Kisah Sukses Lee Jae-yong, Putra Mahkota Samsung Group

Kisah Sukses Lee Jae-yong, Putra Mahkota Samsung Group

Jay Y. Lee adalah tokoh bisnis terkemuka dari Korea Selatan yang menjabat sebagai Wakil Pimpinan Samsung Group. Dia merupakan anak sulung dan putra satu-satunya dari Lee Kun-hee, Pimpinan Samsung, dan disebut sebagai “Putra Mahkota Samsung” oleh media Korea Selatan. Kakayaan Lee diperkirakan bernilai US$6,1 miliar, dan menjadi orang terkaya nomor tiga di Korea Selatan. Berikut ini kisah sukses Jay Y. Lee mulai dari biografi, profil, hingga perjalanan hidup.

Biografi

Lee Jae-yong, atau dikenal juga dengan Jay Y. Lee, lahir pada 23 Juni 1968, di Washington, D.C. Amerika Serikat. Lee meraih gelar sarjana muda dari Seoul National University, dan meraih gelar master administrasi bisnis dari Keio University. Dia juga mengikuti pendidikan di Harvard Business School selama sekitar lima tahun untuk mengejar gelar Doctor of Business Administration, namun dia tidak meraih gelar tersebut.

Karir

Setelah mengenyam pendidikan, Lee memulai karirnya pada tahun 1991 dengan bergabung di Samsung Electronics. Menjadi seorang putra tunggal dari Chairman Samsung memberikan akses kepada Lee untuk meniti karir yang cerah di Samsung. Dia menjabat sebagai Wakil Presiden Perencanaan Strategis dan kemudian sebagai Chief Customer Officer, posisi manajemen yang dibuat secara khusus untuk Lee.

Akan tetapi, prospek kepemimpinan perusahaan di masa depan meredup ketika ayahnya, Kun-hee, mengundurkan diri sebagai Pimpinan dikarenakan tersandung kasus. Pada Desember 2009, prospek masa depannya kembali muncul ketika dia menjadi Chief Operating Officer di Samsung Electronics.

Pada Desember 2012, dia diangkat menjadi Vice Chairman Samsung. Dia juga merupakan salah satu pemegang saham utama dari anak perusahaan jasa keuangan Samsung, Samsung SDS.

Pada 2015 Mei, Lee terpilih sebagai ketua dewan dari dua yayasan amal milik Samsung. Hal ini semakin menguatkan dirinya untuk menjadi Chairman Samsung di masa depan. Yayasan itu adalah Samsung Foundation of Culture yang merawat museum keluarga Samsung. Dan Samsung Life Public Welfare Foundation yang menangani berbagai isu seperti kesehatan mental remaja dan kemajuan wanita.

Tersandung hukum

Perjalanan sukses Jay Y. Lee tidak semulus yang dibayangkan. Dia bahkan pernah tersandung kasus yang membuatnya berurusan pada hukum. Tanggal 17 Februari 2017, Lee “secara resmi ditangkap setelah pengadilan distrik pusat Seoul menerbitkan surat perintahnya pada Kamis malam” karena “menyerahkan uang suap senilai hampir £30 juta kepada Presiden Korea Selatan saat itu, Park Geun-hye, dan teman dekat presiden, Choi Soon-sil untuk memperoleh dukungan pemerintah terhadap transisi kepemimpinan yang mulus.

Sempat meringkuk di penjara selama sekitar setahun, Lee akhirnya bebas setelah mendapatkan penangguhan penahanan pada Februari 2018. Dengan berakhirnya masa penahanan tersebut, Lee dapat kembali menjalani peran strategisnya di Samsung, perusahaan yang telah dipimpin secara turun-temurun.

Ambisi yang kuat

Sejak ayahnya, Lee Kun-hee, mengalami sakit pada 2014, dia dianggap sebagai pemimpin de facto di seluruh bagian Samsung Group. Lee terkenal karena sikapnya yang rendah hati.

Begitu juga kepada karyawannya yang memang banyak mengaguminya karena dianggap sebagai bos yang sangat friendly kepada bawahannya. Lee juga secara pribadi sering membalas semua email dari karyawannya. Dia juga mempertahankan pendekatan yang menyenangkan terhadap media masa. Jadi image Lee sangat baik untuk menjadi pemimpin perusahaan sekaliber Samsung.

Selain itu, Lee dikenal sebagai pria yang sangat berambisi. Dia juga dikatakan memiliki wawasan global dan pola pikir yang inovatif, Lee telah membuktikan dirinya memiliki visi dan misi yang kuat dalam menunjang strategi bisnis untuk jangka waktu yang panjang.

Misalnya pada teknologi jaringan, saat ini jaringan 5G belum tersedia secara komersial di banyak negara, tapi pembahasan persiapan suksesornya sudah dimulai. Hal ini setidaknya sudah dilakukan oleh Samsung.

Perusahaan raksasa ini sudah mulai membicarakan teknologi 6G. Disaat para pesaingnya, termasuk Apple dan Huawei Technologies, berlomba-lomba untuk mengembangkan dan mengkomersilkan layanan jaringan 5G, Samsung malah sudah mempersiapkan diri untuk teknologi berikutnya, yakni 6G.

“Kita harus menantang diri kita sendiri dengan sebuah resolusi untuk membuat landasan-landasan baru, bergerak melampaui ruang lingkup melindungi pencapaian kita di masa lalu,” tegas Lee.

Prestasi

Pada tahun 2014, Lee dipilih sebagai orang paling berpengaruh di dunia urutan ke-35 dan orang Korea paling berpengaruh oleh Forbes Magazine’s List of The World’s Most Powerful People bersama dengan ayahnya Lee Kun-hee. Menurut Forbes 2019, Lee dinobatkan sebagai orang terkaya nomor 215 di dunia, dengan kekayaan sebesar US$6,1 miliar.

Profil

  • Nama: Lee Jae-yong
  • TTL: 23-Juni-1968
  • Zodiak: Cancer
  • Education : Seoul National University, Keio University Tokyo, Harvard Business School Massachusetts
  • Istri: Im Se-ryung (1997-2009)
  • Anak: Lee Ji-ho (putra), Lee Won-ju (putri)
  • Orang tua: Lee Kun-hee dan Hong Ra-hee

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here