7 Manfaat Minum Air Garam Setiap Pagi Untuk Kesehatan Kita

0
7 Manfaat Minum Air Garam Setiap Pagi Untuk Kesehatan Kita

SEPOSITIF – Anda sering lihat seseorang yang minum air garam? Mengapa mereka melakukan hal tersebut. Padahal air garam rasanya asin dan terasa tak enak ketika ditelan.

Garam, siapa yang tak tahu butiran berwarna putih dan memiliki rasa asin ini. Garam yang merupakan salah satu bumbu wajib pada masakan ini ternyata tidak hanya sebagai penyedap masakan saja, tapi juga bisa menyehatkan tubuh kita.

Garam murni mengandung hampir lebih dari 80 mineral seperti yodium, flour, natrium, fosfor, cobalt, kalsium, kalium, seng, sulfur, seng, magnesium, mangaan, tembaga dan lain-lain, sehingga ini baik bagi kesehatan tubuh kita.

Perlu diketahui bahwa tubuh kita membutuhkan asupan garam. Jika kekurangan, maka itu akan menyebabkan kesehatan kita menjadi terganggu.

Untuk mencukupi asupan garam ini, biasanya metode yang paling sering digunakan adalah dengan cara meminum air garam. Tak perlu repot-repot memasak makanan, cukup ambil air hangat dan seduh 1-3 sendok teh garam.

Namun kita juga harus ingat bahwa jangan mengkonsumsi garam secara berlebihan. Karena apapun yang berlebihan hasilnya tidak akan baik. Apalagi untuk kesehatan.

Penasaran kan apa saja khasiat dari garam? Nah berikut adalah 7 manfaat minum air garam.

 

Manfaat Minum Air Garam Bagi Kesehatan Kita

 

1. Membantu proses metabolisme

Menambahkan sedikit garam ke dalam minuman bisa sedikit membantu metabolisme sehingga air bisa diserap tubuh dengan baik. Berbeda kalau kamu minum air biasa, maka air akan langsung masuk ke dalam tanpa diserap tubuh. Itulah alasan mengapa kamu sering buang air kecil.

2. Memperbaiki sistem pencernaan

Banyak yang tak tahu bahwa ternyata garam bisa memperbaiki sistem pencernaan manusia. Air garam bisa mestimulasi sekresi usus dan hati sehingga membantu melancarkan sistem pencernaan.

3. Menyeimbangkan cairan dan tekanan darah

Manusia membutuhkan garam paling tidak 8 gram sehari. Jika kekurangan, maka keseimbangan cairan tubuh dan tekanan darah bisa terganggu.

4. Membantu menjaga konsentrasi mineral dan elektrolit dalam tubuh

Meminum air putih secara lupa diri bisa mengakibatkan encernya cairan luar sel dan dapat mengakibatkan stres dan pelepasan adrenalin. Maka untuk mengatur kesehatan sel-sel dalam tubuh tersebut, tergantung dari konsentrasi mineral dan elektrolit yang bisa didapatkan jika kita meminum air garam.

5. Membantu mengurangi peradangan

Saat tubuh Anda gagal untuk mendapatkan cukup natrium, kadar enzim renin dan hormon aldosteron dapat meningkat yang menyebabkan terjadinya peradangan. Sehingga dengan minum air garam alami membantu mencukupi kebutuhan natrium Anda.

6. Baik untuk kulit

Kandungan mineral dalam garam murni akan membantu memperbaiki struktur kulit. Kandungan sulfur, seng, yodium, kromium membantu mengatasi beberapa masalah kulit dan membuat kulit tetap bersih.

7. Mencegah penyakit kronis

Kekurangan garam di dalam tubuh bisa membuat enzim renin dan hormon aldosteron dalam tubuh menjadi berlebihan. Sirkulasi darah pun bisa terganggu dan akan membuat agen anti-flimatori menjadi meningkat. Akibatnya sejumlah penyakit kronis seperti kardiovaskular, sindrom metabolisme, bahkan menurunnya kemampuan kognisi bisa diantisipasi oleh air garam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here