in

Menghabiskan Waktu Liburan ke Danau, Kenapa Enggak? Ketahui Manfaatnya

Menghabiskan Waktu Liburan ke Danau, Kenapa Enggak? Ketahui Manfaatnya

Banyak cara untuk menghabiskan waktu liburan seperti liburan ke wahana hiburan, berkunjung ke museum, jalan-jalan di pantai, hingga menyusuri keindahan alam di pegunungan. Namun, pernahkah kamu liburan ke Danau?

Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air, bisa air tawar maupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan.

Ada jutaan danau di dunia yang dapat dikunjungi. Banyak sekali danau yang ditemukan di setiap jenis lingkungan baik itu pegunungan, dataran, dan dekat pantai.

Liburan singkat atau akhir pekan ke danau menawarkan berbagai kesempatan untuk bersantai dan terhubung dengan alam. Dan yang terpenting, menghabiskan waktu di sekitar danau juga memberikan manfaat lho. Apa saja?

1. Kualitas Udara Lebih Baik

Kualitas Udara Lebih Baik
Images by Pexels

Kualitas udara di sebagian besar wilayah perkotaan cukup buruk. Udara di kota mungkin tercemar oleh kendaraan berasap dan operasional industri. Di sisi lain, kualitas udara yang dekat dengan perairan jauh lebih baik karena minim polusi.

Udara di dekat perairan diperkaya dengan sejumlah besar ion negatif. Hal tersebut dapat meningkatkan tingkat penyerapan oksigen oleh tubuh.

Selain itu, menghirup udara segar dapat meningkatkan kewaspadaan, menyeimbangkan kadar serotonin, dan menenangkan suasana hati serta mengurangi stres.

2. Tidur yang Lebih Baik

Tidur yang Lebih Baik
Images by Pexels

Melansir dari lakelivingguide, suara lalu lintas dan keributan yang biasa terjadi di sebagian besar perkotaan dapat merusak kualitas tidur setiap malam.

Menghabiskan waktu sejenak dengan tinggal dekat danau memiliki manfaat yang nyata pada kualitas tidur kamu.

Hidup di tepi danau atau sumber air lainnya berarti kamu jauh dari hiruk pikuk kota. Selain itu, air diketahui memiliki efek menenangkan pada tubuh dan pikiran.

Tinggal di dekat air tawar akan membantumu mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan kamu akan bangun dengan segar keesokan paginya.

Selain itu, kamu juga dapat menikmati alam sekitar untuk membantu menenangkan pikiran. Perlu diketahui bahwa mendapatkan tidur yang berkualitas setiap hari memberikan beberapa manfaat kesehatan yang positif untuk tubuh kita.

3. Meningkatkan Sel Darah Putih

Meningkatkan Sel Darah Putih
Images by Pexels

Melansir dari sumber yang sama, biasanya ada lebih banyak perkebunan alami di sekitar perairan seperti danau yang dapat memberikan efek menenangkan.

Selain itu, ada juga tanaman tertentu di dekat sumber perairan yang mengeluarkan zat yang dikenal sebagai phytoncides, zat yang menyebabkan peningkatan jumlah sel darah putih. Hal tersebut bisa membantu melawan infeksi dan menjauhkan penyakit.

4. Merasa Lebih Rileks

Merasa Lebih Rileks
Images by Pexels

Gaya hidup modern penuh tekanan dan berdampak pada kesehatan mental dan fisik. Air dikenal sebagai terapi alami. Hidup lebih dekat dengan sumber perairan bisa membantu pikiran rileks dan pulih dari stres.

Berenang, memancing, atau hanya naik perahu ke tengah danau bisa menjadi cara untuk melawan stres.

Mereka yang mengalami stres pasca trauma atau menghadapi situasi yang sangat sulit dapat memperoleh manfaat dengan tinggal di dekat perairan tawar seperti danau.

5. Mendapatkan Lebih Banyak Sinar Matahari

Mendapatkan Lebih Banyak Sinar Matahari
Images by Pexels

Ruang hidup perkotaan modern mungkin tidak memberikan banyak kesempatan untuk menangkap sinar matahari harian.

Namun, jika tinggal di dekat danau, ada banyak cara untuk mendapatkan sinar matahari dalam jumlah yang tepat.

Rumah didekat danau biasanya dirancang sedemikian rupa agar mendapatkan cukup sinar matahari. Selain itu, tidak ada bangunan bertingkat di sekitar untuk menghalangi sinar matahari. 

Sinar matahari merupakan sumber vitamin D yang berperan dalam memastikan penyerapan kalsium dan menjaga kesehatan tulang.

Sinar matahari menjadi salah satu sumber terbaik yang tersedia berlimpah jika kamu tinggal di dekat perairan tawar atau hanya sekedar menghabiskan waktu di sana.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Images by Pexels

Hidup dekat dengan alam secara alami membuatmu lebih sehat. Kualitas udara yang lebih murni, kurangnya polusi, pola tidur yang lebih baik, dan sejumlah alasan lain berkontribusi pada berkurangnya stres dengan gaya hidup yang lebih santai.

Saat kamu meminimalkan stres, tidur nyenyak, mendapatkan cukup paparan sinar matahari, dan menghirup udara segar, sistem kekebalan tubuhmu pasti bekerja dengan lebih baik.

Rekomendasi Danau Terindah di Indonesia

Rekomendasi Danau Terindah di Indonesia
Images by Unsplash

Banyak sekali danau yang tersebar di dunia, termasuk di Indonesia. Sebagai negara yang memiliki pesona keindahan alam yang luar biasa, Indonesia mempunyai banyak sekali tempat wisata yang mempesona, salah satunya adalah danau.

Jangan khawatir, mencari dan berkunjung ke danau sangatlah mudah. Ada berbagai danau indah di Indonesia. Nah, berikut adalah rekomendasi danau terindah di Indonesia. apa saja?

1. Danau Toba, Danau Terdalam di Dunia

Danau Toba, Danau Terdalam di Dunia
Images by unsplash

Siapa yang tidak kenal danau Toba? Danau yang berada di Sumatera Utara ini sangat populer dan terkenal di penjuru negeri.

Danau Toba adalah danau alami berukuran besar di Indonesia yang berada di kaldera Gunung Supervolcano. Selain keindahan alam, objek wisata Danau Toba juga menawarkan beragam aktivitas sport tourism dan adventures travelling.

Bukan hanya dikenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa, Danau Toba juga menjadi salah satu dari sepuluh danau terdalam di dunia. Menurut situs worldatlas.com menyebut kedalaman Danau Toba mencapai 1657 kaki atau 505 meter.

2. Danau Segara Anak, Warna Air Bak Laut

Danau Segara Anak, Warna Air Bak Laut
Images by Wikipedia

Danau Segara Anak adalah danau kawah Gunung Rinjani, tepatnya di Nusa Tenggara Barat. Diberikan nama tersebut karena warna biru Segara Anak mengingatkan danau laut. Danau ini terletak pada ketinggian kurang lebih 2000 mdpl.

Di sekitar Danau Segara Anak, kamu dapat menjumpai beberapa sumber air panas dengan tingkat yang berbeda-beda.

Selain itu, tempat ini juga menyuguhkan pemandangan indah dan udara yang sejuk. Menikmati keindahan alamnya dan melakukan segala aktifitas di Danau Segara Anak mungkin akan sangat menyenangkan.

3. Danau Labuan Cermin, Danau Dua Rasa

Danau Labuan Cermin, Danau Dua Rasa
Images from www.indonesiakaya.com

Danau Labuan Cermin adalah salah satu objek wisata air yang terletak di Kalimantan Timur. Dinamakan Labuan Cermin karena memiliki lapisan yang membuat cahaya matahari memantul.

Selain danau dan pemandangan alam yang menakjubkan, Labuan Cermin juga mendapat julukan Danau Dua Rasa. Hal ini karena Danau ini memiliki dua lapisan air, lapisan paling atas mempunyai rasa tawar dan yang paling bawah berasa asin. Mungkin danau unik yang satu ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata kamu.

Selain itu, tentunya masih banyak wisata danau indah di Indonesia. Bahkan hampir setiap provinsi di Indonesia memiliki danau dengan potensi keindahan alam yang memukau. Tidak ada salahnya, sesekali menghabiskan waktu dengan berlibur ke danau.

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *