Kisah Sukses Winston Utomo – Pendiri IDN Times Media

0
Kisah Sukses Winston Utomo - Pendiri IDN Times Media
Winston Utomo - pendiri idntimes

Pernah mengunjungi idntimes.com. Tahu siapa pendiri IDNTIMES? Dia adalah Winston Utomo Founder dan Chief Executive Officer (CEO) IDN Media. Lalu seperti apa cerita inspiratif Winston Utomo? Berikut adalah kisah sukses dari Winston Utomo pendiri IDN Times dari biografi, profil, hingga perjalanan hidup. Simak Penjelasannya.

Potensi media informasi diramalkan punya masa depan yang cerah, khususnya di Indonesia, dengan 100 juta pengguna internet yang haus akan informasi, pada akhirnya berdampak pada startup baru yang bermunculan pada bidang teknologi media. Salah satunya adalah Idntimes.com, walaupun baru seumur jagung, namun IDNTIMES telah menjelma sebagai salah satu perusahaan media besar di Indonesia. Bahkan perusahaan ini telah mendirikan perusahaan induk bernama IDN MEDIA yang membawahi anak usahanya seperti IDN Times, Popbela.com, IDN Creative, IDN TV, IDN Event, dan IDN Creator Network.

Biografi Winston Utomo

Winston Utomo lahir di Surabaya pada tanggal 23 November. Ia terlahir di keluarga yang cukup berada, jiwa pebisnisnya memang sudah terasah sejak kecil mengingat kedua orangtua nya adalah pengusaha bidang properti. Winston tak ragu untuk bertanya tentang banyak hal seputar dunia usaha. Bahkan anak sulung ini menjadikan orang tuanya sebagai tempat untuk berkonsultasi.

Setelah menamatkan SMA, Winston melanjutkan studi di University of Southern California – Marshall School of Business angkatan 2012. Setelah itu ia meraih gelas Master of Science (M.Sc.) di Columbia University angkatan 2014.

Disela-sela pendidikannya. Winston pernah bekerja sebagai Project Manager di St John Capital Group Inc pada tahun 2012. Ia bekerja di sana tak kurang dari setahun. Setelah benar-benar menuntaskan studinya pada tahun 2014, ia langsung bekerja sebagai Sr. Account Strategist di Google Singapore, ia bekerja di Google hingga Oktober 2015 (1 tahun 9 bulan).

Mendirikan IDNTimes

Kisah Sukses Winston Utomo - Pendiri IDN Times Media
Pendiri IDM Media

Siapa sangka, ide untuk mendirikan perusahaan media muncul ketika beliau berada di kamar apartemennya di Singapura yang hanya berukuran 2×3 meter saat ia masih bekerja sebagai Account Strategist di Google. “Pertama kali memulai IDNTimes itu dari kamar saya di Singapura berukuran 2×3 meter. Kebetulan dilakukan saat pulang kantor” kata Winston.

Winston iseng menulis sebuah artikel sendiri, dengan nama situsnya adalah Indonesiantimes, dan diluncurkan pada keesokan harinya. Tanpa disengaja, artikel buatannya tersebut menjadi viral dan tersebar kemana-mana hanya dalam waktu satu hari saja di media sosial.

Akhirnya Winston berpikir, ini adalah peluang besar, kalau hanya berhenti sampai di situ, akan stagnan. Ia juga menyadari hasratnya untuk mengembangkan situsnya mungkin akan terganggu karena pekerjaannya di Google.

Banyak sekali orang yang bermimpi bekerja di Google, namun tidak bagi Winston. Ambisinya untuk mendirikan sebuah media yang menyasar kalangan anak muda semakin kuat di genggamannya. Dan pada akhirnya, Winston memutuskan untuk meninggalkan Google Singapura demi fokus membangun IDNTIMES.

Jika saya kembangkan IDNTimes, mungkin bisa berhasil, mungkin juga gagal, tapi saya mau mencoba. Maka saya memutuskan mundur dari Google demi media ini” ucapnya.

Bersama saudaranya, William Utomo, Winston Utomo resmi mendirikan media idntimes.com pada tahun 2014. Winston merancang idntimes.com sebagai media online yang menyajikan konten worth-sharing yang trending dan relevan untuk generasi muda Indonesia.

Perkembangan IDNTIMES sangat cepat. Hal ini membuat banyak investor tertarik menyuntikan dananya. Pada bulan September 2015, mereka berhasil mendapat pendanaan tahap awal (seed funding) dari East Ventures. Pada tanggal 5 September 2016, IDN Media mengumumkan kalau mereka telah meraih pendanaan Seri A dengan nominal yang tidak disebutkan. Investasi ini dipimpin oleh North Base Media, perusahaan investasi yang juga merupakan investor dari situs media asal Filipina, Rappler.

Pada tanggal 21 November 2017, startup media digital IDN Media mengumumkan bahwa mereka kembali berhasil mendapat pendanaan Seri B dengan nominal yang tidak disebutkan. Investasi tersebut dipimpin oleh East Ventures, serta diikuti oleh perusahaan investasi asal Hong Kong, Central Exchange.

Pendanaan ini akan digunakan untuk mempercepat pertumbuhan produk IDN Media beserta teknologinya dalam mencapai visinya untuk menjadi “The Voice of Millennials and Gen Z”.

Baca Juga: Kisah Sukses Steve Christian – Pendiri KapanLagi Network

Kesuksesan Winston Utomo

Bersama  tim yang solid di Surabaya dan Jakarta, IDN Media kini mengoperasikan IDN Times (News & Entertainment Portal), Popbela.com (Female-focused Portal), Yummy (Food-focused Media), NOW (News Video Portal), IDN TV (Video Production House), IDN Creative (Digital Agency), IDN Event (Event Agency), IDN Creator Network (Creator Marketing Agency). Dan terakhir mendirikan Popmama.com (Millennial Mama).

Pada tahun 2017, nama Winston Utomo masuk ke Daftar 30 Under 30 Asia Forbes 2017, bersama 12 anak muda Indonesia lainnya yang sukses menciptakan inovasi di bawah usia 30 tahun.

Selain itu, baru kurang dari 4 tahun beroperasi. Situs idntimes.com sukses menjaring minat 40 juta pengunjung perbulan. Situs idntimes.com juga masuk dalam jajaran 50 Top Site in Indonesia Alexa. Menurut data dari Ranking Alexa 2018, Idntimes menduduki posisi ke 17 sebagai situs paling populer di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here