Kisah Sukses Sheryl Sandberg – Wanita Super di Kerajaan Facebook

Sheryl sandberg Facebook

Sheryl Kara Sandberg, atau dikenal sebagai Sheryl Sandberg, adalah seorang eksekutif, aktivis, penulis, dan milyuner teknologi Amerika. Dia adalah chief operating officer (COO) Facebook dan pendiri Leanin.org. Pada Juni 2012, dia terpilih menjadi dewan direksi Facebook, hal ini menjadikan dia sebagai wanita pertama yang duduk di dewan direksi Facebook.

Sebelum bergabung dengan Facebook sebagai COO-nya, Sandberg adalah wakil presiden penjualan dan operasi online global di Google, dia terlibat membantu meluncurkan cabang filantropi Google, Google.org. Sebelum di Google, Sandberg menjabat sebagai kepala staf untuk Menteri Keuangan AS Lawrence Summers.

Berikut ini kisah sukses Sheryl Sandberg mulai dari biografi, profil, hingga perjalanan hidup.

Biografi Sheryl Sandberg

Sheryl Kara Sandberg lahir pada 28 Agustus 1969, di Washington, DC, Amerika Serikat. Dia besar di keluarga Yahudi, orang tuanya bernama Adele dan Joel Sandberg. Sheryl memiliki dua saudara kandung yang lebih muda. Ibunya adalah seorang guru bahasa Prancis dan ayahnya seorang dokter mata.

Keluarganya pindah ke North Miami Beach, Florida, ketika Sheryl berusia dua tahun. Dia bersekolah di North Miami Beach High School, di mana ia selalu mendapatkan ranking pertama dikelasnya.

Pada tahun 1987, Sandberg mendaftar di Harvard College. Dia lulus pada tahun 1991 dengan prestasi summa cum laude dan Phi Beta Kappa dengan gelar sarjana ekonomi, dia dianugerahi Hadiah John H. Williams karena mendapatkan nilai tertinggi atau lulusan terbaik di bidang ekonomi.

Saat di Harvard, dia ikut mendirikan sebuah organisasi bernama Women in Economics and Government. Dia bertemu dengan profesor Larry Summers, yang menjadi mentor dan penasihat tesisnya. Summers lalu merekrutnya untuk menjadi asisten peneliti di World Bank, di mana dia bekerja selama kurang lebih satu tahun pada proyek-proyek kesehatan di India untuk menangani kusta, AIDS, dan kebutaan.

Pada tahun 1993, Sheryl Sandberg mendaftar di Harvard Business School untuk melanjutkan pendidikannya. Pada tahun 1995, dia meraih gelar MBA dengan nilai tertinggi. Sheryl memang dikenal wanita yang cerdas, bahkan di tahun pertama sekolah bisnisnya di Harvard, dia mendapatkan beasiswa.

Karir Sheryl Sandberg

Setelah lulus dari sekolah bisnis pada musim semi 1995, Sandberg bekerja sebagai konsultan manajemen untuk McKinsey & Company selama kurang lebih satu tahun (1995-1996). Dari 1996 hingga 2001 dia kembali bekerja untuk Larry Summers, yang saat itu menjabat sebagai Sekretaris Keuangan Amerika Serikat di bawah Presiden Bill Clinton.

Dia kemudian bergabung dengan Google, di mana dia bertanggung jawab atas penjualan online untuk Google’s advertising and publishing products, serta operasi penjualan untuk Google consumer products dan Google Book Search. Selama berada di Google, ia mengembangkan tim iklan dan penjualan dari hanya empat karyawan menjadi 4.000 karyawan.

Bergabung di Facebook

Pada akhir 2007, Mark Zuckerberg bertemu dengan Sheryl Sandberg di pesta Natal yang diadakan Dan Rosensweig. Saat itu posisi Chief Operating Officer (COO) Facebook sedang kosong dan menganggap Sheryl Sandberg sangat cocok untuk jabatan tersebut. Pada bulan Maret 2008, Facebook mengumumkan perekrutan Sandberg untuk jabatan COO. Sheryl meninggalkan Google untuk bergaung dengan Facebook.

Setelah bergabung dengan perusahaan, Sandberg dengan cepat mulai mencoba mencari cara untuk membuat Facebook menguntungkan. Sebelum dia bergabung, Facebook masih belum mencetak keuntungan karena perusahaan ini masih fokus dalam menghadirkan situs media sosial yang menarik.

Di akhir musim semi, Facebook setuju untuk menampilkan iklan di platform media sosialnya. Pada 2010, Facebook akhirnya mendapatkan keuntungan dari iklan. Di Facebook, Sheryl Sandberg mengawasi operasi bisnis perusahaan termasuk penjualan, pemasaran, pengembangan bisnis, sumber daya manusia, kebijakan publik, dan komunikasi. Pada 2012 dia menjadi anggota kedelapan dan wanita pertama yang duduk di dewan direksi Facebook.

Pada April 2014, dilaporkan bahwa Sandberg telah menjual lebih dari setengah sahamnya di Facebook sejak perusahaan itu go public. Pada saat IPO Facebook, dia memegang sekitar 41 juta saham di perusahaan. Setelah beberapa putaran penjualan, saham Sheryl menyusut menjadi sekitar 17,2 juta saham, atau sekitar 0,5% saham di Facebook.

Baca Juga: Kisah Lucy Peng, Co-Founder Alibaba Group

Yayasan Amal

Pada November 2016, Sandberg mengganti nama Lean In Foundation ke Sheryl Sandberg & Dave Goldberg Family Foundation. Yayasan baru ini akan berfungsi sebagai payung untuk LeanIn.Org dan organisasi baru di sekitar bukunya, Opsi B. Sandberg juga menyumbangkan sekitar $ 100 juta untuk mendanai yayasan dan usaha amal lainnya.

Kehidupan Pribadi

Sandberg menikah dengan Brian Kraff pada tahun 1993, dan bercerai setahun kemudian. Pada 2004, ia menikah dengan Dave Goldberg, yang saat itu seorang eksekutif di Yahoo! dan kemudian CEO SurveyMonkey. Pasangan ini memiliki seorang putra dan putri.

Pada 1 Mei 2015, Dave Goldberg meninggal dunia. Sandberg mengatakan bahwa penyebab kematian suaminya adalah karena aritmia.

Sheryl saat ini tinggal di Menlo Park, California.

Prestasi Sheryl Sandberg

Sandberg adalah langganan penghargaan untuk 50 ” Most Powerful Women in Business” oleh Fortune Magazine:

  • Pada 2007 di peringkat #29 dan merupakan wanita termuda dalam daftar.
  • Pada 2008 di peringkat #34.
  • Pada 2009 di peringkat #22.
  • Pada 2010 di peringkat #16.
  • Pada 2014 di peringkat #10.
  • Pada 2016 di peringkat #6.
  • Pada 2017 di peringkat #5.
  • Pada 2018 di peringkat #6.

Sandberg dinobatkan sebagai salah satu dari “25 Orang Paling Berpengaruh di Web” oleh Business Week pada tahun 2009.

Pada 2012, namanya masuk dalam daftar tahunan dari 100 orang paling berpengaruh di dunia versi Time.

Dia telah masuk sebagai salah satu dari 100 wanita paling kuat di dunia oleh Forbes. Pada 2014, Sandberg berada pada posisi ke sembilan, tepat di belakang Michelle Obama, dan pada 2017 dia berada di posisi ke empat.

Profil Sheryl Sandberg

  • Nama Lengkap: Sheryl Kara Sandberg
  • Tempat Lahir: Washington, D.C.
  • Tanggal Lahir: 28 Agustus 1969
  • Pendidikan: North Miami Beach High School, Harvard University, Harvard Business School

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here