Kisah Sukses Pendiri Media Bloomberg – Michael Bloomberg

0
Kisah Sukses Pendiri Media Bloomberg - Michael Bloomberg
Kisah Sukses Pendiri Media Bloomberg - Michael Bloomberg

Di Indonesia Nama Michael Bloomberg belum banyak yang mengenal. Padahal, dia adalah salah satu orang terkaya di dunia saat ini. Michael Bloomberg adalah pendiri sekaligus CEO dari raksasa media bernama Bloomberg L.P.  Bagi yang belum mengenal Bloomberg itu apa, Bloomberg adalah perusahaan media masa multinasional yang bermarkas di Amerika Serikat, yang membawahi beberapa anak perusahaan, antara lain, Bloomberg tv, Bloomberg News, Bloomberg Finance, dan masih banyak lagi.

Dari keberhasilan yang diraih Michael Bloomberg membangun perusahaan raksasa dari nol, lalu seperti apa kisah sukses Michael Bloomberg itu sendiri ? Nah berikut ini adalah cerita inspiratif dari pendiri Bloomberg L.P, mulai dari Profil, Biografi, hingga perjalanan hidup yang mungkin memberikan kita pelajaran. Simak Penjelasannya.

Biografi Singkat

Michael Rubens Bloomberg lahir pada tanggal 14 Februari 1942, di Brighton, Massachusetts. Orang tua Bloomberg termasuk kedalam jajaran kelas menengah di Medford, Massachusetts. Ayah Bloomberg, William Henry Bloomberg (1906-1963), lahir di Chelsea, Massachusetts dan bekerja sebagai akuntan untuk sebuah perusahaan susu. Sedangkan Ibunya, Charlotte (Rubens) Bloomberg (1909 – 2011), berasal dari Jersey City, New Jersey.

Bloomberg kuliah di Johns Hopkins University, Ia lulus pada tahun 1964 dengan gelar Bachelor of Science di bidang Teknik Elektro. Pada tahun 1966,  Bloomberg lulus dari Harvard Business School sebagai Master of Business Administration.

Setelah lulus kuliah. Pada tahun 1973, Bloomberg bergabung di Salomon Brothers, sebuah bank investasi Wall Street, dimana ia memimpin perdagangan ekuitas, kemudian, pengembangan sistem. Pada tahun 1981, Salomon Brothers dibeli oleh Phibro Corporation, hal ini membuat Bloomberg dipecat dari bank investasi itu. Dia lantas menerima payout sebesar US$ 10 juta.

Mendirikan Bloomberg L.P

Dengan menggunakan uang tersebut, Bloomberg kemudian mendirikan sebuah perusahaan bernama Innovative Market Systems. Perusahaan itu bertujuan memudahkan bagi pelaku pasar untuk menggunakan data, dimana perusahaan ini menjual informasi bisnis berkualitas tinggi kepada Wall Street (dan komunitas keuangan lainnya), dan dikirimkan secepat mungkin melalui teknologi.

Bloomberg meluncurkan MarketMaster terminal (sekarang dikenal Bloomberg terminal). Pada tahun 1982, Merrill Lynch menjadi pelanggan pertama perusahaan itu, dia juga berinvestasi sebesar US$ 30 juta di perusahaan milik Bloomberg agar perusahaan yang Bloomberg dirikan semakin kuat. Pada tahun 1987, perusahaan ini akhirnya berubah nama menjadi Bloomberg L.P.

Terjun di Politik

Bloomberg juga pernah terjun di dunia politik, Ia pernah menjabat sebagai walikota di New york City, selama tiga kali berturut-turut.

Dimulai dari pemilihan pertamanya pada tahun 2001. Awalnya Bloomberg adalah anggota Partai Demokrat selama beberapa tahun, namun kemudian berpindah ke Partai Republikan pada tahun 2001. Di tahun ini , Michael Bloomberg resmi menjadi wali kota New York.

Setelah masa tugasnya selesai, Bloomberg kembali maju dan memenangkan masa jabatan keduanya pada tahun 2005. Terakhir, ia kembali terpilih untuk masa jabatan ketiga pada tahun 2009. Kali ini Bloomberg maju sebagai kandidat independent, karena dua tahun sebelum maju sebagai kandidat, tepatnya pada tanggal 19 Juni 2007, ia resmi meninggalkan Partai Republikan.

Ekspansi Bloomberg

Perluasan bisnis yang dilakukan Bloomberg L.P kian menjadi-jadi. Bloomberg L.P meluncurkan layanan berita, radio, televisi, internet, dan penerbitan. Tidak hanya itu, salah satu anak perusahaannya yakni, Bloomberg Financial Markets, merupakan distributor global berbasis multimedia layanan informasi, yang menggabungkan berita, data dan juga analisis untuk pasar keuangan global dan bisnis.

Baca Juga: 20 Cara Positif Menjadi Pengusaha Sukses dari Nol sampai Sukses

Menurut data yang berhasil dihimpun, pada tahun 2015, Bloomberg LP telah mempunyai 165.000 pelanggan di seluruh dunia. Hal ini membuktikan bahwa begitu besar pengaruh Bloomberg LP, khususnya pada dunia bisnis.

Tidak hanya kesuksesan perusahaan yang ia rintis, Michael Bloomberg juga dinobatkan sebagai salah satu manusia terkaya di dunia. Menurut data dari forbes, Michael Bloomberg berada di peringkat 10 sebagai orang terkaya di bumi dengan total kekayaan US$.47 miliar atau sekitar Rp.611 Triliun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here