut 8 kebiasaan yang dapat kamu tiru dari orang-orang positif untuk membuat kamu menjadi orang yang lebih positif. Apa saja?

1. Menuliskan Tujuan yang Ingin Dicapai

Menuliskan Tujuan yang Ingin Dicapai
Images by Pexels

Menuliskan tujuan adalah kebiasaan positive people yang ingin menjalani kehidupan yang lebih positif. Ini berarti mereka memiliki visi yang jelas tentang apa yang mereka inginkan dan bagaimana mereka akan mencapainya.

“Ini memprogram otak Anda untuk membantu Anda menemukan langkah-langkah positif yang dapat Anda ambil untuk mencapai tujuan Anda. Ini akan mengingatkan otak Anda untuk memperhatikan hal-hal dan peristiwa yang terkait dengan tujuan Anda.”

“Anda secara otomatis akan lebih sadar akan peristiwa, peluang, dan orang-orang tertentu yang dapat membantu. Anda juga akan lebih jelas tentang apa yang Anda inginkan, dan ini akan menyelinap ke dalam percakapan dan sikap Anda secara umum, di mana orang lain dapat menangkapnya.” ujar Tina B. Tessina, PhD 

2. Yakin Rencana Akan Berhasil

Yakin Rencana Akan Berhasil
Images by Pexels

Mereka tidak membiarkan rasa takut dan khawatir mengecewakan mereka, dan mereka tidak membiarkan pikiran gagal mendominasi pikiran mereka. Dalam benak mereka, mereka melihat rencana dan tujuan mereka telah tercapai.

Ini tidak berarti bahwa semuanya akan berjalan lancar. Seperti orang lain, mereka menghadapi rintangan dan masalah, tetapi mereka tidak membiarkannya menghentikannya. Mereka selalu berusaha mencari cara untuk mengatasi rintangan dan memecahkan masalah.

3. Tidak Memikirkan Kegagalan

Tidak Memikirkan Kegagalan
Images by Pexels

Jika mereka gagal, mereka tidak membiarkan kegagalan menyeretnya ke pikiran negatif, depresi dan keputusasaan. Ketika mereka jatuh, mereka bangun, mencoba lagi, atau mencari rencana lainnya. Ini juga menjadi cara yang bagus untuk meraih kesuksesan dengan selalu berpikir positif dan yakin dengan usahanya.

Mereka tidak ingin gagal. Mereka juga tidak ingin mati. Ini mungkin terdengar ekstrim, tetapi otak dan perasaan mereka selalu berpikir positif. Mereka tidak ingin membuat kesalahan dan merasa malu.

Jadi, mereka melakukan semua yang mereka bisa untuk mencari informasi sebanyak mungkin dan membuat skenario yang memastikan apa yang mereka coba lakukan hampir tidak pernah gagal.

4. Perbanyak Rasa Bersyukur

Perbanyak Rasa Bersyukur
Images by Pexels

Syukur adalah sesuatu yang selalu membantu mengingatkan kita bahwa hidup tidak semuanya buruk. Hal-hal yang kita rasa baik dengan mudah diterima begitu saja.

Jadi pastikan kamu meluangkan waktu untuk memperhatikan apa yang kamu syukuri. Karena bersyukur memberimu kesempatan untuk mencatat hal-hal baik dalam hidupmu, mengurangi stres dan kecemasan, dan merasa lebih baik tentang dirimu, hubunganmu, dan hidupmu.

Si positive people cenderung menghitung apa yang sudah mereka miliki lebih dari yang lain, terutama ketika keadaan tidak berjalan dengan baik. Cobalah untuk memasukkan kebiasaan ini ke dalam hidupmu dengan menulis di jurnal tentang apa yang kamu syukuri. Itu bisa membuatmu lebih menghargai hidup.

5. Berusaha Mempertahankan Kebahagiaan

Berusaha Mempertahankan Kebahagiaan
Images by Pexels

Meskipun kamu tidak harus selalu gembira untuk dianggap sebagai positive people, kamu tahu cara menemukan kebahagiaan, apakah itu melalui olahraga, berkumpul bersama keluarga atau bergaul dengan teman.

“Apa yang bisa Anda lakukan untuk membawa kebahagiaan sebanyak mungkin untuk diri sendiri dan orang lain. Endorfin yang dilepaskannya mengurangi stres dan rasa sakit, serta meningkatkan kesehatan dan sistem kekebalan Anda. Kebahagiaan membuat Anda senang hidup dan senang berada di sekitar”

6. Siap Menghadapi Tantangan

Siap Menghadapi Tantangan
Images by Pexels

Orang yang positif terkadang mengerti bahwa mereka akan menghadapi kesulitan, tetapi mereka tahu bagaimana menanganinya tanpa berpikir bahwa dunia akan segera berakhir. Kamu bisa meniru kebiasaan baik tersebut. Jangan biarkan masa-masa sulit menghentikanmu mengejar apa yang kamu inginkan.

Orang yang positif melakukan semua yang mereka bisa untuk melaksanakan tugas dan kewajiban yang ditugaskan kepada mereka hingga selesai. Mereka tidak membiarkan diri mereka terganggu oleh kesulitan. Jika mereka mengalami masalah, mereka akan melakukan semua yang mereka bisa untuk menyelesaikannya.

7. Melihat Sesuatu Menjadi Peluang

Melihat Sesuatu Menjadi Peluang
Images by Pexels

Kebanyakan orang positif biasanya mencoba melihat situasi apapun sebagai peluang yang mungkin bisa mereka raih. Bahkan ketika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik, mereka mengendalikan situasi untuk mengubahnya menjadi sesuatu yang positif.

“Orang-orang yang positif mengenali peluang dan indikasi kesuksesan yang terlewatkan oleh orang lain”

Beberapa orang tampaknya hanya menarik peluang. Yang lain bekerja keras untuk menjadi penghasil peluang. Dalam kedua kasus tersebut, kamu harus mengenali peluang ketika itu datang atau akan berlalu begitu saja. 

8. Selalu Berpikir Positif

Selalu Berpikir Positif
Images by Pexels

Berpikir positif adalah gagasan bahwa kita dapat mengubah hidup kita dengan berpikir positif tentang berbagai hal. Berpikir positif berarti kita mendekati ketidaknyamanan dengan cara yang lebih positif dan produktif. Kita selalu berpikir yang terbaik akan terjadi, bukan yang terburuk. 

Siapa sangka, berpikir positif ternyata memberikan banyak manfaat bagi jiwa dan raga. Ketika dihadapkan pada situasi stres, orang yang berpikir positif bisa mengatasinya lebih efektif daripada mereka yang pesimis. 

Dalam sebuah penelitian, para peneliti menemukan bahwa ketika orang yang optimis menghadapi kekecewaan, mereka lebih cenderung berfokus pada hal-hal yang dapat mereka lakukan untuk menyelesaikan situasi tersebut.

Daripada terus memikirkan frustrasi atau hal-hal yang tidak dapat mereka ubah, mereka akan menyusun rencana tindakan dan meminta bantuan dan nasihat dari orang lain. Di sisi lain, orang pesimis hanya berasumsi bahwa situasinya di luar kendali mereka dan tidak ada yang dapat mereka lakukan untuk mengubahnya.

Melansir dari circlebloom, berpikir positif juga memberikan berbagai manfaat lainnya seperti memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung hingga mengurangi stres dan efek negatifnya.

Nah, itulah beberapa kebiasaan positive people yang bisa kamu tiru dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya itu, masih banyak hal positif yang bisa kamu lakukan untuk hidup lebih positif. Tetap semangat dan positive thinking selalu ya!

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *