Jadi Kebiasaan, Korban Kecelakaan Jangan Langsung Diberi Minum

0
Korban Kecelakaan Jangan Langsung Diberi Minum
Ilustrasi

Ketika kita melihat ada orang yang mengalami musibah kecelakaan lalu lintas, adalah budaya kita untuk segera membantunya. Apalagi kalau misalnya korban kecelakaan masih dalam keadaan sadar diri, biasanya kita langsung menolongnya sebisanya dengan cara membantunya berdiri, membantu melepaskan jaket dan helm, dan memberi minum kepada korban kecelakaan sebagai pertolongan pertama.

Salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia ketika menolong korban kecelakaan adalah memberikan air minum untuk diminum. Alasannya, supaya korban merasa lebih tenang.

Namun hati-hati, jangan sampai pertolongan yang kita berikan justru memperburuk kondisi korban.

Sebenarnya, tindakan memberikan air minum kepada korban kecelakaan cukup berbahaya. Sebagaimana yang dilansir dari otomotif.kompas.com, memberikan minum kepada orang yang habis mengalami kecelakaan bisa menyebabkan korban tersedak.

Perlu diketahui bahwa detak jantung orang yang mengalami kecelakaan akan meningkat drastis dan menjadi tak beraturan, hal ini dikarenakan korban merasa terkejut atas kejadiaan mendadak yang menimpanya.

Menurut Tim dokter dari Trauma Center Rumah Sakit Siloam TB Simatupang. Memberikan minum kepada korban kecelakaan, yang terjadi adalah air akan masuk ke paru-paru. Dan hal ini akan menyebabkan korban kecelakaan menjadi tersedak.

Selain itu, memindahkan korban kecelakaan dari tempatnya terjatuh juga perlu hati-hati. Sebab, si penolong tentunya tidak tahu apakah ada bagian tubuh atau tulang yang mengalami luka atau patah.

Apalagi, jika si korban tak sadarkan diri dan tidak bisa menunjukkan bagian yang sakit. Jika salah mengangkat tubuh korban, bisa-bisa akan memperburuk kondisi luka atau patah tulangnya.

Karena luka itu dibagi menjadi dua jenis. Ada yang luka yang terlihat, misalnya mengeluarkan darah. Dan ada luka yang tak terlihat, atau bahasa medisnya adalah luka dalam.

Memang benar bahwa niat kita adalah untuk menolong korban kecelakaan. Kita memberikan minum dengan tujuan untuk menenangkan korban yang habis kecelakaan, kita mengangkat korban supaya si korban ada ditempat yang nyaman dan menghindari kerumunan masyarakat.

Jadi ketika melihat orang yang mengalami kecelakaan lalu lintas, dan korban masih sadarkan diri. Ada baiknya kita menanyakan lebih dulu apa ada yang sakit dibagian tubuhnya, apakah ada luka, dan lain sebagainya. Korban kecelakaan jangan langsung diangkat.

Hindari juga langsung memberi minum korban kecelakaan. Karena memberikan minum ternyata tidak membuat korban merasa lebih tenang. Yang ada malah korban akan tersedak.

Namun kalau kita masih ragu dengan kondisi korban, alangkah lebih bijaknya kita langsung memanggil ambulan supaya korban diberi penangan medis yang profesional dan tentunya mengerti apa yang dibutuhkan korban kecelekaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here