10 Pelajaran Bisnis dari Jack Ma Alibaba yang Patut Kita Tiru

0
Pelajaran Bisnis dari Jack Ma Alibaba
Pelajaran Bisnis dari Jack Ma Alibaba

Setiap orang memiliki kisah dan perjalanan hidupnya masing-masing. Ada banyak sekali orang-orang yang menginspirasi yang bisa kita jadikan panutan saat ini. Salah satunya Jack Ma, pendiri sekaligus CEO Alibaba Gruop, salah satu e-commerce terbesar di dunia saat ini. Orang yang dulunya dianggap remeh kini menjadi orang yang berpengaruh dunia. Orang yang dulunya miskin kini menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Dari kesuksesan yang Jack Ma raih tersebut, tak jarang membuat Jack Ma menjadi panutan orang yang sedang membangun sebuah bisnis. Pengalaman dan pelajaran bisnis dari Jack Ma Alibaba dapat diambil untuk memotivasi kita membangun bisnis baru.

Se-istimewa apa Jack Ma itu? Bagaimana dia bisa mendirikan kerajaan Alibaba hingga sebesar seperti sekarang? Nah berikut ini adalah Pelajaran Bisnis dari Jack Ma Alibaba yang Patut Kita Tiru.

1. Menyatukan karyawan di bawah satu tujuan

Pelajaran Bisnis dari Jack Ma Alibaba yang pertama adalah percaya dalam satu visi. Jack Ma memahami bahwa tidak peduli seberapa keras kalian untuk mencoba, Kalian mungkin akan sulit untuk meyakinkan karyawan, mitra bisnis, dan calon investor untuk mempercayai Anda atau mempercayai apa yang Anda katakan.

Daripada menyatukan orang dengan visi yang berbeda, lebih baik membuat sebuah visi untuk menyatukan semua orang. Jack Ma membuat visi Alibaba kemudian meyakinkan semua orang yang terlibat di Alibaba mempercayai visi tersebut.

Anda harus menemukan sekelompok orang yang bekerja sama dengan Anda. Orang-orang itu mempercayai visi yang sama. Orang-orang itu datang untuk bergabung dengan Anda bukan karena untuk pekerjaan. Namun karena mereka percaya mimpi, mereka percaya misi, dan mereka percaya visi.

2. Jangan izinkan kesuksesan masa lalu mendikte Anda

Menurut Jack Ma Alibaba, apa yang berhasil di masa lalu mungkin tidak lagi relevan dalam konteks sekarang atau masa depan. Karena cara kita di masa lalu belum tentu akan sama hasilnya jika diterapkan pada saat ini.

Dunia berubah dengan begitu cepat. Maka dari itu jangan biarkan keberhasilan masa lalu menahan Anda dari hal-hal yang mungkin akan terjadi di masa yang akan datang.

Jack Ma mengatakan, “Jika Anda terlalu terpaku pada cara berpikir lama, terutama keberhasilan masa lalu, Anda akan menderita. Keberhasilan kemarin sering menghambat kemajuan saat ini. Dan terkadang orang-orang yang terhambat meraih kesuksesannya adalah mereka yang paling sulit untuk berubah.

3. Lupakan kompetisi. Fokus pada pelanggan Anda

Jack Ma mengaku tidak terlalu khawatir tentang kompetisi. Semua yang dilakukan Alibaba, katanya, tergantung pada kebutuhan pelanggan. Alasannya sederhana, bisnis yang bertahan lama dalam jangka panjang harus mengutamakan kepuasan pelanggan.

Jika pelanggan kami mengatakan ‘Jack Anda harus membangun lebih banyak gudang‘” Kemudian Jack Ma menjelaskan, “Kami membangun gudang. Kami melakukannya bukan karena ada uang. kami melakukannya karena itu perlu untuk dilakukan.

Ketika ditanya siapa yang dia lihat sebagai pesaing kuat Alibaba, Ma mengatakan dia tidak tahu. “Sebagai wirausahawan, jangan melihat tetangga Anda sebagai pesaing

Dia tidak mau menganggap pesaing adalah beban yang harus dikalahkan. “Jangan memfokuskan mata Anda pada pesaing. Anda terlalu kecil untuk fokus pada tetangga atau pesaing. Fokuslah pada pelanggan Anda. Membuat pelanggan Anda bahagia adalah sesuatu yang penting.“.

Secara logika, apa yang di sampaikan Jack Ma Alibaba punya makna yang cukup dalam. Karena dalam dunia bisnis, tak peduli sebanyak apapun kompetitor. Kalo Alibaba bisa membuat pelanggan merasa puas, maka Alibaba yang akan menang.

4. Buatlah bisnis dalam skala global

Pelajaran Bisnis dari Jack Ma Alibaba selanjutnya adalah membuat sebuah bisnis yang mendunia. Sebelum memulai Alibaba, Jack Ma selalu bermimpi untuk mendirikan perusahaan dengan skala global. Kemudian dia juga tahu salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan cara memposisikan Alibaba sebagai perusahaan global, yaitu Alibaba harus berpikir dan membuat inovasi untuk dunia bukan untuk China saja.

Bagi Jack Ma, masa depan adalah global. Ia percaya usaha kecil harus beroperasi secara internasional untuk bertahan dalam jangka panjang.

Jika Anda tidak mencoba untuk mengglobalkan bisnis Anda melalui Internet, Anda mungkin tidak memiliki peluang bisnis,” kata Ma.

Jack Ma berpendapat bahwa bisnis lokal hanya akan semakin kompetitif. Dia mendorong bisnis kecil harus memikirkan bagaimana mereka dapat menjual produk di seluruh dunia.

5. Cari peluang bisnis di orang yang suka mengeluh

Sewaktu masih menjadi pengangguran. Jack Ma pernah berpikir keras tentang peluang bisnis apa yang harus ia kerjakan. Karena Jack merasa dulu peluang bisnis sudah diambil semua oleh Bill Gates. Namun ia akhirnya menyadari bahwa peluang selalu berada di tempat orang yang suka mengeluh. “Ketika orang lain mengeluh, itulah peluang saya.” Katanya.

Jack Ma sering melihat para pedagang kecil mengeluh karena tidak bisa menjual produk mereka ke luar negeri. Jack Ma kemudian melihat bahwa Internet mungkin bisa saja menyelesaikan permasalahan dan keluhan tersebut. Jack Ma percaya jika kalian bisa membantu banyak orang maka kalian akan sukses.

“Kamu harus optimis. Selalu optimis. Pengusaha hebat optimis untuk masa depan. Dan Anda harus menanyakan masalah apa yang dapat Anda pecahkan, dan bagaimana Anda mengatasinya berbeda dari yang lain, Ucapnya.

6. Jika Anda Tidak Menemukan Pekerjaan yang Baik, Ciptakan Sendiri

Salah satu pelajaran bisnis dari Jack Ma Alibaba adalah jangan pernah bergantung pada sesuatu hal. Jangan mengeluh jika Anda tidak punya pekerjaan, karena mungkin Anda harus menciptakan pekerjaan Anda sendiri.

Dalam hidupnya Jack Ma pernah beberapa kali merasakan penolakan untuk bekerja di perusahaan. Bahkan saat ia melamar di KFC. Dari 23 orang yang melamar hanya Jack Ma yang ditolak.

Saat orang-orang menolakmu, belajarlah untuk menghangatkan tangan kananmu dengan tangan kirimu.

Namun siapa sangka dari begitu banyak penolakan, kini Jack Ma menjelma sebagai Bos dari 24 ribu orang karyawan Alibaba Group. “Kegagalan sebenarnya adalah berhenti bertarung,” kata Jack Ma.

Baca Juga: 80 Kata Kata Motivasi dari CEO Teknologi (Startup) Terkenal Dunia

7. Jika Anda meniru, Anda akan kalah

Manusia adalah sebaik-baiknya peniru. Apalagi dalam dunia bisnis. Hampir semua cara bisnis kita saat ini adalah tiruan cara bisnis yang pernah dilakukan oleh orang lain. Tujuan kita meniru adalah karena kita takut untuk mengambil sebuah resiko. Daripada mengambil resiko lebih baik meniru sesuatu yang sudah terbukti berhasil.

Namun sayangnya Jack Ma Alibaba bukanlah seorang yang pandai meniru. Daripada meniru ia lebih suka menciptakan sesuatu yang baru. Karena menurutnya,

akan sulit untuk bertarung sama orang dewasa kalau Anda masih terlalu lemah. Kalau Anda terpaksa untuk meniru pada awal-awal, buatlah sesuatu yang lebih baik dari yang sudah ada. Walaupun Anda masih harus menyiapkan pikiran, uang, dan kerja keras.”

Namun dalam banyak kesempatan, Jack Ma sering menekankan untuk menciptakan sesuatu hal yang baru. Sesuatu yang unik dan berbeda dari yang lain. Hal itu menurut Jack Ma lebih cepat mendatangkan kesuksesan daripada harus meniru.

8. Pelajaran bisnis dari Jack Ma Alibaba yang utama adalah Fokus pada satu tujuan

Pelajaran bisnis dari Jack Ma Alibaba selanjutnya adalah Anda hanya fokus dalam satu tujuan. Karena menurut Jack Ma, Anda akan sulit meraih kesuksesan kalo fokus Anda terbagi-bagi.

Jangan biarkan sesuatu yang kecil mengubah tujuan Anda yang besar.” Jack Ma juga pernah berkata. “Jika ada sembilan kelinci di tanah, dan kamu ingin menangkap satu, fokus pada satu saja.

Maksud dari kata kata tersebut adalah jika kamu fokus ke banyak kelinci, maka bisa jadi kamu tidak akan mendapatkan kelinci apapun.

9. Ketahuilah bahwa Anda harus berkorban

Jalan menuju kesuksesan tidak akan datang dengan mudah, Kesuksesan yang besar harus juga diiringi dengan pengorbanan yang besar pula.

Jangan berpikir apa yang akan saya dapatkan”. Namun Anda harus bertanya “apa yang akan saya berikan. Akankah saya menang dalam tiga tahun atau 10 tahun? Jika Anda memiliki ide bagus, siapkan selama 10 tahun. Anda beruntung jika menang dalam satu tahun – tetapi kebanyakan orang tidak akan memiliki kesempatan ini.

Sesungguhnya banyak sekali yang sudah dikorbankan oleh Jack Ma untuk Alibaba. Namun yang paling ia sesalkan dalam hidupnya membangun Alibaba adalah mengorbankan banyak waktu yang mengubah kehidupan pribadinya.

Setiap hari saya sibuk seperti presiden, jika punya kesempatan hidup kedua, saya ingin menjadi diri sendiri dan menikmati hidup ini”  Ucap Jack Ma.

Dedikasi Jack Ma dalam membesarkan nama Alibaba juga dirasakan oleh keluarganya. ‘Istri saya pernah berkata, “Kamu bukan milik saya, kamu milik Alibaba.’

Dari sini kita bisa memahami besarnya kerja keras Jack Ma dalam membangun bisnisnya. Kita juga akhirnya tau kenapa dia saat ini menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Karena dia adalah orang yang pekerja keras.

10. Berubahlah selagi matahari masih bersinar

Ada Pelajaran Bisnis dari Jack Ma Alibaba dalam pidatonya ketika ia mendapatkan gelar kehormatan dari Hong Kong Univesity of Science and Technology. Jack Ma menyampaikan.

“Hidup bukanlah tentang seberapa banyak prestasi Anda. Hidup adalah tentang seberapa banyak pengalaman Anda. Jangan belajar dari kesuksesan orang lain, namun belajarlah dari kesalahan yang pernah mereka perbuat. Karena semua orang melakukan kesalahan yang sama. Tak semuanya punya sukses yang sama. Dan cara terbaik untuk menghindari kegagalan adalah berubah ketika Anda masih berada di puncak terbaik. Alibaba sudah mengalaminya. Saya mengatakan, perbaiki atapnya ketika matahari masih bersinar. Jangan perbaiki atap ketika sudah terlanjur hujan’.

Maksud dari pidato tersebut adalah jangan pernah merasa puas tentang apa yang telah kita dapatkan. Walaupun saat ini kita punya segalanya, namun kalo hal itu membuat kita berhenti untuk memperbaiki diri maka kita sudah melakukan kesalahan yang fatal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here