8 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan Yang Jarang Orang Tahu

0
Buah nanas

Nanas merupakan buah yang cukup familiar di telinga kita. Hampir semua orang pasti tahu apa itu buah nanas. Ya, buah segar yang memiliki rasa manis ini cukup diminati banyak orang. Selain itu, buah nanas juga terkenal akan kandungan Vitamin C nya yang tinggi sehingga dapat dijadikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tapi, manfaat buah nanas tidak hanya itu. Masih banyak manfaat tersembunyi dari buah nanas. Apa saja manfaatnya ? Yuk kita lihat.

1. Membantu Mencegah Kanker

Buah nanas sudah dipercaya untuk membantu mencegah penyakit kanker seperti kanker prostat, kanker usus, dan kanker lainnya. Itu karena di dalam buah nanas terkandung Vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang melawan sel kanker.

Selain itu juga terdapat kandungan zat Bromelain yang juga mampu membunuh sel kanker yang sedang berkembang.

2. Meningkatkan Kesuburan Pada Wanita

Jangan salah lho. Ternyata terdapat manfaat buah nanas untuk organ intim wanita, yaitu mampu membuat wanita menjadi lebih subur. Itu karena buah nanas mengandung zat antioksidan, vitamin, dan mineral yang mampu meningkatkan kesuburan wanita.

Maka dari itu, jika Anda ingin segera mendapatkan momongan sebaiknya Anda rutin mengkonsumsi buah nanas setiap hari. Karena hal itu akan membantu program kehamilan Anda.

3. Mencegah Kolesterol

Banyak sekali orang yang tidak tahu bahwa terdapat manfaat buah nanas untuk kolesterol. Buah nanas dipercaya sebagai pencegah penyakit kolesterol. Kandungan kalium pada buah nanas cukup tinggi sehingga bisa menyeimbangkan kandungan air yang ada pada tubuh.

Hal itu dapat membuat tekanan darah menjadi normal sehingga bisa mencegah kolesterol. Buah nanas juga memiliki kandungan Vitamin C yang bisa mencegah oksidasi kolesterol. Zat itulah yang menyebabkan kolesterol tidak berubah menjadi kotoran yang bisa menyumbat pembuluh arteri Anda.

4. Membuat Mata Semakin Sehat

Manfaat buah nanas yang selanjutnya adalah bisa membuat mata semakin sehat. Buah nanas itu mengandung Vitamin C yang dipercaya bisa membantu mengurangi risiko penyakit katarak. Vitamin C memang berperan penting bagi kesehatan mata. Selain itu nanas juga bisa mengurangi risiko degenerasi manula, yaitu penurunan penglihatan pusat pada mata.

Dengan mengonsumsi buah nanas secara teratur bisa membuat penglihatan Anda semakin tajam karena terdapat kandungan zat betakaroten di dalamnya.

5. Membantu Melancarkan Pencernaan

Buah nanas juga sama seperti buah dan sayur lainnya, yaitu mengandung serat dan air. Zat itu bisa mengatasi sembelit dan melancarkan sistem pencernaan Anda. Selain itu buah nanas juga memiliki manfaat yaitu membantu usus memecah dan menyerap protein lebih banyak.

Itu karena buah nanas juga mengandung enzim bromelain yang merupakan campuran dari enzim proteolitik. Enzim bromelain juga memiliki manfaat untuk mengobati diare. Enzim bromelain juga bisa membantu mengatasi perut kembung karena enzim ini memiliki sifat yang bisa menenangkan perut.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Banyak para wanita yang menggunakan nanas sebagai masker untuk membantu mengencangkan kulit sehingga kulit terlihat awet muda. Selain itu nanas juga bisa untuk mengobati kulit yang terluka. Kandungan Vitamin C nya yang banyak sangat bermanfaat bagi kulit agar kulit terlihat lebih cerah dan sehat.

Ketika kita rutin mengkonsumsi buah nanas, maka asupan kolagen pada tubuh kita akan tercukupi. Sedangkan memiliki asupan kolagen yang cukup adalah salah satu cara untuk membuat kulit menjadi sehat, mengurangi kerutan, dan terlihat awet muda.

7. Memperkuat Tulang

Banyak orang yang tidak mengetahui manfaat buah nanas yang satu ini. Rupanya, buah nanas mampu membuat tulang semakin kuat. Hal itu karena buah nanas memiliki kandungan mineral mangan yang sangat bermanfaat bagi tulang.

Selain itu, nanas juga mengandung vitamin D yang mampu menyerap kalsium pada tubuh. Anda bisa memakan buah nanas dalam berbagai olahan, seperti jus, manisan, atau dimakan langsung.

Apabila Anda ingin mengkonsumsi nanas dengan tujuan untuk memperkuat tulang, sebaiknya Anda jangan terlalu banyak makan makanan yang mengandung protein hewani dan fosfor.

8. Mencegah Rambut Rontok

Manfaat buah nanas yang selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mampu mencegah rambut rontok. Nanas mengandung antioksidan dan enzim bromelain yang mampu mencegah munculnya uban. Selain itu, nanas juga mampu membuat rambut semakin kuat dan tidak mudah rontok.

Anda bisa mencoba mengoleskan buah nanas pada kulit rambut. Anda juga bisa membuat masker rambut dari buah nanas. Rupanya, tidak hanya itu saja manfaat dari buah nanas. Nanas juga dapat menghilangkan ketombe karena mengandung Vitamin B1 dan B6. Dengan demikian, penampilan rambut Anda pasti akan terlihat lebih baik apabila Anda rutin mengkonsumsi buah nanas.

Nah, itulah beberapa manfaat buah nanas yang banyak orang belum mengetahuinya. Buah itu memang memiliki banyak khasiat. Untuk itulah sebaiknya kita semua rutin mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here