9 Manfaat Buah Pisang Bagi Tubuh yang Jarang Diketahui Orang

banana-pisang

Siapa yang tidak tahu pisang? Pisang merupakan buah tropis yang menjadi idola di Indonesia. Itu karena buah ini memiliki harga yang cukup terjangkau dan mudah untuk dijumpai. Selain itu, ada banyak sekali manfaat buah pisang yang sangat baik bagi tubuh yang masih jarang diketahui oleh sebagian besar masyarakat.

Anda juga bisa membuat berbagai olahan dari pisang supaya tidak membosankan ketika dikonsumsi dan menambah cita rasa pada pisang. Buah ini memiliki rasa yang sangat enak dan manis, sehingga pasti banyak orang yang menyukainya.

Apabila Anda menyukai buah pisang, sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah ini secara rutin. Langsung saja kita bahas manfaat buah pisang bagi tubuh jika rutin dikonsumsi.

1. Meningkatkan Stamina

Apabila Anda memiliki rutinitas berolahraga, sangat disarankan untuk mengkonsumsi pisang sebelum berolahraga. Anda bisa mengkounsumsi 2-3 buah pisang sebelum olahraga untuk meningkatkan stamina dan tenaga Anda.

Hal itu bukan tanpa alasan, melainkan pisang mengandung banyak sekali gizi, diantaranya adalah Karbohidrat, Vitamin A, Vitamin B kompleks, Vitamin C, Serat, dan lain-lain. Karena mengandung karbohidrat, maka pisang dapat membuat seseorang menjadi kenyang.

Selain itu, pisang juga memiliki kelebihan, yaitu mudah dicerna menjadi gula sehingga mampu menambah energi lebih banyak bagi seseorang yang mengkonsumsi buah ini. Hanya dengan mengkonsumsi pisang sudah mampu memberikan tenaga yang cukup saat berolahraga.

2. Mencegah Diabetes

Banyak orang yang menganggap bahwa pisang tidak baik untuk dikonsumsi oleh seseorang yang menderita penyakit diabetes. Hal itu karena pisang memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Memang benar bahwa pisang termasuk buah yang memiliki kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi.

Tetapi, walaupun pisang mengandung karbohidrat dan glukosa yang tinggi, buah ini juga memiliki kandungan serat yang banyak sehingga mampu menyeimbangkan kandungan gula di dalamnya. Serat sangat dipercaya untuk membantu menjaga kadar gula penderita diabetes.

Itu karena serat mampu untuk memperlambat penyerapan karbohidrat dan glukosa, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi, tidak terkecuali bagi penderita diabetes sekalipun. Jadi, tidak perlu khawatir jika mengkonsumsi pisang ketika menderita diabetes.

Anda bisa mengkonsumsi pisang dengan berbagai jenis olahan, seperti dibuat jus, selai pada roti untuk pengganti sarapan, atau bahkan dibuat olahan banana custard untuk menjaga stabilitas kadar gula darah.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat buah pisang yang selanjutnya adalah mampu melancarkan sistem pencernaan. Buah ini memang sangat terkenal dengan kelebihannya dalam hal pencernaan. Sistem pencernaan bagi manusia sangatlah penting.

Itu karena apabila pencernaan berjalan dengan  baik, maka tubuh akan lebih optimal dalam menyerap nutrisi yang masuk serta dapat membuang sisa makanan dengan kadar yang pas. Tentunya Anda ingin kan asupan makanan lebih optimal diserap oleh tubuh?

Apabila Anda memiliki masalah dengan pencernaan, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang dicampur dengan susu. Hal itu mampu meminimalisir atau bahkan mencegah terjadinya risiko penyakit pada saluran pencernaan, terutama usus. Pisang juga memiliki tekstur yang lembut sehingga membuat feses menjadi lebih halus.

Selain itu, rutin mengkonsumsi pisang juga mampu menyembuhkan penyakit maag. Penyebab penyakit maag adalah asam lambung yang meningkat. Asam lambung meningkat disebabkan karena pola makan tidak terjaga dengan baik.

Nah, peranan pisang adalah untuk mengurangi asam lambung. Itu karena pisang memiliki tekstur yang cukup lembut sehingga dapat dicerna dengan baik oleh lambung. Rasa nyeri pada lambung akan perlahan hilang ketika Anda mengkonsumsi pisang. Untuk jenis pisang yang sangat direkomendasikan bagi penderita penyakit maag adalah pisang ambon.

4. Baik Untuk Kulit

Salah satu manfaat buah pisang yang jarang diketahui masyarakat adalah mampu membuat kulit menjadi lebih sehat. Bagi kaum hawa, mempunyai kulit yang ideal dan sehat merupakan kebanggaan tersendiri.

Dengan mengkonsumsi pisang secara rutin, maka Anda akan membuat kulit Anda menjadi lebih segar. Pisang juga mampu mengeluarkan kotoran yang ada pada kulit. Sebaiknya, Anda rutin mengkonsumsi pisang apabila ingin menjaga kesehatan kulit.

Tentunya itu sangat menghemat pengeluaran Anda jika dibandingkan dengan pergi ke salon untuk perawatan kulit. Itu karena pisang mengandung Vitamin A, B, C, E, serta kandungan lainnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama kulit. Bagi Anda yang memiliki jerawat, Anda juga bisa mempercepat penyembuhan jerawat dengan rutin mengkonsumsi buah ini.

Caranya adalah dengan menghaluskan pisang dan dicampur dengan madu sebanyak satu sendok teh. Setelah tercampur, oleskan adonan tersebut pada wajah Anda dan diamkan selama 20-30 menit selama 2-3 hari sekali. Setelah itu, bilas wajah Anda dengan air supaya kulit Anda tidak lengket.

Pisang juga mampu membuat kulit menjadi lebih cerah. Caranya adalah dengan menghaluskan pisang, kemudian campurkan pisang yang telah dihaluskan tersebut dengan perasan lemon. Anda bisa melakukannya rutin setiap 3-4 hari sekali.

Sangat dianjurkan untuk menggunakan pisang yang sudah sangat matang untuk dijadikan masker kulit. Itu karena, pisang yang sangat matang memiliki kandungan zat yang mampu membersihkan dan membuat kulit menjadi lebih sehat.

5. Membuat Otak Menjadi Lebih Baik

Siapa yang tidak ingin memiliki otak yang sehat? Nah, salah satu manfaat buah pisang yaitu bisa meningkatkan kualitas otak. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi satu buah pisang setiap harinya. Itu karena pisang mampu mencegah penggumpalan darah yang terjadi pada otak, bahkan hingga sebesar 21%.

Dengan demikian, aliran darah dan oksigen menuju otak akan semakin lancar. Apabila oksigen dapat dialirkan menuju otak, maka performa otak akan semakin baik dan meningkatkan kemampuan seseorang dalam mengingat sesuatu.

Selain itu, kualitas tidur Anda akan semakin meningkat jika sering mengkonsumsi pisang. Apabila Anda rutin mengkonsumsi pisang, maka otak akan bekerja dengan baik dan teratur ketika Anda sedang dalam kondisi tidur.

Tidak hanya itu, pada saat bangun pun Anda akan menjadi lebih segar serta tidak mudah lelah. Pisang juga mengandung Vitamin B6 yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan kognitif seseorang.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah pisang yang selanjutnya yaitu berkaitan dengan mata. Dengan makan pisang setiap hari, maka Anda meminimalisir risiko terjadinya penyakit mata dari yang ringan hingga parah, seperti kebutaan.

Mata merupakan indra manusia yang sangat penting. Untuk itu, kita harus menjaga mata kita dari luar maupun dari dalam. Itu karena mata memiliki sifat yang sangat sensitif dan rentan terhadap beberapa penyakit. Gaya hidup sangatlah mempengaruhi kesehatan mata. Apabila gaya hidup kita salah sedikit saja, maka mata kita bisa terancam.

Banyak yang belum mengetahui bahwa pisang mengandung Vitamin A. Kita tahu sendiri bahwa Vitamin A berfungsi untuk membuat mata menjadi semakin sehat. Untuk itulah mengapa Anda sangat perlu mengkonsumsi pisang setiap hari.

Penglihatan Anda juga bisa semakin tajam apabila Anda rutin mengkonsumsi pisang. Pisang juga berfungsi untuk melindungi kornea dan membran pada mata Anda. Apabila Anda ingin memiliki mata yang baik, maka konsumsilah pisang dengan rutin, yaitu minimal sekali setiap hari.

Pada buah ini juga terdapat kandungan karotenoid yang berfungsi untuk membuat buah dan sayuran berwarna merah, kuning, atau oranye. Ketika sudah berada dalam tubuh, senyawa tersebut akan diubah menjadi Vitamin A.

7. Melancarkan Peredaran Darah

Pisang juga mampu untuk melancarkan peredaran darah dan menjaga tekanan darah. Itu karena pada pisang telah terdapat kalium yang berguna untuk menjaga dan menstabilkan tekanan darah. Dengan demikian, Anda bisa mengurangi risiko terkena penyakit seperti jantung, stroke, dan lain-lain.

Apabila tekanan darah normal dan peredaran darah lancar, maka organ tubuh lainnya akan bekerja dengan baik dan efisien. Selain itu, tubuh akan lebih kuat dan tahan terhadap adanya penyakit dari luar.

Contohnya, apabila peredaran darah ke otak itu lancar, maka otak akan bekerja dengan baik, konsentrasi bisa meningkat, dan lebih mampu mengingat sesuatu. Itu karena otak telah diberi asupan yang cukup oleh darah. Pada kasus lain, ketika peredaran darah menuju jantung itu lancar, maka jantung akan lebih terhindar dari penyakit, seperti hipertensi, stroke, dan lain-lain.

8. Sebagai Antioksidan Bagi Tubuh

Pisang juga merupakan buah yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh kita. Antioksidan merupakan kandungan yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Antioksidan berfungsi untuk membuat tubuh menjadi lebih kuat terhadap berbagai penyakit serta mampu melawan radikal bebas.

Radikal bebas sangat berbahaya bagi tubuh dan berpotensi merusak sel-sel yang ada pada tubuh. Sumber radikal bebas sangat banyak dijumpai di lingkungan sekitar, seperti pada asap kendaraan, asap rokok, pestisida, dan lain-lain.

Radikal bebas adalah kondisi untuk sel-sel yang rusak dan membahayakan bagi tubuh. Untuk menangani radikal bebas, Anda perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, salah satunya adalah pisang.

Tubuh kita sangat memerlukan antioksidan. Itu karena tubuh kita tidak bisa menghasilkan antioksidan sendiri. Kita perlu asupan antioksidan dari luar, seperti dari makanan. Selain itu, pisang juga mengandung Vitamin C yang mampu menetralisasi radikal bebas serta Vitamin E yang mampu menghilangkan radikal bebas.

9. Mengurangi Rasa Sakit Saat Haid

Sebagian besar wanita pasti merasakan nyeri saat masa haid. Bagi kaum wanita, Anda bisa mencoba cara ini untuk mengurangi rasa sakit saat datang bulan. Itu karena pisang mampu membuat otot rahim seorang wanita menjadi lebih tenang.

Pisang mengandung Vitamin B6 yang cukup tinggi sehingga mampu mengurangi kadar gula pada darah. Ketika kandungan gula berkurang, maka mood akan menjadi lebih baik dan rasa nyeri pada rahim akan semakin berkurang.

Pisang mengandung kalium yang dapat membuat otot rahim menjadi tidak tegang. Selain itu, pisang juga mengandung zat antioksidan yang mampu meminimalisis peradangan pada rahim. Anda bisa memakan pisang secara langsung ataupun dibuat olahan lain supaya lebih nikmat untuk dikonsumsi.

Nah, itulah manfaat buah pisang bagi tubuh kita. Pisang memiliki banyak sekali manfaat apabila rutin dikonsumsi. Selain itu, buah ini juga mudah untuk dijumpai dan harganya sangat terjangkau. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mengkonsumsi buah dengan sejuta manfaat ini. Dengan rutin mengkonsumsi pisang, maka tubuh Anda akan menjadi lebih sehat dan terawat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here