6 Kiat Sukses Membuka Bisnis Rumah Makan

bisnis-rumah-makan

Salah satu langkah yang paling banyak digunakan oleh banyak orang untuk sukses adalah dengan menggeluti dunia bisnis. Dan bisnis yang paling banyak memberikan kepastian untuk sukses adalah bisnis rumah makan atau restoran. Tidak bisa dipungkiri, setiap orang pasti membutuhkan yang namanya makan.

Oleh karena itu jika anda ingin membuka bisnis rumah makan, jangan khawatir akan bangkrut. Karena bisnis rumah makan akan selalu dicari oleh orang-orang. Pada tulisan kali ini kami akan membahas tentang 5 Kiat Sukses Membuka Bisnis Rumah Makan. Sebelum membuat tulisan ini, kami tentunya juga sudah melakukan riset terlebih dahulu. Berikut ulasan selengkapnya!

1. Niat yang kuat

Kiat pertama adalah niat. Sebelum anda memutuskan untuk membuka bisnis rumah makan, usahakanlah untuk berniat terlebih dahulu agar ketika bisnis rumah makan yang anda buat nantinya dapat anda tekuni dengan serius dan tidak main-main dalam menjalaninya.

Niat juga merupakan faktor yang paling menentukan kesuksesan bisnis rumah makan. Karena pada dasarnya segala sesuatu itu tergantung dari niatnya. Jika niatnya baik, maka hasil yang akan didapat juga akan baik nantinya. Namun sebaliknya, jika niatnya buruk maka sudah dapat dipastikan hasil yang akan didapat juga tidak akan maksimal.

2. Sesuaikan rumah makan yang ingin dibuat

Sebelum memutuskan untuk membuka bisnis rumah makan, usahakanlah untuk menyesuaikan terlebih dahulu rumah makan yang ingin dibuat. Karena ada banyak sekali jenis rumah makan yang beredar di pasaran. Fokuskan pada satu tujuan terlebih dahulu.

Misal, jika anda menyukai bisnis rumah makan Jepang, maka anda harus menyediakan berbagai jenis makanan Jepang dan jangan pernah menyediakan makanan-makanan yang lainnya. Karena hal ini dapat membuat citra nama baik restoran anda menjadi buruk nantinya. Maka dari itu usahakanlah untuk menyesuaikan rumah makan yang ingin dibuat.

3. Cari lokasi rumah makan yang strategis

Banyak orang lebih memilih untuk membuka usaha rumah makan di pinggir jalan karena disitulah banyak orang berlalu lalang setiap harinya. Hal ini akan membuat anda mendapatkan banyak pelanggan. Terlebih jika anda membuka di pinggir jalan lintas. Bisnis rumah makan yang anda buat akan dengan sangat mudah dikenal oleh banyak orang.

Kiat ini juga sangat penting untuk dilakukan. Carilah lokasi rumah makan yang strategis. Misalnya di pinggir jalan, dekat dengan kampus, perkantoran, atau kos-kosan. Selain itu, usahakan juga tidak bersebelahan dengan rumah makan yang lainnya. Karena bisa jadi anda kalah saing nantinya, terlebih jika bisnis rumah makan yang anda buat masih baru.

4. Gunakan sosial media untuk mempromosikan rumah makan Anda

Hadirnya sosial media pada saat ini tentunya dapat anda gunakan untuk mempromosikan bisnis rumah makan yang anda buat. Orang-orang akan dengan cepat mengenal bisnis rumah makan anda.

Apalagi jika anda sering membagikan foto-foto mengenai makanan Anda di sosmed dan menyediakan promo-promo yang menarik. Jika mereka tertarik, mereka tentunya akan langsung datang ke lokasi rumah makan anda. Maka dari itu gunakanlah sosial media untuk mempromosikan rumah makan anda.

5. Jual dengan harga yang relatif dan terjangkau

Usahakanlah dengan sebisa mungkin untuk menjual makanan-makanan yang ada di rumah makan anda dengan harga yang relatif dan terjangkau. Dalam artian makanan-makanan yang anda jual dapat dimakan oleh siapapun dan kalangan apapun. Baik orang-orang besar maupun orang-orang kecil.

Hal ini akan membuat bisnis rumah makan yang anda buat akan mudah sukses karena dapat diperoleh dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan begini, setiap harinya makanan-makanan yang anda sediakan akan cepat habis.

Meskipun murah dan terjangkau, Anda juga harus memperhatikan kualitas dan rasa dari makanan yang Anda jual. Jangan karena harga yang murah, Anda mengenyampingkan tentang kualitasnya.

Ingat menurut pengamatan, pelanggan akan rela membayar lebih untuk apa yang hendak mereka makan, dalam artian untuk makan makanan yang enak. Jadi perhatikan juga kualitas dan rasa makanannya. Jika memang harus merugi, Anda bisa menaikan harga secara perlahan atau mengurangi porsi makanannya.

6. Sediakan tempat yang nyaman

Selanjutnya adalah menyediakan tempat makan yang nyaman. Selain kualitas makanan, biasanya pelanggan juga mempertimbangkan kenyamanan tempat makannya. Misalnya kursi, meja yang bersih, dan ruangan yang adem.

Anda harus memperhatikan betul tentang hal ini. Nah untuk menambahkan ketertarikan pelanggan, Anda juga bisa menambahkan ornamen-ornamen lucu dan desain ruangan yang kekinian. Hal ini karena biasanya pelanggan akan tertarik untuk mengambil foto di rumah makan Anda.

Jika demikian, hal ini akan sangat menguntungkan bagi bisnis Anda. Jika desain rumah makan Anda terlihat keren dan banyak pelanggan yang selfie disana, biasanya pelanggan akan membagikannya di akun media sosial milik mereka. Dan hal ini bisa menjadi bagian promosi pasif untuk bisnis rumah makan Anda di media sosial.

Itulah 5 kiat sukses membuka bisnis rumah makan. Semoga Bermanfaat!

1 KOMENTAR

  1. Informasi yang sangat bermanfaat dan tentunya menarik. Bisnis kuliner memang seolah tidak ada matinya, sehingga banyak kalangan yang menekuni bidang ini. Terimakasih atas ilmu barunya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here