Kisah Sukses Pendiri Flipkart – Situs E-commerce Terbesar di India

0
Sachin Bansal dan Binny Bansal

Flipkart Pvt Ltd. adalah perusahaan e-commerce terbesar di India yang berpusat di Bengaluru, India. Perusahaan ini didirikan oleh Sachin Bansal dan Binny Bansal pada tahun 2007. Lalu gimana kisah inspiratif Sachin Bansal dan Binny Bansal ketika membangun Flipkart dari nol hingga meraksasa? Berikut ini adalah kisah sukses pendiri Flipkart, Sachin Bansal dan Binny Bansal, mulai dari Profil, Biografi, hingga perjalanan hidup yang mungkin memberikan kita pelajaran.

Biografi pendiri Flipkart

Binny Bansal lahir pada tahun 1982 di Chandigarh, India. Binny merupakan anak tunggal. Ayahnya merupakan seorang pensiunan manajer di sebuah bank, sedangkan ibunya berkarir di sektor pemerintahan.

Binny Bansal merupakan lulusan dari Indian Institute of Technology Delhi pada jurusan Computer Science and Engineering. Sebelum mendirikan Flipkart, Binny Bansal bekerja di Sarnoff Corporation, kemudian di Amazon selama sembilan bulan, dan sebelum itu ia juga pernah ditolak oleh Google sebanyak dua kali.

Sedangkan Sachin Bansal Lahir di Chandigarh, India. Ia sekolah di St.Anne dan merupakan siswa yang pintar disekolahnya. Ayahnya bergelut di dunia bisnis dan ibunya merupakan seorang ibu rumah tangga.

Sachin Bansal lulus dari Indian Institute of Technology Delhi di jurusan Computer Science Engineer. Setelah Sachin menyelesaikan wisudanya, ia langsung mendapatkan pekerjaan di Techspan, kemudian pindah ke Amazon.com, salah satu situs web e-commerce terbesar di dunia.

Meskipun mereka berdua memiliki nama belakang yang sama, namun mereka tidak memiliki hubungan keluarga.

Mendirikan Flipcart

Sachin Bansal dan Binny Bansal, yang bekerja di Amazon.com awalnya ingin mendirikan perusahaan search engine seperti Google, namun mereka berdua menyadari bahwa India merupakan pasar yang sangat besar untuk bisnis e-commerce.

Disisi lain, pada saat itu di India juga belum ada pemain e-commerce, dan tentu hal ini menjadi peluang bagi mereka untuk menguasai pasar di India. Pada tahun 2007, mereka kemudian memutuskan keluar dari Amazon untuk memulai bisnis mereka sendiri, yaitu mendirikan Flipkart.

Sama seperti Amazon, situs Flipkart awalnya hanya menjual buku saja. Namun setelah berkembang, Flipkart mulai menawarkan dan menjual berbagai macam barang dan produk seperti barang elektronik konsumen, mode, dan gaya hidup.

Pendanaan flipkart

Dalam beberapa tahun pertamanya, Flipkart berhasil mendapatkan dana melalui pendanaan modal ventura. Seiring dengan pertumbuhan perusahaan, semakin banyak pula investasi yang datang untuk perusahaan e-commerce ini. Flipkart seolah membayar kepercayaan investor melalui kinerja perusahaan yang semakin menanjak dari tahun ke tahun.

Pada tahun 2008 sampai 2009, Flipkart berhasil mencetak transaksi penjualan mencapai 40 juta rupee India. Dan meningkat menjadi 200 juta rupee India pada tahun berikutnya.

Saat Flipkart berhasil mendapatkan invastasi terakhirnya, valuasi perusahaan ini telah mencapai US$ 15 miliar. Namun, pada Februari 2016, menurut Morgan Stanley, estimasi harga Flipkart berada di US$ 11 miliar.

Bertempur dengan Amazon

Flipkart bersaing langsung dengan anak perusahaan Amazon di India dan Snapdeal. hingga Maret 2017, Flipkart memegang 39,5% pangsa pasar industri perdagangan elektronik India.

Flipkart sangat dominan di sektor pakaian (terutama setelah akuisisi Myntra dan Jabong.com) dan bersaing ketat dengan Amazon di sektor elektronik dan telepon seluler. Flipkart juga memiliki PhonePe, jasa pembayaran seluler berbasis Unified Payments Interface.

Pengunduran diri sang founder

Pada 4 Mei 2018, Walmart mengakuisisi 77% saham Flipkart grup sebesar US $ 16 miliar atau setara Rp 225,04 triliun. Setelah akuisisi, salah satu pendiri Flipkart yang pada saat itu menjabat sebagai Chairman, Sachin Bansal, memutuskan untuk meninggalkan perusahaan.

Puncuk pimpinan kemudian diambil alih Binny Bansal yang menjabat sebagai CEO Flipkart grup. Namun pada 13 November 2018, CEO Flipkart Binny Bansal mengundurkan diri karena tersandung kasus.

Nah dari cerita inspiratif pendiri Flipkart diatas, kita bisa mengambil pelajaran bahwa jika kita ingin cepat meraih kesuksesan, maka kita harus segera keluar dari zona nyaman.

Sachin Bansal dan Binny Bansal contohnya. Mereka berdua awalnya sudah memiliki pekerjaan yang bagus di perusahaan raksasa Amazon, namun mereka keluar untuk meraih kesuksesan yang lebih besar lagi. Terbukti, Flipkart kini menjadi pesaing terkuat Amazon di wilayah India. Awalnya seorang karyawan biasa, kini menjadi pesaing utama mantan perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here