Kisah Sukses Lowell McAdam – Chairman dan CEO Verizon

Lowell-McAdam-verizon

Lowell C McAdam adalah mantan Charmain dan Chief Executive Officer (CEO) Verizon Communications, perusahaan pemimpin global dalam bisnis nirkabel, fiber optik dan layanan berbasis Internet. Kontribusinya terhadap pertumbuhan jaringan wireless dan telekomunikasi sejak 1980-an telah dipuji dan diakui di seluruh dunia. Nah berikut adalah biodata, profil, fakta, biografi, dan kisah sukses dari Lowell McAdam.

Lowell C McAdam lahir pada 28 Mei 1954 di Buffalo New York, Amerika Serikat. McAdam memperoleh gelar sarjana teknik dari Cornell University dan Master of Business Administration (MBA) dari University of San Diego. Dia menghabiskan enam tahun di Korps Insinyur Sipil Angkatan Laut AS, dan menjadi seorang insinyur profesional berlisensi pada tahun 1979.

Karir Lowell McAdam

Dari tahun 1983 hingga 1993, dia menjabat di berbagai posisi eksekutif di Pacific Bell. Pada tahun 1993, dia bergabung dengan AirTouch Comunications dan memimpin mitra teknis untuk usaha seluler di Spanyol, Portugal, Swedia, Italia, Korea dan Jepang. Selain itu, dia juga menjabat sebagai presiden dan CEO dari PrimeCo Personal Communications, sebuah perusahaan patungan yang dimiliki oleh Bell Atlantic dan Vodafone AirTouch.

Bergabung dengan Verizon

McAdem bergabung dengan Verizon Wireless pada tahun 2000, dan menjabat sebagai salah eksekutif di perusahaan yang menghasilkan berbagai macam produk telekomunikasi tersebut. Dia sukses membangun perusahaan menjadi penyedia wireless terkemuka di dunia dengan menjadi provider jaringan wireless dan data broadband 3G terbesar di AS.

McAdam menjadi salah satu arsitek industri wireless global saat ini, setelah membangun bisnis nirkabel di tiga benua sejak pengembangan teknologi pada 1980-an. Pada 2006, McAdam menjadi chief operating officer (COO) dan presiden dan CEO Verizon Wireless dari 2007 hingga 2010.

Pada 20 September 2010, perusahaan induk Verizon Communications mengumumkan bahwa dia akan menjadi presiden dan COO mulai 1 Oktober 2010, menggantikan Ivan Seidenberg. Pada posisi ini dia bertanggung jawab untuk operasi jaringan kabel dan nirkabel. Dia juga bertanggung jawab atas layanan internal, manajemen teknologi dan CIO.

Menjadi CEO Verizon

Pada 1 Agustus 2011, dia lalu dianggkat menjadi Chief Executive Officer Verizon Communications, dan Chairman Verizon Communications pada 1 Januari 2012. Di bawah kepemimpinannya sebagai CEO, Verizon mengambil alih kepemilikan penuh Verizon Wireless dengan membeli 45 persen saham Vodafone di perusahaan tersebut, sukses menempatkan Verizon sebagai pemimpin jaringan nirkabel, dan juga mendorong perusahaan ke pasar Internet of Things dan media digital.

Pada bulan April 2017, Verizon meluncurkan Oath Inc, kini dikenal Verizon Media, sebuah perusahaan payung dari platform digital Verizon. Divisi ini merupakan hasil dari gabungan perusahaan AOL dan Yohoo! yang telah diakuisisi Verizon.

Selama masa jabatannya, Verizon senang sekali melakukan ekspansi bisnis digital dengan cara membeli perusahaan lain. Misalnya mengambil alih AOL, meluncurkan ‘Go90’ produk media sosial dan hiburan, mengakuisi startup web-video ‘Vessel’, dan membeli Yahoo!.

Di bawah kepemimpinan McAdam juga, Verizon berencana untuk meluncurkan layanan broadband 5G di AS untuk pertama kalinya oleh perusahaan mana pun.

Pada bulan Juni 2018, Verizon mengumumkan bahwa McAdam akan pensiun sebagai CEO pada tanggal 1 Agustus 2018, dan charmain hingga akhir tahun 2018.

Visi Lowell McAdam

Lowell adalah visioner dalam hal meramalkan tren teknologi baru. Dia percaya bahwa milenium baru lebih cenderung menggunakan teknologi digital daripada saluran televisi. Hiburan akan lebih berorientasi pada seluler daripada berorientasi pada TV. Untuk itulah akhir-akhir ini Verizon lebih banyak memusatkan perhatiannya dalam bisnis digital.

Namun disamping itu, Lowell juga telah mengumumkan bahwa Verizon akan mengerahkan lebih banyak fiber di seluruh dunia dengan rencana investasi untuk mengganti jaringan tembaga dengan jaringan fiber optik. Perusahaan ini membayangkan arsitektur baru yang secara simultan memenuhi kebutuhan konsumen, wireless dan bisnis.

Di beberapa kota, infrastruktur fiber yang mendukung 4G dan 5G telah dikembangkan. Visi dan pemikirannya yang futuristik yang jauh ke depan membuat Lowell menjadi panutan untuk ide dan strategi dalam bisnis komunikasi.

Profil Lowell McAdam

  • Nama Lengkap: Lowell C. McAdam
  • Tanggal Lahir: 24-Mei -1954
  • Zodiak: Gemini
  • Tempat Lahir: New York
  • Education: Cornell University, University of San Diego
  • Pekerjaan : CEO
  • Industri :Technology, Business, Media

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here