Tribunnews Salip Google Sebagai Situs Paling Populer Indonesia Versi Alexa

0
Kepopuleran Google di Indonesia Disalip
Kepopuleran Google di Indonesia Disalip

SEPOSITIF – Google adalah situs terbesar di dunia saat ini. Hampir setiap orang di bumi ini menggunakan Google sebagai penghubung ke website-webite informasi. Terkhusus di Indonesia, Google adalah satu-satunya pilihan mesin pencari. Karena situs sejenis seperti Yahoo dan Bing sudah terkubur karena gagal bersaing dengan nama besar Google.

Tak terhitung lagi berapa jelasnya traffic pengunjung Google saat ini mengingat situs ini adalah situs paling populer di dunia. Bahkan untuk mengukur jumlah traffic Google, munculah sebuah pertanyaan yang menggelitik.

Berapa kali kamu masuk ke situs Google untuk mencari informasi dalam sehari?. Mungkin jawabannya gak kehitung.

Tapi apa jadinya kalo mesin pencari ini justru kalah populer di Indonesia. Agak aneh rasanya kalo Google kalah dalam hal kepopuleran, karena siapa sih yang tak tahu mbah google?. Tapi ternyata Google saat ini bukan lagi yang terpopuler di Indonesia lho!.

Adalah Tribunnews.com yang berhasil merebut tahta Google sebagai situs paling populer di Indonesia versi Alexa Rank.

Sebagai informasi Alexa Rank adalah situs yang menganalisis kepopuleran sebuah website yang mengacu kepada website traffic dan aktifitas keterlibatan pengunjung dalam sebuah situs.

Alexa Rank telah dianggap penting untuk mengukur kesuksesan sebuah website. Semakin kecil peringkat situs, maka semakin besar pula traffic kunjungan yang diterima situs tersebut.

Alexa Rank Indonesia

Menurut data Alexa Rank yang di ambil per Juni 2018, Tribbunnews sukses menjadi yang pertama sebagai situs paling banyak di kunjungi di Indonesia. Tribunnews berhasil menyalip dua situs raksasa seperti Google.com dan Youtube.com.

Keberhasilan Tribunnews.com menjadi situs terpopuler di Indonesia tak lepas dari strategi bisnis yang diterapkan pada website. Penambahan fitur untuk meningkatkan interkasi pengunjung pada platform adalah strategi yang cerdas untuk mendongkrak traffic website Tribunnews.com.

Salah satu fitur yang mampu membuat traffic situs Tribunnews menjulang tinggi adalah hadirnya Next Page dalam postingan atau artikel di Tribunnews.com.

Next Page

Sebagai seorang pencari informasi yang ingin selalu cepat mendapatkan informasi, kita sering kali dibuat jengkel ketika membaca artikel di sebuah website yang menggunakan Next Page seperti diatas.

Namun kebutuhan kita akan informasi tersebut membuat kita mau tidak mau harus membuka halaman baru pada situs tersebut demi untuk melanjutkan membaca sebuah artikel.

Strategi inilah pada akhirnya membuat traffic pengunjung website yang memiliki Next Page pada artikelnya kian meledak. Karena dalam satu artikel kemungkinan ada 3 atau 4 next page, itu artinya 1 user sama saja ada 4 user kalau membaca habis artikelnya.

Lalu seberapa besar traffic Tribunnews.com hingga berhasil menikung Google? Tentu kita tidak tahu berapa jumlah pengunjung situs tribunnews.com. Tapi kita bisa menganalisis berapa besar traffic Tribunnews menggunakan aplikasi Similarweb.

Similarweb adalah suatu Platform penyedia analisis website dan perbandingan website yang menampilkan data mining, data traffic, jumlah pengunjung, dan rank atau peringkat website.

Similarweb telah menjadi acuan advertiser (para pemasang iklan) untuk menganalisis sebuah website sebelum mengiklankan produknya di suatu website.

Similarweb

Menurut data dari Similarweb, traffic Tribunnews.com mengalami pertumbuhan setiap bulannya. Level tertingginya ada di titik 192 Juta pengunjung bulanan. Ini sudah cukup menobatkan tribunnews.com sebagai situs terbesar di Indonesia.

Namun walau Kita bisa melihat estimasi traffic pengunjung suatu website menggunakan platform Similarweb, perlu di ingat bahwa SimilarWeb tidak selalu akurat.

SimilarWeb mengakui bahwa mereka masih belum menghitung estimasi traffic yang berasal dari perangkat mobile. Dan dengan mengintegrasikan akun Google Analytics, sang pemilik website dapat meningkatkan performa website dalam SimilarWeb karena menggabungkan traffic dari website dan mobile.

Selain itu perlu diketahui juga, kekalahan Google ini hanya terjadi di wilayah Indonesia saja. Karena di tingkat global/dunia, Google masih saja yang terpopuler sejagat raya.

Alexa Global Rank

Dari data Alexa Top Global Site, Situs Tribunnews.com menduduki peringkat ke 74 dunia, jauh berada dibawah Google dengan peringkat ke 1 dunia.

Namun prestasi yang tak kalah hebatnya bahwaTribunnews.com adalah satu-satunya situs asal Indonesia yang masuk dalam Alexa Top 100 Global Sites per Juni 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here